Harmony » Blog » 

Strategi Pemasaran Online Shop Yang Mudah Di Terapkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Oktober 30, 2019

Bagi Anda pemilik bisnis online shop pasti menginginkan penjualannya selalu meningkat. Saat ini dunia digital sudah semakin pesat sebagai buktinya, sudah semakin dimudahkan Anda untuk memasarkan produk Anda melalui teknologi internet. Namun terdapat tantangan di setiap strategi pemasaran yang dilakukan yaitu strategi yang berbayar maupun gratisan atau disebut organic.

Apa saja strategi pemasaran online shop yang mudah diterapkan?

Strategi pemasaran yang efektif dan efisien menjadi hal yang utama. Kami berikan beberapa strategi pemasaran online shop:

Strategi Pemasaran Online Shop 1# Desain Brand Yang Menarik

Banyak pemilik online shop ketika menjalankan bisnisnya memulai dengan brand yang seadanya. Memiliki brand yang bagus dan memiliki karakter kuat akan mudah diingat oleh pelanggan online shop Anda. Mulailah dari menentukan dengan baik-baik nama brand, tagline brand, logo online shop dan juga yang paling penting adalah membuat nilai tambah untuk brand Anda, apa yang membedakan online shop Anda dari kompetitor atau online shop lain.

Jika Anda sudah mempunyai brand cobalah pikirkan kembali untuk mengembangkan brand Anda dari apa yang sudah dijelaskan diatas jika Anda melakukan perubahan cobalah untuk launching ulang brand yang sudah Anda kembangkan jika diperlukan.

Strategi Pemasaran Online Shop 2# Strategi Media Sosial

Media Sosial masih sangat efektif untuk Anda manfaatkan dan mudah untuk diterapkan sebagai sarana pemasaran online shop Anda. Banyak sekali media sosial yang masih banyak digunakan masyarakat Indonesia pada saat ini seperti Facebook, Instagram, Whatsapp, Line, Youtube, Twitter, dan masih banyak lagi.

Dari sekian banyaknya media sosial, pilihlah media sosial yang ingin Anda fokuskan untuk sasaran Anda berpromosi, karena jika Anda memilih semua untuk dijalankan Anda akan kebingungan dan dipastikan akan kerepotan untuk mengurusnya jadi disarankan untuk memilih satu atau dua dahulu media sosial yang ingin Anda fokuskan, misalnya Anda memilih Facebook dan Instagram.

Jika Anda sudah memilih media sosial yang ingin Anda gunakan, fokuslah disana dan buatlah persiapan terlebih dahulu. Persiapkan fitur apa saja di sosial media tersebut yang dapat Anda gunakan, misalnya saja di instagram ada fitur instagram story, instagram feed, instagram live, dan lainnya, jika di facebook seperti, facebook story, facebook post, fanpage, facebook group, dan banyak lainnya juga. Lakukan langkah ini dan pastikan Anda memilih dengan tepat ya.

Strategi Pemasaran Online Shop 3# Strategi Membuat Konten

Setelah Anda sudah memilih media sosial yang ingin digunakan, langkah strategi pemasaran online shop selanjutnya adalah membuat Konten. Pernah mendengar quotes “Content is King”?, penulis sangat setuju sekali dengan quotes tersebut, konten harus diperlakukan layaknya seorang raja, maksudnya adalah dalam memasarkan produk di dunia internet Anda benar-benar mengandalkan konten yang berkualitas.

Remember! “Content is King”

Dalam dunia internet maupun media sosial, informasi sangat cepat dan banyak sekali yang dapat Anda dapatkan, namun kabar buruknya kita harus bersaing dengan percepatan dan jumlah konten yang banyak tersebut. Jika konten yang Anda buat tidak menarik dan tidak berkualitas apakah ada yang akan melihat dan membacanya sampai selesai?, tentu tidak bukan, konten Anda hanya akan lewat begitu saja.

Bagaimana membuat konten Anda menarik?

Sebelum membuat konten yang menarik sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis konten yang dapat Anda buat seperti konten foto, video, artikel, promo, dll. Begitu banyak konten yang dapat Anda buat, cobalah membuat masing-masing dari konten tersebut dengan ide yang segar, tentunya diselingi dengan konten yang memancing interaksi pelanggan Anda, seperti memberikan edukasi tentang produk lalu memberikan pertanyaan sehingga bisnis Anda mulai dipercaya oleh calon pelanggan Anda.

Kunci pada tahap ini adalah KONSISTEN dalam memberikan konten inilah strategi dalam menggunakan media sosial, buatlah konten dari masing-masing sosial media dan berikan jadwal posting untuk memasarkan produk Anda. Banyak dari pemilik online shop gagal karena tidak kuat dalam memproduksi konten. Untuk mempermudah Anda, buatlah jadwal untuk posting ke sosial media Anda, tentunya disesuaikan dengan konten yang Anda buat, jika Anda sudah terbiasa Anda akan membuat konten berkualitas yang menarik dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

Untuk menciptakan proses yang efektif, Anda bisa langsung menggunakan teknologi seperti Harmony dapat selalu membantu Anda dalam kegiatan bisnis dengan artikel-artikel yang kami berikan, jika Anda membutuhkan software untuk merapihkan pembukuan bisnis Anda silahkan daftar 30 Hari Gratis Disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram