Harmony Blog

Total Return Adalah Metrik Penting Dalam Investasi, Pelajari Penggunaannya

Diposting Jul 22nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Total ReturnPin

Banyak orang yang belum mengetahui apa itu total return dan bagaimana cara menggunakannya. Jadi, total return adalah suatu metrik yang digunakan untuk mengukur produksi investasi. Bisa dikatakan pengembalian total atau total return adalah metrik yang tidak hanya mengukur keuntungan dari modal untuk investasi.

Tetapi, juga mengukur keuntungan finansial tambahan. Sehingga, dengan demikian, total return adalah suatu strategi pengembalian total bagi negara yang menganut sistem ekonomi liberal, beberapa jenis investor, badan usaha ataupun lembaga keuangan.

Pengembalian total atau total return adalah tingkat actual return dari suatu investasi.Click to Tweet

Total return adalah hal yang sangat penting untuk Anda agar bisa mendapatkan pemahaman mengenai kinerja investasi dan juga peluang investasi potensial yang lebih luas.

Pengertian Total Return

Dari penjelasan di atas pastinya Anda telah mengetahui gambaran mengenai total return ini ya. Jadi, pengembalian total atau total return adalah tingkat actual return dari suatu investasi. Atau, dalam hal pengukuran kinerja keuangan, total return adalah termasuk bunga, keuntungan modal, dividen, dan distribusi yang direalisasikan selama suatu periode.

Pengertian total returnPin

Sedangkan untuk ukurannya sendiri terdiri atas dua sumber utama perubahan pendapatan yaitu apresiasi modal dan juga hasil. Dengan menggabungkan dua sumber utama tersebut, kemudian bisa membaginya dengan nilai awal, lalu dikali dengan 100. Sehingga Anda bisa mendapatkan persentase dari pengembalian total untuk periode yang nantinya akan diukur.

Baca Juga: Badan Usaha: Pengertian Dan Jenisnya Yang Ada Di Indonesia

Untuk lebih jelasnya Anda bisa mengetahui arti return, actual return dan required return adalah sebagai berikut.

  • Arti Return yaitu penukaran barang yang sebelumnya telah dibeli oleh konsumen. Penukaran dilakukan karena alasan tertentu.
  • Actual Return merupakan tingkat return yang diperoleh dari investor pada masa lalu sehingga bersifat telah terjadi.
  • Required Return adalah pengembalian yang diminta.

Mengapa Pentingnya Total Return?

Total return adalah penting karena merupakan metrik yang menilai investasi. Hal tersebut terjadi karena seperti yang diketahui bahwa tidak semua peluang nantinya dapat memperoleh persentase yang sama dari nilainya keuntungan modal ataupun dari hasilnya.

Baca Juga: Sistem Ekonomi Liberal: Apa Saja Ciri, Tujuan Dan Dampaknya Bagi Bisnis

Sedangkan, total return adalah untuk mengatasi ketidaksetaraan yang terjadi dengan menemukan keuntungan keseluruhan dari setiap peluang yang ada pada semua aspek.

Hal tersebut tentunya bisa lebih memudahkan untuk dapat membandingkan peluang investasi ataupun kinerja investasi pada saat ini (terlepas dari struktur kerugian ataupun keuntungan finansialnya).

Kalau sampai terjadi perubahan valuasi di pasar, misalnya terjadi apresiasi modal, berarti terdapat kemungkinan Anda melewatkan sejumlah peluang bisnis yang bagus.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Menggunakan Total Return Tahunan Rata-rata

Dengan adanya total return investasi maka akan memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap lagi mengenai peluang investasi.

Penting untuk menentukan nilai investasi dengan benar akan investasi yang menghasilkan nilai yang tidak sepenuhnya terwakili dalam posisi pertumbuhan modal tahunan, ini berguna untuk pembuatan keputusan yang tepat. Hasil yang positif semakin banyak Anda dapatkan jika banyak juga informasi yang Anda ketahui.

Total return juga memiliki manfaat lainnya yaitu memiliki kemampuan untuk mendiversifikasi pilihan. Dengan dilakukannya analisis pengembalian total peluang maka Anda perlu mengukur semua sumber pembangkitan nilai dari berbagai opsi yang ada.

Hal tersebut tentu memberikan kesempatan agar Anda mencari gabungan investasi yang mengkombinasikan kedua opsi dengan apresiasi modal dan lainnya yang juga memiliki hasil yang kuat.

Manfaat lainnya yaitu pada saat melakukan pertimbangan tawaran dari calon pemberi kerja. Jika Anda membandingkan minimal dua penawaran dan ada satu yang menyertakan paket tunjangan, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara memasukkan tunjangan ke dalam perbandingan pekerjaan yang Anda miliki.

Dan yang terakhir juga berguna untuk membandingkan manfaat finansial yang ditawarkan dan dapat memberikan penilaian bagaimana cara mereka tumbuh untuk mendapatkan estimasi kinerja keuangan masing-masing.

Untuk pengelolaan kinerja keuangan dan pembukuan, percayakan Software Akuntansi Harmony sebagai solusi paling direkomendasikan. Software Akuntansi Harmony telah diakui kualitasnya oleh ribuan klien di seluruh Indonesia.

Fitur dan modul akuntansinya lengkap untuk menangani urusan pembukuan usaha. Mulai dari perhitungan persediaan, invoice otomatis, rekonsiliasi bank hingga pembuatan laporan keuangan secara instan, semudah beberapa langkah.

Fokus pada pengembangan tujuan inti perusahaan, ketimbang tugas administratif dengan fitur-fitur dari Software Akuntansi Harmony. Ayo, coba GRATIS selama 30 hari, daftar melalui tautan ini.

Anda juga bisa mendapatkan info terupdate lainnya, dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK