Harmony Â» Blog Â» 

Target Costing : Apa itu, Kelebihan dan Perbedaannya dengan Target Pricing

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 26, 2021

Pernahkah Anda mendengar tentang target costing? Sadarkah Anda bahwa target costing itu berhubungan dengan produk atau brand berbeda tetapi mematok harga yang sama? Ya, walaupun harganya berbeda, pasti selisihnya tidak berjauhan.

Selain itu, ketika ada satu brand saja yang memberikan diskon, pasti brand yang lain juga ikutan memberi diskon yang menggiurkan tentunya. Tapi, kenapa ya brand-brand tersebut bisa memiliki strategi demikian?

Padahal, seperti yang kita ketahui bahwa dibalik produk yang beredar di pasaran pastinya terdapat proses produksi yang cukup panjang dan tentu memerlukan biaya besar. Jika Anda masih penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka Anda bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai target costing.

Target costing adalah suatu proses untuk memastikan dan juga mencapai aliran penuh, produk yang dimaksudkan memiliki persyaratan khusus.Click to Tweet

Apa Itu Target Costing?

Penetapan target biaya atau bisa juga disebut dengan target costing adalah suatu proses untuk memastikan dan juga mencapai aliran penuh, produk yang dimaksudkan memiliki persyaratan khusus. Selain itu, juga harus diproduksi agar nantinya dapat mewujudkan laba yang diinginkan, dan tentunya dengan harga jual yang diantisipasi selama periode-periode tertentu.

Jika suatu perusahaan tidak dapat membuat produk sesuai dengan rencana ini, maka bisa dikatakan bahwa project mengalami kegagalan. Target costing adalah salah satu alat yang dapat memantau produk yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa mengetahui perkembangan dari produk yang dijual oleh perusahaan tersebut.

Dapat dikatakan bahwa target costing adalah target yang sangat penting agar bisa mendapatkan profitabilitas. Selain itu juga perlu memperhatikan siklus akuntansi dan juga menetapkan setiap chart of account yang digunakan dalam keuangan bisnis.

Pendekatan tinjauan yang lebih efektif sebenarnya bisa dilakukan dengan meminta setiap tim untuk merumuskan serangkaian variabel costing.

Kelebihan Target Costing

Pada suatu metode yang digunakan memang memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Sedangkan kelebihan dari target costing adalah sebagai berikut:

  1. Kelebihan target costing formula yang pertama adalah bisa menunjukan komitmen manajemen untuk bisa melakukan berbagai perbaikan pada proses dan juga inovasi suatu produk agar bisa mendapat keunggulan yang kompetitif.
  2. Biaya didasarkan dengan harga yang hampir sama dengan brand lainnya agar bisa memberikan harapan kepada pelanggan agar pelanggan dapat memiliki produk tersebut.
  3. Seiring dengan berjalannya waktu penerapan target costing formula maka akan menciptakan skala ekonomi yang jauh lebih baik.
  4. Sebagai salah satu cara pendekatan perusahaan untuk merancang dan membuat produk sesuai keinginan pasar.
  5. Target costing formula juga dapat memberikan nilai terbaik, sehingga keuntungan didapatkan oleh perusahaan.

[elementor-template id="26379"]

Perbedaan Target Costing dengan Target Pricing

Banyak yang beranggapan bahwa target cost sama dengan target pricing, padahal berbeda. Perbedaan dari target cost dengan target pricing adalah target cost yang dapat dilakukan ketika perusahaan telah menentukan harga jual untuk produknya.

Perbedaan Target Costing

Nah, untuk harga jual produk-produk perusahaan ini bisa ditentukan dengan target pricing, dan begitupun sebaliknya bahwa pricing juga akan sukses pada saat perusahaan merumuskan target costingnya dengan baik agar nantinya biaya yang digunakan untuk proses produksi sesuai dengan target.

Jadi, bisa dikatakan bahwa target cost dan target pricing adalah sama pentingnya. Dan bahkan target cost sendiri sebenarnya merupakan bagian dari target pricing.

Sayangnya, target pricing memiliki kekurangan. Kekurangan dari target pricing adalah jika sekali saja salah dalam penentuan harga, maka bisa menyebabkan gagal pada proses setelahnya.

Demikian penjelasan mengenai target cost, hingga apa yang membedakan target cost dengan target pricing. Mendukung kelancaran siklus akuntansi dan keuangan perusahaan, kini telah hadir Software Akuntansi Harmony.

Sebuah aplikasi akuntansi modern yang dirancang untuk menyederhanakan tugas tim keuangan dalam sistem pembukuan bisnis yang lebih cepat, rapi, dan canggih.

Lupakan sistem pembukuan berbasis kertas yang menyita waktu dan tenaga, karena Software Akuntansi Harmony menawarkan berbagai fitur dan modul akuntansi secara instan dan otomatis. Seperti rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan keuangan, pengelolaan pajak, dan lainnya.

Coba pakai Software Akuntansi Harmony secara GRATIS untuk 30 Hari pemakaian, daftar di sini. Update juga penawaran spesial lainnya melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony di kanal medsos kami, ya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram