Harmony Blog

PIB (Pemberitahuan Impor Barang), Ketahui Jenis dan Cara Kerjanya

Diposting Jul 9th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pemberitahuan Impor Barang (PIB)Pin

Menjalankan kegiatan perdagangan internasional, Anda mungkin sudah tidak asing dengan Pemberitahuan Impor Barang (PIB). Dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang) dibutuhkan untuk melengkapi strategi distribusi barang yang akan masuk ke Indonesia.

Pihak bea cukai selaku petugas berwenang akan selalu memeriksa dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang) sebelum dibawa masuk ke Indonesia melalui bandara atau pelabuhan.

Pemberitahuan Impor Barang (PIB) adalah suatu bukti tertulis yang menginformasikan tentang barang impor sudah lunas pajak.Click to Tweet

Contoh dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang) yang perlu dilengkapi dalam kegiatan impor tersebut, seperti: faktur tagihan atau invoice, bill of lading/ airway bill insurance, serta packing list.

Tanpa dilengkapi dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang), barang akan sulit masuk ke wilayah Nusantara dan sementara waktu akan ditahan sesuai undang-undang yang berlaku.

Apa Itu Pemberitahuan Impor Barang?

Pengertian Pemberitahuan Impor Barang (PIB) adalah suatu bukti tertulis yang menginformasikan tentang barang impor sudah lunas pajak.

Dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang), diberikan oleh importir ke bea cukai sesuai dokumen pabean yang dimiliki. Termasuk di dalamnya, berkas pajak atau fiskal yang dikenakan atas barang impor.

Pemberitahuan Impor Barang (PIB) sudah menjadi dokumen yang umum dipakai dalam kegiatan impor barang. Dokumen PIB sebagai faktor pendorong perdagangan internasional sangat penting untuk mempermudah kegiatan impor barang dari segi administratif

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan No 199 Tahun 2019/ PMK.010, Pemberitahuan Impor Barang (PIB) memiliki kriteria khusus yaitu barang pengiriman impor dengan nilai pabean di atas FOB USD 3.00 – FOB USD 1.500.

Selanjutnya, nilai pungutan bea masuk sebesar 75%. Hal ini ditentukan sesuai nilai pabean barang berdasarkan undang-undang nilai pabean.

Jenis-Jenis Pemberitahuan Impor Barang

Berikut adalah jenis pemberitahuan impor barang:

  • Dokumen PIB Biasa atau Pemberitahuan Impor Barang Biasa diserahkan untuk kegiatan impor satu kali. Yaitu barang yang sudah datang atau untuk barang yang akan datang.
  • Dokumen PIB Berkala atau Pemberitahuan Impor Barang Berkala, yaitu dokumen tertulis yang menginformasikan kegiatan impor barang lebih dari satu kali dalam satu periode. Barang impor seperti ini umumnya diterbitkan dulu di area pabean.
  • Dokumen PIB Penyelesaian atau Pemberitahuan Impor Barang Penyelesaian. Dokumen diberikan untuk kegiatan impor barang yang sudah dikeluarkan terlebih dahulu dari kawasan pabean dalam sekali kegiatan impor.

[elementor-template id=”26379″

Cara Kerja Penyampaian Pemberitahuan Impor Barang

Dokumen PIB (Pemberitahuan Impor Barang) biasanya mencantumkan beberapa detail tentang kegiatan impor barang. Meliputi berapa tarif bea masuk, jumlah total pungutan pajak, dll.

Dokumen Pemberitahuan Impor Barang diberikan melalui data elektronik dari sistem kepabeanan atau memakai media data digital lainnya. Selain itu, dokumen pemberitahuan impor barang juga bisa diberikan lewat secarik kertas berupa formulir tertentu.

Penyampaian pemberitahuan impor barang (pib)Pin

Selanjutnya, dokumen pemberitahuan impor barang akan diajukan dalam waktu yang sama, dengan berkas-berkas kegiatan impor lainnya. Misalnya, bukti cukai dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI), bukti pembayaran bea masuk, dll.

Dokumen Pemberitahuan Impor Barang akan diberikan langsung ke pejabat di kantor kepabeanan. Dalam penyampaiannya kepada pejabat di kantor pabean, berkas Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) dan Barang Kena Cukai (BKC) turut disertakan.

Khusus untuk Barang Kena Cukai (BKC), bisa disampaikan kepada pejabat pabean setelah barang impor mendapatkan pita cukai di tempat pengeluaran barang.

Sedangkan, untuk dokumen lainnya semisal SPPB jalur hijau, Surat Pemberitahuan Jalur Kuning, atau Surat Pemberitahuan Jalur Merah, bisa dilunasi selama 3 hari kerja dari tanggalnya. Lebih lanjut, untuk jalur MITA Non Prioritas dan MITA Prioritas, dokumen SPPBnya bisa dilunasi paling lambat 5 hari kerja dari tanggalnya.

Importir wajib menyampaikan dokumen pemberitahuan impor barang sebagai salah satu pendukung kegiatan impor. Maka itu, pastikan dahulu perhitungan dan pencatatan transaksi Anda juga sudah akurat dan lengkap.

Jika Anda kesulitan menghitung secara manual, kini saatnya beralih memakai sistem akuntansi online yang lebih modern, dari Aplikasi Harmony.

Didukung fitur dan modul akunting yang canggih, perhitungan pajak dan penyampaian laporan pajak bersama aplikasi Harmony, menjadi lebih cepat, instan dan semudah beberapa klik.

Yuk, COBA GRATIS aplikasi Harmony selama 30 hari, klik tautan ini. Anda bisa menggunakan semua fitur premium tanpa biaya sama sekali.

Follow dan like InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony agar bisa mengenal lebih detail fitur-fiturnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK