Harmony Blog

Perbedaan Akuntansi dan Keuangan, Ketahui Selengkapnya

Diupdate Agu 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Perbedaan Akuntansi Dan KeuanganPin

Meski masih dalam konten yang relatif sama, ada perbedaan akuntansi dan keuangan yang mendasar. Akuntansi seringkali digunakan dalam pencatatan transaksi dan jenis-jenis biaya operasional usaha.

Akuntansi keuangan adalah cabang khusus ilmu akuntansi yang melibatkan proses pelaporan, peringkasan, pencatatan transaksi yang dihasilkan dari operasional bisnis selama kurun waktu tertentu.Click to Tweet

Maka itu, bagi pelaku usaha sangat direkomendasikan memahami makna perbedaan akuntansi dan keuangan. Mengapa begitu? Nantinya, hal ini berperan penting dalam hal penyusunan pembukuan usaha, menghitung biaya EOQ (Economic Order Quantity), dan mengelola keuangan.

Pengertian Akuntansi Keuangan

Untuk memahami perbedaan akuntansi dan keuangan, pertama-tama Anda perlu memahami pengertian akuntansi. Secara sederhana, akuntansi adalah proses yang digunakan dalam menganalisis data terkait pengelola aliran keuangan, dari mana asal uang dan kemana uang dipakai.

Terdapat sejumlah bidang akuntansi yang perlu diketahui. Antara lain: akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi pemeriksaan, serta akuntansi pemerintahan.

Akuntansi keuangan adalah cabang khusus ilmu akuntansi yang melibatkan proses pelaporan, peringkasan, pencatatan transaksi yang dihasilkan dari operasional bisnis selama kurun waktu tertentu. Contoh akuntansi keuangan misalnya pencatatan transaksi arus kas yang dilakukan karyawan dalam organisasi bisnis. Termasuk perjalanan dinas, uang makan, uang akomodasi, dan lainnya.

Sedangkan, akuntansi manajemen berkaitan dengan proses identifikasi, analisis, dan pengukuran informasi akuntansi. Akuntansi manajemen membantu pemimpin bisnis membuat keputusan keuangan yang baik. Serta mengelola operasional harian secara efisien.

Pengertian Keuangan

Keuangan adalah suatu proses penyediaan dana bagi kegiatan usaha, pembelian, atau investasi. Lembaga keuangan seperti bank adalah penyedia modal usaha, nasabah, atau investor untuk membantu mencapai tujuan mereka.

Pengertian perbedaan akuntansi dan keuanganPin

Mengelola keuangan sudah menjadi bagian penting manajemen usaha. Pengertian dari manajemen keuangan adalah tata kelola mekanisme keuangan yang cepat berubah berdasarkan transaksi yang berlangsung.

Perbedaan Akuntansi Dan Keuangan

Berikut beberapa perbedaan akuntansi dan keuangan yang bisa Anda ketahui yakni:

  1. Definisi

    Perbedaan akuntansi dan keuangan yang mendasar adalah pengertian atau definisinya. Akuntansi adalah ilmu pencatatan transaksi keuangan bisnis. Sedangkan, keuangan adalah ilmi pengelolaan uang bisnis.

  2. Pekerjaan

    Akuntansi menciptakan pekerjaan bagi akuntan atau konsultan pajak. Sementara, keuangan menciptakan pekerjaan bagi analis keuangan, bankir, financial planner, dll.

  3. Tujuan

    Perbedaan akuntansi dan keuangan dalam hal tujuan. Kalau akuntansi bertujuan menghadirkan informasi laporan keuangan bagi manajemen internal maupun eksternal perusahaan. Sementara, keuangan akan menghadirkan informasi keuangan hanya untuk pihak internal perusahaan.

  4. Atribut

    Dalam hal atributnya, perbedaan akuntansi dan keuangan dapat dilihat lebih jelas. Akuntansi menyajikan laporan arus kas, laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dll. Termasuk menampilkan laporan laba ditahan. Sedangkan, keuangan menyajikan analisis risiko, analisis rasio, anggaran modal usaha, dan lainnya.

  5. Manfaat

    Terakhir, perbedaan akuntansi dan keuangan dilihat dari manfaatnya juga cukup signifikan. Yaitu, manfaat akuntansi memberikan catatan transaksi untuk memahami gambaran kinerja kesehatan finansial perusahaan. Sedangkan, keuangan menyajikan suatu informasi keuangan untuk memprediksi seperti apa kemajuan bisnis di masa mendatang.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Mengelola Keuangan Dan Akuntansi Keuangan Secara Modern

Setelah memahami perbedaan akuntansi dan keuangan di atas, saatnya bagi pelaku UMKM dan pebisnis melengkapi sistem akuntansi keuangan usaha dengan Software Akuntansi Harmony.

Mengelola keuangan dan akuntansi keuangan bukan perkara sepele. Sebab, melibatkan angka dan ketelitian pencatatan transaksi yang detail. Manfaatkan Software Akuntansi Harmony dengan fitur accounting lengkap berbasis teknologi Cloud.

Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.

Software Akuntansi Harmony akan membantu dan mempermudah pelaku UMKM menyajikan otomasi pembuatan laporan keuangan untuk memprediksi kinerja keuangan di masa mendatang secara rapi, sistematis, dan akurat.

Kecanggihan dan fitur Software Akuntansi Harmony telah dibuktikan ribuan klien dan institusi di seluruh Indonesia. Apalagi yang Anda tunggu? Silakan pakai Software Akuntansi Harmony GRATIS 30 hari, daftar melalui tautan ini.

Pastikan juga hari ini Anda like dan follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk update info menarik lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK