Perkembangan Teknologi di Indonesia dan Dampaknya Bagi Bisnis
Harmony Blog
Business
Perkembangan Teknologi di Indonesia dan Dampaknya Bagi Bisnis
February 2, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Perkembangan teknologi merupakan sesuatu yang akan terjadi seiring berkembangnya kemampuan manusia untuk berinovasi dan berkreasi. Adanya internet merupakan contoh inovasi yang luar biasa dalam perkembangan teknologi.

Jauh sebelum itu, kemajuan teknologi sudah mulai dibenahi secara bertahap, mulai dari transportasi, konsumsi, informasi, produksi, dan lain sebagainya. Banyak negara yang secara khusus mendukung setiap masyarakatnya untuk bisa membangun perkembangan teknologi. Misalnya Jepang, Tiongkok, Jerman, Amerika Serikat, dan lain sebagainya.

Internet merupakan salah satu contoh perkembangan teknologi informasi yang paling mutakhir dan multifungsi saat ini.

Indonesia memang bukan negara yang aktif untuk mendukung inovasi atas perkembangan teknologi. Namun, Indonesia selalu mengikuti perkembangan teknologi yang sedang trend saat ini. Bahkan, teknologi terus masuk dalam bidang bisnis sehingga memberi warna berbeda dalam dunia bisnis di Indonesia.

Pengertian Teknologi

Teknologi merupakan rangkaian sarana dan prasarana yang menyediakan sebuah produk atau komponen yang sangat diperlukan bagi kelangsungan hidup. Kebutuhan teknologi diawali dengan adanya keinginan untuk mengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam benda yang berguna untuk hidup manusia.

Baca Juga : Tips Sukses Memulai Bisnis Minimarket

Saat ini, perkembangan teknologi telah mengalami perluasan makna, yaitu menjadi sebuah benda maya atau abstrak yang tidak berwujud. Misalnya software, aplikasi, metode pembelajaran, metode bisnis dan lain sebagainya. Dengan demikian, teknologi akan berdampak langsung terhadap kelangsungan bisnis.

Contoh perkembangan teknologi yang begitu besar membawa perubahan adalah keberadaan alat-alat seperti komputer, laptop, handphone, mesin-mesin, mobil, motor dan lain sebagainya. Selain itu, internet merupakan salah satu contoh perkembangan teknologi informasi yang paling mutakhir dan multifungsi saat ini. Dengan adanya internet, hampir segala hal bisa diotomatisasi dan diintegrasikan.

Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Bisnis

Ada ungkapan bahwa, untuk sukses berbisnis di usia muda harus melek teknologi. Anggapan ini menandakan bahwa, setiap generasi muda harus tahu seluk beluk teknologi pada masanya. Kemajuan teknologi akan membuat banyak perubahan terhadap gaya berbisnis. Dampak perkembangan teknologi bagi bisnis antara lain :

Pertukaran dan penyampaian sebuah informasi menjadi lebih mudah dan cepat karena bisa saling diintegrasikan.

Mempercepat proses produksi dan distribusi.

Membantu alur kerja perusahaan yang lebih mudah dan terkontrol

Memudahkan setiap manajemen dan divisi yang ada di perusahaan dalam mempertanggungjawabkan tugas dan kewajibannya

Mendukung kegiatan operasional perusahaan

Memastikan keamanan dan menghindari kesalahan, baik yang bersifat teknis maupun human error.

Mempermudah mendapatkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, kompetitor, selera konsumen, dan target pasar.

Perkembangan informasi dan teknologi memang telah banyak membantu setiap pihak yang terlibat di dalam perusahaan karena bisa memudahkan pekerjaan. Teknologi juga memungkinkan pekerjaan bisa dikerjakan dengan cepat dan selesai tepat waktu.

Namun, selain dampak perkembangan teknologi yang memberikan arah positif, ada kemungkinan juga dampak negatif yang bisa dialami oleh perusahaan. Teknologi pada dasarnya hanyalah sebuah alat yang bisa saja mengalami error. Pemanfaatan teknologi bisa menyebabkan ketergantungan terhadap teknologi itu sendiri.

custom-form-newsletter

Tidak berbeda dengan masyarakat yang tinggal di kota yang semakin bergantung dengan listrik. Jika listrik padam, maka akan banyak aktivitas yang pada akhirnya harus tertunda. Kondisi seperti ini bisa saja berpengaruh terhadap bisnis. Jika teknologi yang digunakan mengalami error, maka seluruh aktivitas dalam alur kerja akan terhenti.

Perusahaan tidak bisa mencari solusi alternatif agar aktivitas di dalam perusahaan bisa terus berjalan. Selain itu, kesalahan dalam pemanfaatan teknologi justru akan menyebabkan pemborosan terhadap anggaran yang dimiliki perusahaan. Ketergantungan terhadap teknologi harus bisa diatasi dengan prinsip dan etika bisnis yang benar.

Pemanfaatan teknologi saat ini hampir merambah ke seluruh bagian di dalam perusahaan. Termasuk bagian akunting atau keuangan perusahaan Anda yang tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Software akuntansi Harmony merupakan teknologi terbaru untuk membantu divisi keuangan dalam membuat laporan keuangan, pembukuan, jurnal, neraca, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan keuangan usaha.

Fitur-fiturnya sangat mudah dimengerti sehingga sangat cocok untuk setiap orang yang menggunakan. Daftarkan diri Anda di sini sekarang juga, untuk menikmati promo FREE Harmony Accounting Software selama 30 hari. Untuk info lebih lanjut, Anda juga bisa update melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

 Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/