Sistem informasi manajemen (management information system) tentu sudah tidak asing lagi bagi kalangan yang terlibat dalam pengelolaan sebuah perusahaan. Manajemen berperan sebuah sebuah proses yang dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola sesuatu agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia.
Seiring perkembangan teknologi, manajemen telah terintegrasi secara sistematis dan otomatis menggunakan program dan perangkat komputer, baik yang berbasis website maupun desktop. Sistem informasi manajemen berbeda dengan sistem informasi biasa, karena dapat menyajikan analisis terhadap sistem informasi lain secara lebih otomatis.
Sistem ini menjadi komponen yang penting bagi suatu perusahaan untuk dapat mengembangkan perusahaannya dengan optimal secara lebih efektif dan efisien. Berikut ini akan dibahas secara singkat dan jelas mengenai definisi, fungsi, dan tujuannya.
Pengertian Sistem Informasi Manajemen
Pengertian sistem informasi manajemen dituturkan oleh beberapa ahli seperti Bodnar dan Hopwood (1993), Mc. Leod (1995), James A.F. Stoner (1996), Turban, Wetherbe, dan McLean (1999), dan lain sebagainya. Namun meskipun setiap ahli mendefinisikan dengan cara berbeda, secara garis besar mengarah pada maksud yang sama mengenai definisinya.
Sistem Informasi Manajemen merupakan suatu kumpulan hardware (perangkat keras) dan juga software (perangkat lunak) yang dirancang agar dapat mentransformasi data ke dalam bentuk informasi digital yang berguna dalam melakukan perencanaan dan pengendalian .
Dengan adanya sistem ini, diharapkan sebuah perusahaan dapat mengantisipasi dan memahami peluang ekonomis sistem informasi dalam menerapkan teknologi informasi baru. Sebuah perusahaan juga akan dapat terbantu dalam menjamin kualitas dan keterampilan sumber daya manusia dalam memanfaatkannya.
Dengan adanya sistem ini juga, akses data yang telah disediakan secara akurat dan real time (tepat waktu), perusahaan dapat mengembangkan perencanaan yang lebih maksimal dan efektif dalam menganalisis pelaksanaan kebijakan program dan mengidentifikasi keperluan untuk mendukung sistem informasi yang telah ada.
Fungsi Sistem Informasi Manajemen
Fungsi sistem ini pada awalnya hanya sekedar sebagai transformasi data. Namun, seiring perkembangan teknologi, fungsinya terus berkembang. Berikut ini beberapa fungsi dari sistem informasi manajemen tersebut:
Tujuan Sistem Informasi Manajemen
Sistem ini memiliki peran penting dalam pelaksanaan dan perencanaan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Tujuannya antara lain:
Dari keempat tujuan tersebut menunjukkan bahwa seorang manajer dan pengguna lainnya dalam sebuah perusahaan sangat membutuhkan sebuah media untuk dapat mengakses informasi akuntansi manajemen dan juga mengetahui cara yang tepat untuk bisa menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu manajer dan pengguna lain dalam perusahaan untuk mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan suatu masalah, dan mengevaluasi kinerja yang sudah dilakukan sebelumnya atau yang sedang berjalan.
Harmony merupakan software akuntansi online yang memudahkan bisnis Anda dalam mengelola sistem informasi manajemen dan kebutuhan akuntansi lainnya, sehingga waktu yang Anda tidak terbuang sia-sia. Harmony menyediakan software akuntansi dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walau Anda tidak memiliki background sebagai akuntan dan Harmony sudah membantu banyak perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan dalam membereskan pembukuan secara akurat dan realtime. Ingin mencoba Harmony? Silahkan daftar Gratis 30 Hari disini.