Food cost adalah nama lain dari jenis-jenis biaya makanan yang sering menjadi bagian bisnis kuliner atau restoran. Untuk menentukan berapa banyak makanan yang dihasilkan restoran, maka perlu diketahui cara menghitung food cost.
Biaya makanan atau food cost adalah rasio bahan dan pendapatan yang dihasilkan bahan-bahan tersebut saat dijual. Food cost selalu dinyatakan sebagai persentase.
Table of Contents
Rumus food and beverage cost sering dipakai untuk menentukan biaya atau harga makanan di sebuah restoran. Pemilik bisnis ingin memastikan bahwa harga pokok makanan mendapatkan keuntungan dan tidak merugikan. Jadi, mereka memakai rumus food and beverage cost untuk menetapkan harga pokok makanan.
Secara umum, food and beverage cost adalah suatu cara untuk menentukan biaya makanan dan mendapatkan keuntungan bagi pemilik bisnis kuliner.
Sebagai contoh, jika restoran menjual ayam geprek dengan memakai bahan-bahan seperti daging ayam, saus, nasi, sambal, lalapan, dll seharga Rp 10.000. Maka, harga seporsi ayam geprek harus di atas Rp 10.000 agar mendapatkan keuntungan dan tidak merugi. Inilah yang dimaksud food cost.
Food cost adalah salah satu indikator kunci profitabilitas bisnis kuliner atau restoran. Jika sebuah restoran membiarkan food and beverage cost terlalu mahal dalam kaitannya dengan harga menu. Bisa memengaruhi harga produk dan daya beli konsumen.
Restoran umumnya memiliki biaya variabel dan tetap. Setiap perubahan harga barang atau jumlah penjualan akan berpengaruh terhadap keuntungan restoran. Sebagai contoh, jika harga daging ayam melonjak saat krisis pandemi, maka hal ini memengaruhi profitabilitas. Kecuali, kalau restoran juga menaikkan harga per porsi makanan.
Dengan mengetahui cara menghitung food and beverage cost atau rumus food cost, pemilik bisnis kuliner bisa mengetahui kapan harus mengubah harga menu, menghitung biaya marginal, mencari supplier bahan makanan baru, atau bahkan mengganti semua jenis menu agar tetap mendapatkan keuntungan.
Metode atau cara menghitung food and beverage cost sebenarnya tidak sulit. Namun, terkadang memakan waktu, karena harus mengumpulkan informasi terkait pengeluaran. Setidaknya, ada tiga hal berikut:
Rumus food and beverage cost adalah penjumlahan dari biaya persediaan dan pembelian selama satu minggu. Kemudian, dibagi total penjualan makanan.
[elementor-template id="26379"]
Coba simak contoh cara menghitung food and beverage cost adalah sebagai berikut:
Restoran Ayam Geprek Bimo membutuhkan biaya persediaan, antara lain:
Biaya persediaan = Rp 1.950.000.
Pembelian selama 1 minggu = Rp 1.000.000.
Total penjualan makanan = Rp 6.000.000.
(Biaya Persediaan + Pembelian) / Total Penjualan
(Rp 1.950.000 + Rp 1.000.000)/ Rp 6.000.000 = 0,491
Ini berarti 49,1% dari total pendapatan dihabiskan untuk membayar bahan-bahan. Jadi, masih lebih tinggi dari rata-rata.
Bagi banyak kuliner bisnis, persentase food and beverage cost sebesar 49,1% masih terlalu tinggi. Anda bisa menentukan food cost yang ideal dengan membagi total food cost dalam jangka waktu tertentu, dengan total penjualan.
Misalnya, jika total food and beverage cost adalah Rp 3.000.000 dan total penjualan Rp 8.800.000, maka biaya makanan idealnya adalah Rp 3.000.000/ Rp 8.000.000 = 0,34 atau 34%.
Nah, bagaimana, sudah mulai memahami gambaran cara menghitung food cost dari pembahasan di atas? Semoga bisa menambah insight Anda untuk menentukan harga makanan atau minuman dalam bisnis kuliner Anda.
Bukan hanya soal menentukan harga, dalam bisnis apapun juga dibutuhkan pengelolaan keuangan yang akurat dan sistematis. Ini saatnya, melengkapi bisnis Anda dengan pengelolaan pembukuan modern dari Aplikasi Harmony.
Teknologi Cloud yang mendukung Software Akuntansi Online Harmony, memudahkan tata kelola keuangan dan pembukuan usaha Anda selama 24/7. Aplikasi Harmony menawarkan solusi akuntansi digital yang mudah dipakai dan dipahami, meski tanpa keahlian teknis IT atau akuntansi sekalipun.
Software Akuntansi Harmony adalah platform berbasis Cloud untuk menyelesaikan berbagai tugas accounting bisnis. Seperti pencatatan transaksi, arus kas, laporan perubahan modal, rekonsiliasi bank, dll.
Fitur-fitur selengkapnya bisa Anda coba dan buktikan sendiri, FREE Trial 30 hari tanpa biaya klik di sini. Info detail atau ada pertanyaan? Follow Instagram, LinkedIn, dan Facebook Harmony hari ini.