Harmony Blog

Six Sigma, Seperti Apa Metode, Prinsip dan Teknik Penerapannya

Diposting Mar 31st, 2021
1

SHARES

PEMBACA

Six SigmaPin

Pada umumnya six sigma ini digunakan untuk melakukan sebuah perbaikan dan peningkatan proses serta pengendalian kualitas secara terus menerus. Karena itu six sigma adalah sebuah metodologi yang sangat popular.

Metodologi ini tentu sangat bermanfaat dan penting dalam mengembangkan setiap jenis perusahaan. Jika perusahaan mampu menerapkan six sigma dengan baik maka hal tersebut akan berdampak pada produk bisnis yang semakin baik.

Six sigma adalah suatu metode yag berfokus untuk meningkatkan kualitas dengan cara membantu organisasi dalam menghasilkan produk dan layanan yang lebih baik.Click to Tweet

Untuk memahami lebih jelas mengenai contoh six sigma ini, berikut dalam artikel ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai seperti apa metode, prinsip dan teknik penerapan six sigma.

Apa Itu Six Sigma?

Six sigma adalah suatu cara yang berfokus dalam meningkatkan kualitas. Six sigma memiliki 2 kalimat dan pengertian yang berbeda, dimana kalimat six artinya 6 dan sigma yang artinya satuan dari suatu standar deviasi yang dikenal dengan simbol σ. Maka six sigma dapat disimbolkan menjadi 6σ.

Apa itu six sigmaPin

Adapun yang mengatakan bahwa six sigma adalah suatu cara yang dilakukan oleh pihak perusahaan dalam mengembangkan kapasitas pada proses pengembangan bisnisnya.

Jadi apabila semakin tinggi nilai sigma yang Anda miliki dalam bisnis Anda, maka semakin kecil kemungkinan cacat pada suatu proses produk. Tujuan dilakukan hal ini agar dapat meningkatkan kinerja dan meminimalisir adanya potensi kesalahan.

Seperti yang kita tahu bahwa dalam sebuah bisnis tentu harus memiliki suatu manajemen operasi dalam menciptakan suatu yang baru dan merubah inovasi produk menjadi lebih baik lagi.

Seiring perkembangan revolusi industri pada saat ini, tentu banyak setiap perusahaan dituntut dalam memberikan kualitas yang terbaik terhadap produk ataupun jasa yang dihasilkan.

Maka contoh six sigma diklaim mampu mewujudkan kualitas produk perusahaan menjadi lebih baik, dapat meningkatkan laba perusahaan, dan juga mampu meningkatkan semangat kerja karyawannya.

Selain itu, adapun yang dimaksud dengan lean six sigma. Lean six sigma adalah suatu perbaikan yang berbasis data yang didorong oleh fakta yang bertujuan untuk menilai pencegahan cacat dari deteksi cacat.

Ini mendorong kepuasan pelanggan dan mengurangi variasi, pemborosan, waktu siklus, dan juga sambil mempromosikan penggunaan standarisasi kerja dan aliran yang bertujuan untuk menciptakan kekunggulan kompetitif.

Maka perbedaan contoh six sigma ini dengan lean six sigma adalah six sigma berfokus dalam mengurangi variasi proses dan meningkatkan kontrol proses, sedangkan lean six sigma adalah menghilangkan proses dan prosedur yang tidak bernilai tambah dan melakukan promosi dan aliran kerja.

Seperti Apa Metode Six Sigma?

Adapun terdapat dua metode utama yang digunakan untuk Six Sigma yaitu DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) dan DMADV (Define, Measure, Analyze, Design, Validate).

Metode six sigmaPin

DMAIC

DMAIC merupakan metode yang bersifat data driven. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengembangkan produk ataupun jasa yang sudah ada demi meningkatkan kepuasan calon konsumen.

Umumnya, DMAIC dimanfaatkan oleh perusahaan manufatur produk atau pengiriman sebuah jasa. DMAIC terdiri dari 5 proses yaitu:

  • Define : Penentuan masalah, tujuan dan juga proses.
  • Measure : Pengukuran terhadap permasalahan, evaluasi sistem pengukuan, dan kinerja yardstick.
  • Analyze : Menganalisis sistem untuk mengidentifikasi kinerja sistem atau proses demi mencapai suatu tujuan yang diinginkan.
  • Improve : Melakukan tindakan perbaikan atau mengembangkan suatu proses.
  • Control : Tahap ini Anda akan mengukur kinerja implementasi pada berbagai tahap strategi sebelumnya.

DMADV

Yang dimaksud dengan DMADV ini adalah suatu cara yang dapat Anda gunakan dalam menciptakan atau membuat ulang suatu proses manufaktur produk yang baru.

Metode ini sangat cocok untuk Anda gunakan apabila proses produk yang dilakukan perusahaan saat ini tidak mampu untuk memuaskan pelanggan walaupun tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sudah semaksimal mungkin.

Baca Juga: Manajemen Proyek: Pengertian, Tujuan Dan Contohnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Apa Saja Teknik Penerapannya?

Adapun beberapa tahap yang perlu Anda ketahui untuk menerapkannya. Berikut penjelasan beberapa tahapnya.

  1. Brainstorming

    Langkah pertama yang dilakukan sebelum menggunakan peralatan dalam six sigma adalah brainstorming. Dimana dalam teknik ini Anda harus membuat berbagai ide dan cara efektif yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah.

  2. Sistem 5R

    Sistem 5R yang dimaksud di sini adalah ringkas, rapi, resik, rawat, dan juga rajin. Dari kelima langkah ini dilakukan untuk menghilangkan hal-hal yang tidak perlu dan menurunkan tingkat hambatan yang terjadi dalam proses pelaksanaan.

  3. Root Cause Analysis

    Analisis akar masalah atau yang disebut sebagai root cause analysisi adalah suatu tahap yang harus diselesaikan secara internal menggunakan teknik 5W (why, who, when, what, where) hal ini dilakukan agar Anda dapat menemukan akar permasalahan yang terjadi.

  4. Benchmarking

    Dalam teknik ini dilakukan untuk menentukan standar pengukuran. Dalam hal ini, Anda dapat melakukan perbandingan dengan kompetitor ataupun bisnis lain, tujuannya agar Anda mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor.

  5. Poka-Yoke

    Teknik ini dilakukan untuk menghindari berbagai potensi kesalahan dan penyusunan strategi. Dalam teknik ini karyawan juga harus mampu mengidentifikasi apa saja yang menyebabkan inefisiensi dalam bisnis.

  6. Suara Konsumen

    Langkah ini dilakukan untuk mendengar setiap kritik dan saran yang diberikan konsumen, baik secara internal maupun eksternal. Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat mengetahui apa saja yang perlu Anda perbaikin berdasarkan saran maupun kritik konsumen tersebut.

  7. Kaizen

    Teknik ini merupakan suatu strategi yang digunakan dalam meningkatkan bisnis dengan cara memantau, mengidentifikasi, dan juga melakukan berbagai perkembangan selanjutnya.

  8. Value Stream Mapping

    Value stream mapping merupakan suatu teknik pengukuran material dan informasi untuk mendesain proyek yang akan datang. Tujuannya untuk memaksimalkan pengurangan inefisiensi.

Berikut sudah dijelaskan mengenai six sigma, baik metode dan teknik yang terdapat di dalamnya. Pada dasarnya metode ini diciptakan agar perusahaan bisa mendapatkan laba atau keuntungan yang banyak, sehingga perusahaan dapat berkembang dan sukses.

Namun ketika bisnis Anda sukses dan juga mendapatkan keuntungan yang banyak, tentu Anda juga memerlukan laporan keuangan yang berisikan tentang jumlah keuntungan yang Anda dapat dalam bisnis Anda.

Maka untuk menghitung setiap keuntungan yang Anda dapat, Anda perlu menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.

Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony