Harmony Blog

Simple Random Sampling : Metode Sampling Riset Yang Sering Digunakan

Diposting Apr 14th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Simple Random SamplingPin

Agar mendapatkan suatu hasil riset pasar yang efektif, Anda juga harus mendapatkan suatu responden yang tepat. Cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan metode simple random sampling.

Simple random sampling adalah salah satu metode pengambilan sampel atau elemen secara acak untuk setiap elemen atau populasi yang sama memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel.Click to Tweet

Selain itu simple random sampling ini juga merupakan salah satu metode yang sering dilakukan oleh pebisnis dalam mendapatkan suatu responden di dalam penjualan dan konsep pemasaran mereka.

Untuk membantu Anda dalam memahami simple random sampling ini, berikut dalam artikel akan dijelasakan mengenai simple random sampling, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Simple Random Sampling?

Simple random sampling adalah suatu himpunan dari setiap populasi statistik di mana setiap anggota memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih.

Apa itu simple random samplingPin

Metode simple random sampling adalah metode yang paling mudah dari semua metode pengambilan sampel probabilitas. Hal ini dikarenakan simple random sampling hanya melibatkan satu pemilihan acak dan hanya membutuhkan sedikit informasi mengenai populasi.

Namun berhubung melakukannya dengan pengacakan, maka untuk setiap penelitian yang dilakukan terhadap area sampling harus memiliki validitas internal serta eksternal yang tinggi.

Dalam simple random atau sampling acak sederhana ini, perbedaan yang terdapat pada karakter yang mungkin ada pada setiap unsur atau elemen populasi tidak merupakan suatu hal yang penting bagi rencana analisisnya

Berikut contoh simple random sampling yaitu pada saat melakukan pemilihan acak, tentu dalam populasi ada terdapat laki-laki dan juga perempuan, ada yang manajer dan bukan manajer, dan lainnya.

Namun selama perbedaan tersebut tidak memiliki pengaruh penting dan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap strategi pemasaran yang Anda lakukan, maka Anda dapat bebas mengambil sampel secara acak sederhana.

Baca Juga: Pemasaran Global (Global Market) – Arti, Manfaat, Contoh Dan Faktornya

Kapan Sebaiknya Menggunakan Simple Random Sampling?

Simple random sampling merupakan suatu metode yang digunakan untuk membuat kesimpulan statistik tentang populasin pada area sampling. Hal ini juga membantu memastikan validitas internal yang tinggi.

Selain itu simple random sampling ini juga memiliki vadilitas ekternal yang tinggi untuk mewakili karakteristik populasi yang lebih besar. Maka dari itu penggunaan simple random sampling juga bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri. Maka untuk menggunakan simple random sampling ini, sebaiknya digunakan pada saaat situasi-situasi seperti berikut:

  • Adanya suatu data yang lengkap mengenai populasi.
  • Untuk setiap anggota populasinya dapat dihubungi dengan mudah.
  • Anda memiliki waktu dan sumber daya yang cukup untuk melakukannya.

Namun apabila Anda tidak memenuhi situasi di atas, maka sebaiknya Anda menggunakan metode sampling lainnya yang lebih mendukung.

Baca Juga: Keseimbangan Pasar: Apa Artinya, Fungsi Dan Prosesnya

Apa Saja Keuntungan dan Kekurangan Simple Random Sampling?

Berikut keuntungan dan kekurangan yang Anda dapat ketika menggunakan metode simple random ini.

Keuntungan dan kekurangan simple random samplingPin

Keuntungan Simple Random Sampling

Keuntungan yang di dapat dari sampling acak sederhana ini adalah dapat mengurangi potensi bias manusia dalam melakukan pemilihan yang akan dimasukkan dalam sampel.

Sebab hasil yang di dapat ketika melakukan sampel acak sederhana ini memberi Anda sampel yang sangat mewakili populasi yang Anda teliti, dengan asumsi bahwa ada data yang hilang terbatas.

Metode ini tidak seperti metode pengambilan sampel yang lebih rumit, sebab simple random tidak perlu membagi populasi menjadi sub populasi atau mengambil langkah tambahan lain sebelum dilakukannya pemilihan anggota populasi secara acak.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kekurangan Simple Random Sampling

Kesalahan dalam mengambil contoh simple random dapat terjadi jika pada saat pengambilan sampel Anda tidak secara akurat mencerminkan populasi yang seharusnya diwakili.

Adapun contoh simple random samplingnya yaitu, ketika Anda melakukan sampel acak sederhana yang terdiri dari 30 karyawan, akan dimungkinkan untuk menarik 30 pria meskipun populasi terdiri dari 130 wanita dan 130 pria.

Ketika Anda melakukan simple random ini hanya dapat Anda lakukan jika daftar populasi tersedia dan lengkap. Namun untuk mendapatkan daftar lengkap populasi bisa saja menjadi sulit dikarenakan berbagai alasan. Seperti dikarenakan tidak adanya daftar tunggal yang merinci populasi yang Anda inginkan.

Maka hal tersebut dapat mengakibatkan Anda kesulitan dan akan memakan waktu untuk mengumpulkan banyak sub daftar dalam membuat daftar akhir yang sampelnya ingin Anda pilih. Simple random sampling adalah suatu metode yang sering digunakan dalam melakukan setiap riset bagi pebisnis. Anda haya perlu menyesuaikan metode yang ingin Anda gunakan dengan kondisi populasi dan tujuan dari riset yang ingin Anda lakukan.

Dengan begitu riset yang nantinya Anda lakukan mendapat tingkat validasi yang tinggi dan strategi pemasaran yang Anda lakukan dalam bisnis bisa menjadi lebih efektif untuk Anda lakukan sehingga profit yang Anda dapat juga bisa semakin berkembang. Namun profit tersebut juga harus Anda hitung dan Anda masukan dalam laporan pembukuan Anda, agar Anda dapat dengan mudah melihat sejauh mana profit dan perkembangan bisnis yang sudah Anda hasilkan.

Maka untuk lebih memudahkan Anda dalam mencatat keuangan perusahaan atau kegiatan akuntansi lainnya, gunakanlah software akuntansi seperti Harmony. Harmony adalah software akuntansi yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan secara realtime dan menghitung berbagai kewajiban pajak dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Tunggu apa lagi? Yuk gunakan teknologi akuntansi Harmony sekarang juga. Dapatkan pelatihan video tutorial secara online, lifetime customer support dan Gratis 30 Hari untuk software Harmony dengan mendaftarkan akun di sini.

Ikuti perkembangan dunia bisnis, perpajakan, keuangan, dan lainnya, melalui FacebookInstagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony