Harmony » Blog » 

Time Value of Money (Nilai Waktu Uang), Ketahui Konsep Dasarnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 25, 2021

Time value of money, apa itu? Setiap orang memang mengenal uang, tetapi sedikit dari mereka yang memahami nilai dari uang yang sebenarnya. Uang bukanlah alat pembayaran yang memiliki nilai tetap setiap waktu, melainkan nilai uang akan terus berubah dari tahun ke tahun yang dipengaruhi oleh beberapa faktor ekonomi yang berkaitan dengan penentuan harga produk dan daya beli, contohnya seperti inflasi.

Perbedaan nilai uang dari waktu ke waktu ini biasa disebut time value of money (nilai waktu dari uang). Memahami time value of money adalah hal yang sangat penting agar bisa melakukan budget manajemen yang baik. Adapun pembahasan mengenai pengertian dan konsep dasar dari time value of money dapat Anda simak dalam artikel ini.

Time Value of Money adalah konsep yang menyatakan bahwa nilai uang akan berbeda-beda dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu.Click to Tweet

Setiap orang tentu sudah mengenal alat pembayaran atau uang. Dalam suatu sistem pembayaran, terdapat dua alat yang biasa digunakan sebagai alat pembayaran dalam melakukan berbagai transaksi, yaitu alat pembayaran tunai dan alat pembayaran non tunai. Alat pembayaran tunai contohnya seperti uang kartal yang terdiri dari uang logam dan uang kertas dan dibayarkan secara tunai. Sedangkan, alat pembayaran non tunai contohnya seperti kartu kredit, kartu debit, cek, uang elektronik, dan lain sebagainya.

Konsep Dasar Time Value of Money

Time value of money adalah sebuah konsep yang menyatakan bahwa nilai uang akan berbeda-beda dan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Jika dijelaskan lebih lanjut, time value of money adalah suatu konsep di mana nilai uang pada masa sekarang dapat dikatakan lebih berharga jika dibandingkan dengan nilai uang dengan nominal yang sama di masa yang akan datang.

konsep dasar time value of money

Sebagai contoh, nominal uang Rp 8.000 pada tahun 2000 pasti nilainya berbeda dengan nominal uang Rp 8.000 di tahun 2021. Jika pada tahun 2000 uang senilai Rp 8.000 dapat digunakan untuk membeli 1 kilogram telur ayam, maka di tahun 2021 ini uang senilai Rp 8.000 tidak bisa lagi digunakan untuk membeli 1 kilogram telur ayam, karena harga telur ayam telah mengalami kenaikan hingga Rp 30.000 per kilogramnya.

Perubahan nilai uang ini sangat erat kaitannya dengan perubahan harga barang akibat terjadinya inflasi, yaitu kenaikan harga barang-barang secara umum dan terjadi secara kontinu atau terus menerus. Oleh karena itu, nilai uang sekarang dapat dikatakan lebih berharga dibandingkan dengan nilai uang di masa yang akan datang selama uang tersebut mampu memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan jika digunakan di masa yang akan datang nanti.

Cara Menghitung Time Value of Money

Agar mampu melakukan budget manajemen yang baik, maka Anda harus paham bagaimana cara menghitung time value of money.

Perhitungan time value of money memiliki dua konsep utama, yaitu perhitungan nilai uang sekarang (present value) dan perhitungan nilai uang di masa yang akan datang (future value).

  • Present Value (Nilai Uang Sekarang)

    Present value adalah nilai uang yang dimiliki saat ini yang dapat diinvestasikan untuk mendapatkan bunga dan keuntungan di masa depan.

    Adapun rumus umum yang digunakan untuk menghitung present value, adalah sebagai berikut.

    Pv = Fv / (1 + i)n

    Keterangan:

    Pv = present value (nilai uang sekarang)

    n = jangka waktu

    Fv = future value (nilai uang di masa depan) di tahun ke-n

    i = interest (suku bunga)

    Berikut contoh perhitungan present value, seorang karyawan akan menabung di bank dengan tujuan agar mendapatkan uang Rp10.000.000 setelah satu tahun menabung. Jika tingkat suku bunganya 10% maka jumlah awal uang yang harus ditabungkan karyawan tersebut adalah?

    Jawab:

    Pv = Fv / (1 + i)n

    Pv = Rp10.000.000 / (1 + 0.1)1

    Pv = Rp10.000.000 / 1.1

    Pv = Rp9.090.909

    Jadi uang yang harus ditabungkan karyawan tersebut adalah Rp9.090.909.

    [elementor-template id="26379"]

  • Future Value (Nilai Uang di Masa Depan)

    Future value adalah nilai uang yang akan diterima di masa depan setelah menginvestasikan atau menabung sejumlah uang dengan mendapat suku bunga tertentu. Cirinya adalah nominal uang yang ditabung akan bertambah sesuai persentase suku bunga yang didapat.

    Adapun rumus umum yang digunakan untuk menghitung future value, adalah sebagai berikut.

    Fv = Pv (1 + i)n

    Keterangan:

    Pv = present value (nilai uang sekarang)

    n = jangka waktu

    Fv = future value (nilai uang di masa depan) di tahun ke-n

    i = interest (suku bunga)

    Berikut contoh perhitungan future value, seorang karyawan menabung uang sebesar Rp 20.000.000. Jika suku bunga yang didapatkan sebesar 10% per tahun, maka nilai total tabungan karyawan tersebut satu tahun yang akan datang yaitu

    Jawab:

    Fv = Pv (1 + i)n

    Fv = Rp20.000.000 (1 + 0,1)1

    Fv = Rp20.000.000 (1.1)

    Fv = Rp22.000.000

    Jadi, nilai total tabungan karyawan tersebut setelah satu tahun adalah Rp22.000.000.

Nah, sudah memahami tentang nilai waktu dari uang? Untuk mendukung proses pencatatan dan pembukuan keuangan perusahaan Anda, gunakan Software Akuntansi Harmony. Dengan aplikasi Harmony, siklus keuangan akan lebih mudah terkontrol dan kinerja tim keuangan juga lebih efisien. Pembukuan keuangan menjadi lebih cepat, modern, dan otomatis.

Manfaatkan masa trial GRATIS 30 hari penggunaan Software Akuntansi Harmony dengan cara klik di sini. Dapatkan juga info terupdate tiap hari melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram