Harmony » Blog » 

Remittance Adalah Jenis Layanan Transfer Luar Negeri, Cari Tahu Selengkapnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 9, 2021

Istilah remittance adalah? Sudahkah Anda tahu apa istilah itu? Nah, istilah ini lekat dengan dunia perbankan. Selain transfer uang atau menyimpan dana, lembaga keuangan umumnya juga menyediakan layanan remittance.

Remittance adalah layanan transfer yang mudah dijumpai di negara-negara berkembang. Seperti India, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam, dllClick to Tweet

Seperti diketahui, lembaga keuangan dan BUMN berperan terhadap perekonomian negara. Terutama dalam mengelola dan mengawasi siklus keuangan masyarakat. Layanan remittance Indonesia memungkinkan nasabah, baik badan usaha maupun personal untuk transfer ke luar negeri.

Sayangnya, masyarakat awam masih belum paham betul apa itu remittance Indonesia. Padahal remittance merupakan layanan yang sangat sering digunakan nasabah di pedesaan maupun perkotaan. Bisa dikatakan, remittance Indonesia adalah bagian penting kegiatan keuangan untuk mengirimkan uang ke luar negeri.

Apa Itu Remittance?

Pada dasarnya, remittance adalah layanan transfer uang dari pihak pengirim ke penerima yang berlokasi di luar negeri. Dana atau uang yang ditransfer biasanya milik tenaga kerja Indonesia yang dikirim ke keluarga di kampung halaman.

Karena itu, remittance adalah salah satu layanan keuangan yang paling diminati masyarakat, terutama keluarga tenaga kerja Indonesia (TKI) atau tenaga kerja wanita (TKW) yang bekerja di luar negeri.

Apa Itu Remittance Adalah

Selain itu, remittance adalah layanan yang mudah dijumpai di negara-negara berkembang. Seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dll. Sebab, banyak warga masyarakat negara berkembang yang berprofesi sebagai TKI atau TKW.

Mereka memilih bekerja ke luar negeri agar bisa memperoleh gaji yang lebih layak. Dan nantinya, uangnya bisa ditabung atau dikirim ke keluarga di negara asal.

Negara yang paling tinggi remittance adalah India, China, serta Meksiko dan Filipina. Dikutip dari data World Bank pada 2018, angka remittance adalah sebesar USD 466 Miliar di negara-negara berkembang.

Baca Juga: Apa Saja Peran BUMN Terhadap Perekonomian Indonesia

Jenis-Jenis Remittance

Ada beberapa jenis remittance yang umum ditemui. Yaitu jenis remittance merupakan outgoing remittance dan incoming remittance. Penasaran seperti apa? Yuk simak lebih lanjut. Berikut penjelasan dari kedua jenis remittance tersebut.

  • Outgoing/Outward Remittance

    Pertama, jenis remittance yaitu outward atau outgoing remittance. Outgoing remittance adalah layanan transfer uang ke luar negeri memakai mata uang lokal dan diterima berupa valuta asing.

    Misalnya, mengirimkan uang bagi anak yang kuliah di luar negeri, atau kebutuhan lainnya. Keuntungan dari outgoing remittance adalah proses yang cukup cepat dan nilai tukar valuta asing yang kompetitif.

    Sedangkan, keuntungan pihak lembaga keuangan dari outgoing remittance adalah biaya administrasi atau biaya jasa per satu kali transfer yang dikenakan per nasabah.

    [elementor-template id="26379"]

  • Incoming Remittance

    Selanjutnya, jenis remittance adalah incoming remittance. Jenis remittance ini memanfaatkan layanan kirim uang dari luar negeri kepada si penerima yang ada di dalam negeri. Transaksi incoming remittance adalah berupa valuta asing ke mata uang negara yang dituju.

    Incoming remittance adalah layanan paling sering dipakai oleh TKI/ TKW yang hendak mengirimkan uang kepada sanak keluarga di kampung halaman. Bagi negara, incoming remittance adalah salah satu sumber penghasilan devisa bangsa.

    Jika jumlah incoming remittance adalah semakin besar, maka devisa dan perekonomian negara juga semakin maju. Karena itu, pemerintah menyebutkan bahwa TKI/ TKW sebagai pahlawan devisa negara.

Bagaimana penjelasan tentang apa itu remittance kali ini. Semoga Anda lebih memahami dan menyadari bahwa remittance adalah layanan yang sangat bermanfaat, terutama bagi nasabah yang ingin transfer uang dari dan ke luar negeri.

Sebagai pebisnis, Anda juga bisa memanfaatkan layanan remittance untuk transfer dana ke mitra bisnis atau supplier yang berada di luar negeri. Namun, pastikan dulu segala proses pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis selalu berjalan lancar dan akurat.

Untuk memudahkan sistem pembukuan dan pengelolaan keuangan usaha, gunakan Software Akuntansi Harmony. Aplikasi Harmony, dipercaya oleh ribuan klien di seluruh Indonesia untuk membantu pembukuan yang lebih cepat, modern, dan rapi.

Semua fitur-fiturnya komplit dan bisa diandalkan untuk menyelesaikan tugas akunting. Sehingga, tim finance kini bisa bekerja lebih praktis, bebas ribet, dan fokus pada tugas intinya untuk mengembangkan produktivitas perusahaan.

Yuk, buktikan keunggulan fitur Software Akuntansi Harmony secara GRATIS dalam 30 hari melalui tautan ini.

Jika ada kendala atau butuh info detailnya, jangan lupa follow dan like juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram