Harmony » Blog » 

Sistem Ekonomi Pasar: Pahami Ciri dan Keuntungannya Bagi Bisnis

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 17, 2021

Sistem ekonomi pasar sangat mendukung keberlangsungan bisnis dan keuangan masyarakat. Seperti yang diketahui, sistem ekonomi Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, mengutamakan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi.

Namun begitu, pemerintah selaku pengawas sistem ekonomi bekerja sama dengan berbagai lembaga keuangan dan BUMN untuk terus mengatur keseimbangan sistem ekonomi pasar.

Sistem ekonomi pasar adalah sebuah rangkaian proses yang bertujuan agar terjadi keseimbangan antara produksi, distribusi, serta konsumsi masyarakat di dalam pasar.Click to Tweet

Jangan sampai terjadi elastisitas pendapatan, harga barang, maupun elastisitas permintaan yang signifikan. Semua ini dilakukan agar sistem ekonomi ini tetap berjalan dengan seimbang, stabil, dan adil bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Apa Itu Sistem Ekonomi Pasar?

Dari pengertiannya, sistem ekonomi pasar adalah sebuah rangkaian proses yang bertujuan agar terjadi keseimbangan antara produksi, distribusi, serta konsumsi masyarakat di dalam pasar.

Sedangkan, secara sederhana sistem ekonomi Indonesia mendambakan adanya keadilan merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Tidak ada satu pihak yang memonopoli pasar atau perdagangan.

Dan setiap warga negara Indonesia, berhak untuk mendapatkan ekonomi yang layak bagi kehidupannya.

Contoh Sistem Ekonomi Pasar

Beda dengan sistem ekonomi kapitalis, di mana ada campur tangan pemerintah untuk mengatur kegiatan ekonomi di pasar. Maka, sistem ekonomi Indonesia tidak mendukung hal itu.

Sistem ekonomi di Indonesia membebaskan masyarakat untuk menjalankan kegiatan perdagangan tanpa adanya campur tangan pemerintah.

Sistem Ekonomi Pasar

Contoh sistem ekonomi Indonesia yang terjadi dalam pasar, misalnya ketika terjadi kegiatan ekspor, maka pemerintah tidak memungut biaya pajak.

Nah, contoh sistem ekonomi dalam pasar ini menggambarkan betapa pemerintah Indonesia ingin agar jumlah ekspor semakin meningkat dan menambah kualitas perekonomian Indonesia.

Ciri Sistem Ekonomi Pasar

Salah satu ciri sistem ekonomi pasar adalah kebebasan masyarakat dalam menjalankan kegiatan operasional di pasar tanpa adanya campur tangan pemerintah.

Jadi, kegiatan ekonomi dijalankan oleh perusahaan swasta secara bebas. Kalaupun ada perusahaan plat merah milik pemerintah, persaingan bisnis juga terjadi secara sehat.

Maka itu, tidak ada intervensi pemerintah dalam kegiatan ekonomi menjadi salah satu ciri sistem ekonomi dalam pasar adalah sangat lumrah terjadi di Indonesia.

Berikut adalah ciri sistem ekonomi pasar:

  • Setiap pelaku/ individu di sistem ekonomi pasar memiliki kebebasan mempunyai barang dan jasa.
  • Setiap pelaku/ individu di sistem ekonomi pasar memiliki kebebasan memakai barang dan jasa.
  • Sistem ekonomi pasar difungsikan agar mendapatkan keuntungan/ profit.
  • Pelaksana sistem ekonomi pasar adalah masyarakat.
  • Negara tidak boleh mengintervensi sistem ekonomi pasar.
  • Antar usaha dan antar individu memiliki kebebasan dalam berkompetisi pasar.
  • Pemilik modal dan dana modal memiliki partisipasi yang besar dalam sistem ekonomi pasar.

[elementor-template id="26379"]

Keuntungan Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pada pasar yang tidak mendapatkan intervensi pemerintah, memiliki banyak keuntungan.

Dari segi persaingan antar usaha juga bebas, sehingga pemilik bisnis lebih mudah mengembangkan kreativitas dan inovasi sesuai dengan kebutuhan pelanggannya.

Dengan begitu, keuntungan lain dari sistem ekonomi dalam pasar akan mendorong semangat masyarakat dalam kewirausahaan atau entrepreneur. Hal ini dapat meningkatkan lapangan kerja baru dan menekan jumlah pengangguran.

Dari pihak pemerintah maupun masyarakat, sama-sama memperoleh keuntungan. Yang terpenting lagi, keuntungan sistem ekonomi dalam pasar bagi negara adalah mampu mempermudah jalannya birokrasi pemerintah.

Sebab, sejumlah sektor publik yang strategis boleh ditangani langsung oleh pihak swasta. Pemerintah dapat lebih fokus dalam tugas inti meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melihat begitu banyak keuntungan sistem ekonomi Indonesia yang berdasarkan Pancasila, kita sebagai warga negara yang baik juga sudah sepatutnya memanfaatkan peluang bisnis sebaik-baiknya.

Sehingga, keuntungan bisnis juga bisa diperoleh lebih optimal lagi. Untuk memudahkan pelaku UMKM dalam menjalankan roda ekonomi dan keuangan usaha, Software Akuntansi Online dari Harmony hadir di sini.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi yang akan mengendalikan arus kas keuangan dan bisnis secara akurat, sistematis, dan rapi.

Laporan keuangan juga bisa dibuat secara instan dan siap pakai dalam 20 jenis. Termasuk laporan laba-rugi, laporan utang-piutang, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dan masih banyak lagi.

Dengan Software Akuntansi Harmony, membuat laporan keuangan dan memantau pembukuan, cukup semudah menggerakkan jari. Fitur-fiturnya bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja dengan teknologi Cloud yang terjamin keamanannya. Mari, gunakan Software Akuntansi Harmony selama 30 hari tanpa biaya apapun, daftar melalui tautan ini.

Harmony juga senantiasa menghadirkan info-info dan aktivitas terupdate di akun media sosial, follow Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony sekarang, ya!

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram