Harmony Blog

Saldo Normal Akuntansi, Cara Mudah Mengetahuinya Serta Fungsi Dalam Pembukuan

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Saldo-Normal-Akuntansi-HarmonyPin

Pentingnya mengetahui saldo normal akuntansi dalam pembukuan, membuat Anda lebih mudah dalam menganalisa laporan keuangan. Informasi yang tersedia akan menunjukkan sisi saldo akun debit dan kredit. Nantinya perlu juga mengikuti persamaan dasar akuntansi dalam penerapannya. Maka dari itu tujuan menempatkan saldo sisi debit dan kredit adalah aturan kebijakan akuntansi yang mengatur semua akun agar laporan yang dihasilkan lebih sempurna dan akurat.

Secara umum saldo normal adalah suatu kebijakan akuntasi yang menetapkan prinsip pembukuan secara berpasangan. Selain itu saldo normal ini diterapkan agar posisi debit dan kredit dalam transaksi dapat tercatat sesuai dengan realitanya dan seimbang.

Mengisi saldo normal adalah hal yang mutlak dan tidak bisa dirubah, dalam posisi kredit atau debit sesuai prinsip akuntansi.

Dengan demikian sebagai pebisnis yang memiliki penghasilan atas penjualan tentu juga perlu mengetahui saldo normal penjualan ataupun saldo normal pendapatan diterima dimuka.

Disisi lain kemampuan dalam mengetahui saldo normal akuntansi juga memang sangat penting, agar Anda nantinya dapat memiliki kemampuan dalam menganalisa keuangan lebih lanjut. Kini akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini tentang saldo normal akuntansi.

Apa Sih Yang Dimaksud Saldo Normal Akuntansi?

Anda mungkin masih belum memahami apa itu saldo normal? Saldo normal adalah proses akuntansi untuk memperkirakan jenis akun tertentu, dikarenakan memiliki perbedaan saldo debit dan kredit yang sesuai dengan klasifikasinya pada tabel akun.

Selain itu bagi Anda yang memiliki bisnis tentu perlu mengetahui saldo normal penjualan atau saldo normal pendapatan diterima dimuka di dalam penyusunan siklus akuntansi.

Di mana saldo ini terjadi karena penambahan atau pengurangan yang disebabkan adanya pengaruh akun lain, karena saldo normal ini akan saling mempengaruhi antara satu dengan yang lain dan juga harus seimbang ke dalam pembukuan Anda.

Sehingga pada prinsipnya saldo normal akuntansi ini memiliki kebijakan pembukuan yang secara berpasangan debit dan kredit, maka dari itu dalam definisinya bahwa prinsip saldo normal ini akan selalu menepati dan memiliki saldo tersendiri.

Saldo normal akuntansi1 harmonyPin

Apa Saja Fungsi Saldo Normal Dalam Pembukuan Akuntansi?

Supaya Anda nantinya dapat membuat laporan keuangan akan lebih mudah serta sesuai dengan kondisi Keuangan yang sebenarnya. Berikut adapun beberapa fungsi yang termasuk ke dalam saldo normal akuntansi, yaitu:

1. Sebagai Aturan Dalam Mencatat Akuntansi

Supaya Anda tidak melakukan kesalahan dalam membuat laporan, maka hal ini perlu diberlakukan sebuah aturan dimana laporan keuangan yang Anda susun secara baik dan benar.

Adanya aturan yang berlaku ini harus meliputi pencatatan antara bagaimana posisi debit dan posisi kredit yang menjadi penambahan atau pengurangan.

2. Menentukan Saldo Debet Dan Kredit

Sistem akuntansi yang berlaku tentunya memiliki sisi debit dan kredit, di mana posisi ini menentukan bagaimana posisi saldo dalam laporan tersebut. Sehingga posisi ini dapat menunjukkan adanya bagian akun aset, pendapatan, kewajiban, modal, dan yang lainnya.

3. Prosedur Pencatatan Debet Dan Kredit

Prosedur pencatatan debet dan kredit ini dikarenakan adanya berupa transaksi di sebelah kiri sesuai dengan akun yang bersangkutan. Selain itu prosedur ini dapat membantu mengelompokkan pencatatan transaksi, seperti contoh akun kewajiban saldo normal di sebelah kanan sedangkan pendapatan di sebelah kiri.

4. Mengelompokkan Akun Riil

Dasar akuntansi pada aku rill meliputi neraca yang berupa harta maupun aktivitas, dimana harta ini seperti peralatan, perlengkapan, dan sebagainya. Sehingga akun rill biasanya akan bertambah di debet dan berkurang di kredit.

5. Mengelompokkan Akun Nominal

Pada kelompok akun nominal merupakan akun yang meliputi pendapatan dan beban. Di mana pencatatan nominal pendapatan ini disebelah kredit, sedangkan beban disebelah debit.

6. Dapat Lebih Mudah Membaca Akun Aset Dan Kewajiban

Jika perusahaan memiliki banyak aset berarti memiliki keuntungan yang diraih, sehingga hal ini dapat dengan mudah mengetahui bagaimana saldo normal dalam aktiva yang berada disebelah kiri.

Ketika saldo aktiva berada disebelah kredit ini menandakan keuangan mengalami pengeluaran begitu juga sebaliknya, sehingga dengan prinsip saldo normal ini dapat memudahkan Anda membaca laporan keuangan.

Baca Juga: 10 Tahap Siklus Akuntansi yang Wajib Anda Pahami

Saldo normal akuntansi2 harmony 3Pin

Mengetahui Apa Saja Jenis-Jenis Saldo Normal Akuntansi?

Bagi Anda yang ingin lebih memahami apa saja jenis saldo normal pada kelompok akun dalam kebijakan aturan akuntansi tersebut yaitu:

1. Akun Aset

Pada normal akun aset diantara saldo debet dan kredit, biasanya akan lebih besar sisi debet. Dimana hal ini berkaitan dengan saldo normal aset disebelah debet.

Adapun aset yang berupa kas, bank, kas ditangan, peralatan, piutang, perlengkapan, persediaan barang, piutang, atau yang dibayar dimuka. Sedangkan aset tetap meliputi gedung, tanah, dan kendaraan yang dimiliki perusahaan.

2. Akun Liabilias (Kewajiban) dan Ekuitas

Untuk saldo normal akun liabilitas dan ekuitas tentunya berada disebelah kanan atau kredit, dimana kewajiban merupakan sebuah utang yang dibayar oleh pihak lain, sedangkan ekuitas didapat dari sebuah kekayaan dalam membangun usaha.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

3. Akun Pendapatan

Membahas tentang saldo normal penjualan atau pendapatan tentunya akan menambah aset yang dimiliki oleh perusahaan. Di mana akun riil pendapatan ini dapat dikatakan berada di sebelah kredit.

Dalam akun pendapatan ini juga dapat berkaitan dengan saldo normal pendapatan diterima dimuka, dengan aktivitas penjualan barang ataupun jasa.

4. Akun Beban

Saldo normal akun beban berada di posisi sebelah debet di mana perusahaan mengeluarkan uang. Seperti contoh beban administrasi, beban penjualan, gaji, iklan, angkut pembelian, sewa toko, dan sebagainya.

Bagaimana Contoh Saldo Normal Dalam Pembukuan Akuntansi?

Untuk membantu Anda untuk mengetahui saldo normal akuntansi, dalam laporan keuangan. Maka Anda perlu mengingat saldo normal akuntansi yang harus seimbang antara debet dan kredit seperti tabel dibawah ini :

Saldo normal akuntansi 3Pin

Seperti pembahasan tentang saldo normal akuntansi ini memang sudah menjadi kebijakan akuntansi yang dapat memperkirakan klasifikasi akun dalam posisi kredit dan debit pada sebuah pembukuan.

Dengan demikian cara ini berguna bagi Anda untuk mengetahui saldo normal suatu akun, yang dapat juga memudahkan Anda untuk melakukan pembukuan bisnis. Namun jika Anda masih memiliki kesulitan dalam menyajikan komponen laporan keuangan seperti contoh laporan laba rugi, laporan arus kas, dan laporan posisi keuangan lainnya.

Maka Anda bisa gunakan jasa profesional untuk membantu Anda menghitung dan melaporkan pajak Anda. Bukan hanya itu pembukuan bisnis Anda pun akan dibereskan secara teknologi dengan layanan profesional ini.

Apa sih teknologi yang digunakan? Harmony software akuntansi adalah solusi pembukuan berbasis teknologi yang bisa membantu Anda. Ingin menggunakannya? Kini tersedia Gratis 30 Hari jika Anda mendaftarkannya di sini.

Harmony telah membantu ribuan pebisnis untuk mendapatkan laporan keuangan realtime dan menyelesaikan transaksi penjualan dan pengeluaran dengan mudah. Jadi, tunggu apalagi? Nikmati kemudahannya untuk bisnis Anda. Untuk mengetahui informasi terkait Harmony, Anda juga bisa mengikuti sosial medianya seperti Facebook, Instagram dan Linked In.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony