Harmony Blog

Target Costing : Apa itu, Kelebihan dan Perbedaannya dengan Target Pricing

Diposting Apr 26th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Target CostingPin

Pernahkah Anda mendengar tentang target costing? Sadarkah Anda bahwa target costing itu berhubungan dengan produk atau brand berbeda tetapi mematok harga yang sama? Ya, walaupun harganya berbeda, pasti selisihnya tidak berjauhan.

Selain itu, ketika ada satu brand saja yang memberikan diskon, pasti brand yang lain juga ikutan memberi diskon yang menggiurkan tentunya. Tapi, kenapa ya brand-brand tersebut bisa memiliki strategi demikian?

Padahal, seperti yang kita ketahui bahwa dibalik produk yang beredar di pasaran pastinya terdapat proses produksi yang cukup panjang dan tentu memerlukan biaya besar. Jika Anda masih penasaran dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka Anda bisa menyimak pembahasan kali ini mengenai target costing.

Target costing adalah suatu proses untuk memastikan dan juga mencapai aliran penuh, produk yang dimaksudkan memiliki persyaratan khusus.Click to Tweet

Apa Itu Target Costing?

Penetapan target biaya atau bisa juga disebut dengan target costing adalah suatu proses untuk memastikan dan juga mencapai aliran penuh, produk yang dimaksudkan memiliki persyaratan khusus. Selain itu, juga harus diproduksi agar nantinya dapat mewujudkan laba yang diinginkan, dan tentunya dengan harga jual yang diantisipasi selama periode-periode tertentu.

Jika suatu perusahaan tidak dapat membuat produk sesuai dengan rencana ini, maka bisa dikatakan bahwa project mengalami kegagalan. Target costing adalah salah satu alat yang dapat memantau produk yang dilakukan oleh perusahaan untuk bisa mengetahui perkembangan dari produk yang dijual oleh perusahaan tersebut.

Dapat dikatakan bahwa target costing adalah target yang sangat penting agar bisa mendapatkan profitabilitas. Selain itu juga perlu memperhatikan siklus akuntansi dan juga menetapkan setiap chart of account yang digunakan dalam keuangan bisnis.

Pendekatan tinjauan yang lebih efektif sebenarnya bisa dilakukan dengan meminta setiap tim untuk merumuskan serangkaian variabel costing.

Kelebihan Target Costing

Pada suatu metode yang digunakan memang memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Sedangkan kelebihan dari target costing adalah sebagai berikut:

  1. Kelebihan target costing formula yang pertama adalah bisa menunjukan komitmen manajemen untuk bisa melakukan berbagai perbaikan pada proses dan juga inovasi suatu produk agar bisa mendapat keunggulan yang kompetitif.
  2. Biaya didasarkan dengan harga yang hampir sama dengan brand lainnya agar bisa memberikan harapan kepada pelanggan agar pelanggan dapat memiliki produk tersebut.
  3. Seiring dengan berjalannya waktu penerapan target costing formula maka akan menciptakan skala ekonomi yang jauh lebih baik.
  4. Sebagai salah satu cara pendekatan perusahaan untuk merancang dan membuat produk sesuai keinginan pasar.
  5. Target costing formula juga dapat memberikan nilai terbaik, sehingga keuntungan didapatkan oleh perusahaan.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Perbedaan Target Costing dengan Target Pricing

Banyak yang beranggapan bahwa target cost sama dengan target pricing, padahal berbeda. Perbedaan dari target cost dengan target pricing adalah target cost yang dapat dilakukan ketika perusahaan telah menentukan harga jual untuk produknya.

Perbedaan target costingPin

Nah, untuk harga jual produk-produk perusahaan ini bisa ditentukan dengan target pricing, dan begitupun sebaliknya bahwa pricing juga akan sukses pada saat perusahaan merumuskan target costingnya dengan baik agar nantinya biaya yang digunakan untuk proses produksi sesuai dengan target.

Jadi, bisa dikatakan bahwa target cost dan target pricing adalah sama pentingnya. Dan bahkan target cost sendiri sebenarnya merupakan bagian dari target pricing.

Sayangnya, target pricing memiliki kekurangan. Kekurangan dari target pricing adalah jika sekali saja salah dalam penentuan harga, maka bisa menyebabkan gagal pada proses setelahnya.

Demikian penjelasan mengenai target cost, hingga apa yang membedakan target cost dengan target pricing. Mendukung kelancaran siklus akuntansi dan keuangan perusahaan, kini telah hadir Software Akuntansi Harmony.

Sebuah aplikasi akuntansi modern yang dirancang untuk menyederhanakan tugas tim keuangan dalam sistem pembukuan bisnis yang lebih cepat, rapi, dan canggih.

Lupakan sistem pembukuan berbasis kertas yang menyita waktu dan tenaga, karena Software Akuntansi Harmony menawarkan berbagai fitur dan modul akuntansi secara instan dan otomatis. Seperti rekonsiliasi bank otomatis, pencatatan keuangan, pengelolaan pajak, dan lainnya.

Coba pakai Software Akuntansi Harmony secara GRATIS untuk 30 Hari pemakaian, daftar di sini. Update juga penawaran spesial lainnya melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony di kanal medsos kami, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony