Harmony Blog

Strategi Operasi Yang Efektif Digunakan Dalam Bisnis

Diupdate Mar 17th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

strategi operasiPin

Strategi operasi adalah komitmen pada seluruh kegiatan yang direncanakan dalam lingkup perusahaan saat ini. Tentunya strategi operasi ini juga berlaku di setiap jenis perusahaan apa saja.

Strategi operasi merupakan salah satu cara yang dapat dikembangkan oleh perusahaan serta memberikan pengambilan suatu keputusan.Click to Tweet

Dalam suatu kegiatan yang dirancang tentu memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada secara maksimal dan melakukan proses informasi demi mencapai tujuan operasi perusahaan.

Dapat dikatakan sebelum melakukan proses operasional, tentu yang harus dilakukan perusahaan terlebih dahulu adalah suatu strategi operasi. Sebab tanpa adanya strategi yang disusun tentu akan menjadi sebuah kemustahilan untuk mencapai tujuan operasional perusahaan.

Apa itu Strategi Operasi?

Strategi operasi merupakan suatu visi fungsi operasi yang menetapkan keseluruhan arah atau daya dorong untuk pengambilan keputusan. Dalam sebuah strategi operasi tentu harus menghasilkan suatu pola pengembalian keputusan operasi yang konsisten dan juga keunggulan bersaing bagi perusahaan.

Pengertian strategi operasiPin

Adapun pengertian strategi operasi menurut para ahli, bahwa strategi mengandung arti semua dari kegiatan yang ada dalam lingkup perusahaan, termasuk di dalamnya pengalokasian sumber daya yang dimiliki perusahaan.

Jenis strategi operasi yaitu produksi biaya rendah dan inovasi produk. Strategi pertama dicirikan sebagai produk yang berdaur hidup panjang dan pasar peka terhadap harga dan produk standar.

Tujuan dari jenis strategi operasi pertama ini lebih ditekankan pada harga, sehingga operasi harus dapat menekan biaya dengan melakukan suatu kebijakan contohnya proses teknologi tinggi, biaya tenaga kerja murah, tingkat persediaan murah serta mutu terjamin.

Jenis strategi operasi kedua adalah inovasi produk dan pengenalan produk. Dalam jenis strategi ini umumnya dipakai pada suatu produk baru dengan kemungkinan pasar dapat berkembang, serta keunggulan diperoleh melalui produk yang superior serta dalam jangka waktu yang singkat.

Bagaimana Cara Menyusun Strategi Operasi Dalam Bisnis?

Dalam melakukan penyusunan ini harus dilakukan dengan kondisi suatu perusahaan, agar tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Berikut terdapat beberapa cara dalam menyusun strategi operasional yaitu:

Cara menyusun strategi operasiPin

  1. Jadikan Dasar Rencana Kerja

    Adapun yang harus Anda lakukan dalam menyusun strategi operasi yang mana digunakan sebagai dasar dalam menyusun rencana kerja seperti melakukan pendekatan pengembangan yang menguntungkan, pendekatan SWOT, pendekatan sistem, dan pendekatan kesenjangan perencanaan.

  2. Buatlah Target

    Target ini didapat dari hasil kegiatan operasional. Target ini juga menjadi gambaran dari strategi operasi yang diambil untuk mencapai suatu tujuan perusahaan atau dapat digunakan sebagai suatu target ukur perusahaan.

  3. Hasil Pencapaian Strategi Operasi

    Dalam sebuah indikator kinerja perusahaan terdapat suatu kuantitatif dan kualitatif yang digunakan untuk menggambarkan suatu level pencapaian perusahaan.

    Indikator kinerja tersebut harus dapat dihitung, diukur dan digunakan sebagai suatu penilaian untuk melihat tingkat kinerja yang baik pada setiap tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian suatu perusahaan.

    Ini juga bisa menjadi sumber untuk meyakinkan jika kinerja sebuah perusahaan menunjukkan suatu kemajuan dalam mencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

    Sebab tanpa indikator kerja, maka perusahaan akan sulit dalam menilai kinerja, baik dari segi keberhasilan maupun ketidakberhasilan dari unit kerja perusahaan tersebut.

Baca Juga: Manajemen Proyek: Pengertian, Tujuan Dan Contohnya

Pengelompokkan Perencanaan Strategi Operasional

  1. Perencanaan SDM

    Dalam perencanaan SDM ini merupakan suatu perencanaan yang berhubungan dengan rekrutmen, seleksi, dan penepatan untuk setiap orang dalam berbagai bidang pekerjaan.

  2. Perencanaan Keuangan

    Dalam kelompok perencanaan keuangan ini tentu berhubungan dengan dana yang digunakan dan dibutuhkan dalam suatu kegiatan ataupun aktivitas operasional.

  3. Perencanaan Fasilitas

    Yang dimaksud dalam kelompok perencanaan fasilitas adalah perencanaan yang berhubungan dengan fasilitas serta layout pekerjaan yang dibutuhkan guna mendukung setiap tugas operasional.

  4. Perencanaan Produksi

    Dalam perencanaan produksi ini tentu perencanaan yang berhubungan langsung pada setiap metode dan teknologi yang dibutuhkan pada pekerja.

  5. Perencanaan Pemasaran

    Untuk perencanaan pemasaran ini tentu berhubungan dengan keperluan penjualan serta distribusi produk baik pada suatu barang maupun jasa.

Elemen Model Strategi Operasi

Adapun terdapat 4 elemen model strategi operasi dalam sebuah bisnis yaitu:

  • Misi Operasi

    Elemen model strategi operasi pertama yaitu misi operasi, yang mana dalam misi ini mendefinisikan fungsi dalam hubungannya pada suatu strategi. Misi operasi dalam hal ini harus menentukan prioritas dari sasaran operasi. Sasaran operasi tersebut meliputi harga, mutu, pengiriman, dan fleksibilitas.

    Namun dalam menjalankan suatu misi operasional perusahaan dibutuhkan kemampuan pengelolaan yang disebut sebagai manajemen operasional.

    Dalam sebuah manajemen operasional mengacu pada strategi yang digunakan dalam penataan dan administrasi praktif bisnis untuk menciptakan efisiensi maksimal dalam suatu perusahaan. Selain itu tujuan dari manajemen operasional ini juga dapat membantu meningkatkan profitabilitas perusahaan.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Keunggulan Khusus Operasi

    Keunggulan khusus dalam operasi ini ialah di mana sebuah perusahaan harus unggul secara relatif untuk bersaing. Di mana dalam keunggulan ini harus sesuai dengan misi operasi yang sudah ditentukan.

    Apabila sebuah bisnis tersebut berhasil menentukan suatu keunggulan tersebut, maka mereka akan bekerja keras untuk tetapi melindungi keunggulan tersebut.

  • Sasaran Operasi

    Dalam sebuah sasaran operasi ini harus dinyatakan dalam bentuk kuantitaif yang spesifik dan dalam bentuk yang dapat diukur. Dalam sasaran operasi ini diharapkan dapat dicapai dalam jangka waktu yang singkat maupun panjang.

  • Kebijakan Operasi

    Dalam kebijakan operasi ini menerangkan bagaimana sasaran operasi akan dicapai, dan dalam kebijakan operasi ini harus dikembangkan untuk setiap kategori keputusan seperti proses, kapasitas, persediaan, tenaga kerja, dan mutu.

Apabila sebuah perusahaan melakukan penyusunan strategi dengan baik dan juga diimbangi dengan pelaksanaan yang sesuai perencanaan, maka sasaran atau target perusahaan tentu akan mudah tercapai.

Dalam strategi operasi juga tidak terlepas dari biaya perusahaan. Apabila perusahaan dapat menghasilkan sebuah laporan keuangan yang tepat, maka Anda dapat membuat rencana dan strategi operasional dengan baik pula.

Maka buatlah laporan keuangan berdasarkan data transaksi yang real dan minim kesalahan. Untuk membuat laporan keuangan dan proses pembukuan yang efisien, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, mudah digunakan seperti Harmony.

Harmony merupakan software akuntansi yang praktis dan mudah, pembukuan bisnis Anda tercatat dengan baik. Ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan? Anda bisa Gunakan Harmony sekarang juga, dan nikmati GRATIS penggunaan selama 30 hari di sini.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan laporan keuangan secara cepat, sekarang bisa Anda gunakan jasa pembukuan. Layanan jasa ini juga bisa membantu menghitung dan melaporkan pajak Anda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti FacebookInstagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK