Harmony Blog

Seperti Apa Fungsi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Diposting Mei 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Fungsi Laporan KeuanganPin

Fungsi laporan keuangan tentunya beragam untuk pebisnis. Nyatanya dengan laporan keuangan, bisnis yang dijalankan dapat berjalan dengan lebih optimal. Membahas persoalan apa fungsi laporan keuangan bagi perusahaan, tentunya tidak bisa dilepaskan dari proses pembuatan buku besar dan laporan neraca saldo.

Sebab, dari kedua unsur laporan keuangan tersebut, akan lebih mudah menentukan nilai valuasi maupun likuiditas perusahaan.

Laporan keuangan adalah salah satu bahan pertimbangan investor untuk melihat sejauh mana suatu perusahaan atau bisnis berkembang. Contoh laporan keuangan yang umum dijumpai seperti laporan laba-rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas, dll.

Laporan keuangan adalah suatu pencatatan keuangan dan transaksi yang terjadi selama menjalankan operasional bisnis.Click to Tweet

Maka itu, dilihat dari contoh laporan keuangan di atas, agar fungsi laporan keuangan berjalan sebagaimana mestinya, dibutuhkan pengelolaan keuangan yang baik dan pemahaman detail tentang peran penting laporan keuangan.

Apa Itu Laporan Keuangan?

Dari pengertiannya, laporan keuangan adalah suatu pencatatan keuangan dan transaksi yang terjadi selama menjalankan operasional bisnis. Transaksi bisa berupa pembelian atau penjualan, pemasukan dan pengeluaran, hutang-piutang, serta transaksi keuangan lainnya.

Sedangkan, tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi finansial tentang perubahan posisi keuangan, atau kinerja keuangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan mengambil keputusan tertentu.

Demi memenuhi tujuan laporan keuangan tersebut, dibutuhkan juga pemahaman mengenai karakteristik laporan keuangan. Sebab, beda karakteristik juga berbeda tujuan laporan keuangan.

Misalnya, dalam laporan keuangan segmen berdasarkan posisi geografis perusahaan. Maka, perusahaan juga perlu mempertimbangkan peluang dan risiko investasi serta pertumbuhan usaha di wilayah tertentu.

Fungsi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Pada dasarnya, fungsi laporan keuangan yang terpenting adalah menentukan posisi keuangan perusahaan.

Apa itu fungsi laporan keuanganPin

Sehingga, nantinya para stakeholder dan pemimpin lebih mudah mengambil keputusan secara tepat. Berikut adalah beberapa fungsi laporan keuangan yang perlu diketahui.

  1. Mengidentifikasi Masalah Dan Solusinya

    Dengan kata lain, fungsi laporan keuangan dapat dijadikan bahan evaluasi ketika menghadapi masalah dan mencari solusinya. Laporan keuangan adalah salah satu bahan evaluasi yang paling umum digunakan untuk menentukan pokok permasalahan dan menemukan jalan keluar.

    Setelah melihat laporan keuangan, pemilik usaha bisa melakukan perbaikan di berbagai divisi. Sehingga, kinerja dan keuangan perusahaan bisa berjalan lebih lancar di periode berikutnya.

  2. Kelengkapan Proposal Dan Pajak

    Dokumen utama yang sering diminta para investor kepada pemilik usaha adalah laporan keuangan. Jadi, dalam hal ini, fungsi laporan keuangan adalah materi proposal yang diajukan ke investor serta laporan pajak SPT.

    Tanpa adanya laporan keuangan, sangat sulit bisa mendapatkan investor potensial. Bahkan, laporan pajak juga bisa terkendala. Dengan adanya pertanggungjawaban berupa contoh laporan keuangan ini, perusahaan Anda akan memiliki nilai kredibilitas yang tinggi untuk dipercaya investor.

    Selain itu, melihat fungsi laporan keuangan yang berjalan baik, investor juga akan semakin percaya bila manajemen perusahaan telah melakukan tugasnya dengan profesional.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  3. Menentukan Valuasi Bisnis

    Berikutnya, fungsi laporan keuangan adalah menentukan valuasi dan kondisi bisnis Anda. Investor akan melihat laporan keuangan secara terperinci untuk menentukan apakah ia berminat menanamkan dana atau tidak.

    Jika dari catatan transaksi, perusahaan lebih banyak merugi atau berisiko tidak mampu membayar hutang, maknanya perusahaan masih belum bisa menjalankan fungsi laporan keuangan dengan baik. Sekaligus, bisa dikatakan diambang kehancuran.

    Semakin baik dan rapi laporan keuangan yang disajikan, valuasi usaha juga semakin bertambah. Investor akan menganggap bahwa usaha yang dijalankan sudah berkembang sesuai ekspektasi. Penilaian bisnis ini sulit dilakukan tanpa ada keberhasilan fungsi laporan keuangan yang dijalankan pihak manajemen perusahaan.

Jangan biarkan laporan keuangan Anda terkendala, hanya karena pegawai keuangan cuti atau lembar kertas tercecer dan hilang. Ini saatnya, Anda meningkatkan sistem laporan keuangan secara lebih modern dan reliable, bersama Software Akuntansi Harmony.

Jika hanya mengandalkan laporan keuangan dan pembukuan manual, perusahaan Anda akan rugi waktu, tenaga, serta biaya. Apalagi, pembukuan manual dikerjakan sendiri oleh pegawai keuangan.

Sudah pasti akan sangat menguras tenaga dan waktu si pegawai. Selain terkendala saat pegawai cuti, terdapat risiko kesalahan manual yang mengancam.

Maka itu, Software Akuntansi Harmony hadir di sini untuk mendukung bisnis Anda sepenuhnya di era digital. Dengan aplikasi Harmony, pencatatan pembukuan bisa lebih cepat dan semudah menggerakkan jari. Anda bisa mengakses kapan saja dan di mana saja, tanpa perlu background akuntansi. Nikmati fitur terbaik Software Akuntansi Harmony untuk mendukung laporan keuangan perusahaan Anda.

Masih ragu? Coba GRATIS selama 30 hari menggunakan Aplikasi Harmony melalui link ini. Aplikasi Harmony juga hadir di media sosial untuk menginformasikan promo terupdate dan berita menarik lainnya, follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony sekarang, ya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony