Harmony Blog

Purchasing: Ketahui Tugas, Proses dan Bedanya Dengan E-Purchasing

Diupdate Mei 31st, 2021
86

SHARES

PEMBACA

PurchasingPin

Perusahaan umumnya melakukan tindakan purchasing untuk memesan produk ke supplier barang/ jasa. Namun tentunya, agar tindakan pembelian bisa terlaksana dengan baik, dibutuhkan komitmen agar sesuai prinsip akuntabilitas, transparan, dan kontrak perjanjian yang jelas.

Di era teknologi, pembelian bisa dilakukan secara online atau yang dikenal dengan istilah e-purchasing. Secara singkat, pembelian artinya pemesanan atas barang atau jasa dari perusahaan maupun individu ke supplier/ pemasok. Dalam hal ini, purchasing artinya mengalami digitalisasi seiring kemajuan zaman dan menjadi e-purchasing.

E-Purchasing adalah metode atau cara membeli produk berupa barang atau jasa dengan sistem elektronik.Click to Tweet

Bahkan, di dunia akuntansi retail, e-purchasing dan purchasing sudah menjadi istilah yang lumrah. Nantinya, dokumen pembelian dipakai untuk melengkapi laporan keuangan. Termasuk membuat pencatatan debit dan kredit, serta lebih mudah mengidentifikasi biaya produksi lainnya berdasarkan perilaku biaya,  seperti biaya tetap dan biaya variabel produk yang dijual.

Apa Bedanya Dengan E-Purchasing?

Bedanya purchasing dengan e-purchasing ada dalam mekanisme atau tata cara pemesanan barang/ jasa. Hal ini diatur dalam Peraturan Presiden No. 54/ 2010 mengenai pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Ketahui purchasingPin

Disebutkan bahwa e-purchasing adalah metode atau cara membeli produk berupa barang atau jasa dengan sistem elektronik. Misalnya, memakai platform aplikasi atau website, sehingga e-purchasing lebih mengandalkan sebuah sistem elektronik otomatis, ketimbang cara-cara pemesanan manual.

Apa Saja Tugas Purchasing?

Agar proses produksi berjalan lancar dan memenuhi kebutuhan perusahaan, tugas pembelian harus dilaksanakan dengan baik. Berikut di antara tugas pembelian:

  1. Membuat Data Analisis Kebutuhan Produksi Perusahaan

    Tugas pembelian yang pertama adalah membuat analisis apa saja kebutuhan perusahaan. Hal ini penting agar bisa meningkatkan efisiensi biaya perusahaan dan memesan barang/ jasa yang benar-benar penting bagi usaha.

    Baca Juga: Mengenali Perilaku Biaya (Cost Behavior), Sifat Dan Cara Menghitungnya

  2. Memilih Vendor Dan Supplier Yang Tepat

    Tak hanya menganalisis kebutuhan produksi, tugas pembelian juga memilih vendor atau supplier yang mendukung kinerja operasional. Dari sekian banyak supplier, tugas pembelian menentukan manakah yang terbaik dari segi harga, layanan, dan kualitas barang/ jasa dari pihak supplier/ vendor.

  3. Membuat Pemesanan Barang/ Jasa

    Selanjutnya, tugas pembelian juga membuat pesanan dan mengisi faktur atau formulir pembelian dengan spesifik. Faktur ini bisa dijadikan arsip dan bukti pembelian.

  4. Melunasi Pembayaran Faktur Purchasing

    Setelah produk barang atau jasa yang dipesan dari supplier/ vendor datang, maka faktur harus dibayar oleh tim pembelian sesuai kesepakatan. Ada yang dilakukan dengan cara mengangsur atau sesuai perjanjian. Dalam hal ini, pembelian artinya aktivitas pembayaran masih dibuat secara manual. Misalnya melalui email, telepon, Whatsapp, dan sebagainya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Proses Purchasing

Secara sederhana, proses pembelian sama seperti pemesanan barang atau jasa pada umumnya. Setelah memilih supplier atau vendor, kemudian dibuat faktur pembelian atau surat pemesanan barang/ jasa. Faktur ini dikirim ke supplier oleh tim pembelian untuk segera ditindaklanjuti.

Jika barang atau jasa tersedia, tim pembelian kemudian akan menerima barang yang dipesan dan selanjutnya melakukan pembayaran faktur tagihan.

Tidak terbayangkan betapa rumit dan ribetnya jika perusahaan masih mengandalkan pemesanan secara manual. Tim pembelian membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk mengetik dan mencetak faktur tagihan, mengirimkan satu persatu, ditambah lagi harus membuat laporan pembukuan.

Maka itu, pakai Software Akuntansi Harmony untuk mendukung kinerja tim pembelian dan keuangan perusahaan Anda. Software Akuntansi Harmony adalah solusi bisnis untuk menjalankan tugas akuntansi secara lebih cepat, modern, dan real-time. Anda bisa membuat faktur tagihan secara instan, smart invoicing, hingga penagihan otomatis. Semuanya hanya membutuhkan beberapa kali klik.

Faktur pemesanan juga lebih mudah diintegrasikan dengan anggaran perusahaan, sehingga mengelola keuangan bisnis jadi lebih gampang, deh. Tertarik meningkatkan sistem pemesanan dan pembukuan Anda dengan Software Akuntansi Harmony? Silakan daftarkan diri Anda sekarang melalui tautan ini. GRATIS pemakaian selama 30 hari, tanpa biaya tambahan apapun.

Lengkapi juga wawasan Anda dengan info-info finansial dan bisnis terupdate lainnya, dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony