Harmony Blog

PSAK : Pedoman Penting Dalam Membuat Laporan Keuangan Bisnis Anda

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

PSAK, Pedoman Penting Dalam Membuat Laporan Keuangan Bisnis AndaPin

PSAK atau pernyataan standar akuntansi keuangan adalah salah satu elemen penting di dunia akuntansi. Adanya PSAK ini mampu mempermudah kerja seorang akuntan dengan memberikan prosedur serta aturan dalam membuat laporan keuangan.

PSAK akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam membuat laporan yang rapi dan tepat.

Di dalam proses akuntansi, seorang akuntan harus bisa mengikuti aturan dalam PSAK dan harus menjalankannya sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

PSAK ini dapat membuat laporan keuangan Anda menjadi lebih mudah untuk dibandingkan dengan laporan keuangan di periode sebelumnya maupun laporan keuangan lain.

Pernyataan standar akuntansi keuangan ini juga terdapat berbagai petunjuk mengenai tata cara pembuatan laporan keuangan, baik dari proses pencatatan, penyusutan, hingga penyajian laporan keuangan.

PSAK atau pernyataan standar akuntansi keuangan ini merupakan hal yang perlu Anda pelajari juga sebagai dasar atau acuan yang penting dalam akuntansi.

Bagi Anda yang mungkin belum memahami lebih jauh mengenai PSAK, artikel ini akan membantu Anda mengerti apa itu PSAK dan pentingnya PSAK dalam membuat laporan keuangan pada bisnis Anda.

Tahukah Anda Apa Itu PSAK?

PSAK atau yang disebut sebagai pernyataan standar akuntansi keuangan merupakan sebuah kerangka prosedur yang harus dilakukan dalam membuat laporan keuangan akuntansi.

Di dalam PSAK ini terdapat berbagai macam aturan yang berhubungan dengan kegiatan mencatat, menyusun, melakukan, dan juga menyajikan sebuah laporan keuangan.

Namun pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) tentunya juga terdapat berbagai kumpulan dasar atau prinsip dalam menyajikan laporan keuangan yang berisi tujuan umum atau biasa disebut general purpose financial statements.

Tujuan penetapan dasar dari standar akuntansi dalam menyajikan laporan keuangan ini adalah agar proses perbandingannya dengan laporan keuangan sebelumnya dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Selain itu adapun berbagai informasi serta data mengenai entitas dari PSAK yaitu aset perusahaan, liabilitas, ekuitas, pendapatan serta beban.

PSAK ini juga menyajikan berbagai entitas berupa kontribusi dari setiap pemilik serta distribusi kepada pemilik, baik itu keuntungan dan juga kerugian, neraca saldo yang meliputi biaya, hutang, piutang serta arus kas dan informasi lainnya yang terdapat dalam catatan laporan keuangan yang Anda miliki.

Pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) ini dibuat dan disusun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). Pembuat PSAK ini juga didasarkan pada keadaan yang sedang berjalan, kemudian disetujui dan disahkan bersama oleh setiap institut maupun lembaga resmi yang ada di Indonesia.

Dapat dikatakan bahwa PSAK adalah merupakan suatu pedoman yang harus diikuti dan diterapkan oleh para pekerja dalam bidang akuntansi di Indonesia.

Namun dengan semakin berkembangnya teknologi pada saat ini, banyak setiap para pekerja di bidang akuntansi bahkan bisnis yang lainnya sudah menggunakan software akuntansi.

Software akuntansi ini memang dirancang untuk memudahkan dalam penghitungan keuangan, informasi dan pelaporan. Dengan bantuan software akuntansi, kegiatan pembukuan menjadi lebih mudah dan efektif dibandingkan secara manual.

Dan belum lagi, jika Anda termasuk pebisnis yang juga sibuk serta tidak memiliki akuntan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Accounting service ini juga membantu seluruhnya dari pencatatan sampai pelaporan dengan teratur setiap bulan.

Baca Juga: Cash Flow: Kenali Metode Yang Digunakan & Cara Praktis Membuatnya

PSAK Sebagai Pedoman Penting Dalam Membuat Laporan Keuangan Bisnis

Sebagai standar akuntansi keuangan, PSAK dijadikan sebagai pedoman penting dalam membuat pembukuan sederhana dan dapat memudahkan pihak-pihak yang berkepentingan untuk menginterpretasikan, mengevaluasi, menganalisis, serta mempresentasikan suatu laporan sehingga berguna dalam proses pengambilan keputusan ekonomi.

Adapun beberapa fungsi yang terdapat dalam pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK) yaitu:

• Untuk penyeragaman laporan keuangan.

• Memudahkan akuntan dalam menyusun laporan keuangan.

• Mempermudah pembaca dan auditor untuk memahami dan membandingkan masing-masing entitas laporan keuangan yang berbeda-beda.

Dengan adanya standar pada akuntansi keuangan, semua laporan keuangan yang ada memiliki cara penyusunan yang serupa dan Anda juga dapat meningkatkan kualitas informasi yang ada pada laporan keuangan perusahaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis-jenis PSAK

Kini terdapat beberapa standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia yaitu:

1. PSAK-IFRS

Jenis PSAK pertama yang berlaku di indonesia adalah PSAK-IFRS. Sebuah badan usaha yang mempunyai jenis akuntabilitas publik sering menggunakan PSAK-IFRS ini sebagai standar akuntansi keuangan.

Adapun jenis badan usaha yang menggunakan PSAK-IFRS adalah asuransi, BUMN, perbankan dan perusahaan dana pensiun.

Penggunaan IFRS ini juga dikarenakan Indonesia termasuk sebagai anggota dari International Federation of Accountants atau IFAC, di mana IFRS adalah standar akuntansinya. Maka Indonesia menjadikan PSAK-IFRS sebagai standar akuntansi keuangannya.

2. SAK-ETAP

Standar akuntansi selanjutnya adalah SAK-ETAP (Entitas Tanpa Asuransi Publik). Jenis SAK ini digunakan oleh entitas yang memiliki akuntabilitas publik yang tidak signifikan.

Jenis laporan keuangan entitasnya juga hanya berguna untuk memberikan tujuan umum kepada para pengguna eksternalnya saja.

SAK-ETAP ini merupakan hasil penyederhanaan dari standar akuntansi IFRS yang meliputi tidak adanya penilaian untuk, aset tidak berwujud, aset tetap. Juga pada laporan laba rugi yang digunakan dengan tipe komprehensif.

3. PSAK-Syariah

PSAK-Syariah merupakan pedoman akuntansi yang banyak digunakan oleh lembaga yang menggunakan prinsip dan kebijakan syariah dalam kegiatan bisnisnya. Jenis standar akuntansi ini juga digunakan bersamaan dengan standar akuntansi umum.

Adapun contoh lembaga yang sering menggunakan PSAK ini adalah perbankan syariah, yang di mana sebelum membuat laporan keuangan harus berdasarkan standar akuntansi umum terlebih dahulu, kemudian setelah itu menggunakan PSAK-Syariah untuk transaksi yang berbasis syariah.

Pengembangan standar akuntansi ini dibuat berdasarkan acuan dari fatwa yang dikeluarkan oleh MUI (Majelis Ulama Indonesia).

4. SAP (Standar Akuntansi Pemerintah)

Standar Akuntansi Pemerintah (SAP) merupakan jenis standar akuntansi yang digunakan oleh pihak pemerintah pusat dan daerah dalam menyusun laporan keuangan.

Di dalam penggunaan SAP biasanya terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan neraca, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Tujuan standar akuntansi pemerintah ini dalam penyusunan laporan keuangan adalah untuk menjamin transparansi, partisipasi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang lebih baik.

5. SAK-EMKM

Standar akuntansi berikutnya adalah SAK-EMKM. Di gunakannya SAK-EMKM ini guna memenuhi kebutuhan laporan keuangan pada Entitas Mikro, Kecil dan Menengah.

Di dalam jenis standar akuntansi ini ditujukan bagi setiap entitas yang belum mampu memenuhi persyaratan akuntansi sesuai dengan SAK-ETAP. Entitas yang memakai SAK-EMKM bisa membuat laporan keuangan secara eksplisit terkait kepatuhan pada pedoman tersebut.

Sudah di jelaskan di atas, mengenai standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia, sehingga Anda bisa menjadikan standarisasi dalam membuat laporan keuangan yang rapi dan mudah dipahami.

Penting bagi Anda untuk memiliki laporan keuangan yang baik dan benar, untuk itu jangan lupakan pembukuan keuangan perusahaan Anda.

Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat pembukuan secara manual, kini Anda dapat menggunakan aplikasi pembukuan yang dibuat untuk mempermudah aktivitas pencatatan keuangan.

Keberadaan aplikasi pembukuan ini tentu membuat pengusaha menjadi lebih percaya diri dalam mengelola keuangan usaha dengan efektif, dan menghadapi berbagai tuntutan serta tantangan di dalam usahanya.

Harmony merupakan software akuntansi yang memakai standar PSAK-IFRS dimana dalam software tersebut terdapat standar aturan baku yang mengatur pencatatan, penyusunan, perlakuan, dan penyajian laporan keuangan.

Aplikasi pembukuan Harmony tidak hanya merekam transaksi bisnis, tapi juga mempermudah pelaku usaha dalam melakukan pengambilan keputusan, meningkatkan layanan kepada pelanggan serta hemat waktu. Jadi tunggu apalagi, coba gunakan GRATIS Harmony 30 Hari dengan mendaftar disini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony