Tentu Anda sudah sering mendengar istilah testimoni. Pada dasarnya, testimoni adalah salah satu elemen penting dari sebuah website bisnis dan bisa dijadikan sebagai alat strategi pemasaran produk bisnis.
Dengan menambahkan testimoni produk yang Anda jual, website bisnis Anda akan semakin terlihat profesional dan kredible, sehingga dapat lebih meyakinkan pengunjung untuk memilih produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
Tapi mungkin masih ada yang belum mengetahuinya, nah dalam artikel ini kami akan membahas lebih lengkap tentang apa itu testimoni dan apa saja manfaat testimoni bagi perkembangan bisnis Anda.
Table of Contents
Ketika dalam kegiatan pemasaran atau promosi, testimoni adalah suatu bentuk pernyataan atau pesan yang diberikan konsumen kepada Anda atas hasil percobaan produk, apakah mereka puas atau kecewa atas produk atau jasa yang sudah mereka beli.
Adapun contoh testimoni yaitu, ketika seseorang ingin membeli produk baju di suatu toko online atau marketplace. Selama melakukan transaksi, komunikasi, pembayaran, hingga barang tiba di tempat konsumen ternyata berjalan dengan lancar, terlebih lagi konsumen merasa puas akan barang yang Anda kirim.
Beberapa waktu kemudian, konsumen tersebut mengirimkan pesan kepada penjual lalu membagikan pengalamannya bahwa mereka puas atas kualitas dan pelayanan yang diberikan penjual. Nah, dari pesan tersebutlah yang dapat dikatakan sebagai contoh testimoni.
Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis
Nyatanya ada beberapa konsumen yang masih merasa ragu atas produk yang belum pernah mereka beli atau gunakan sebelumnya. Seperti pada produk kesehatan, kecantikan, dan lainnya.
Nah, setiap pebisnis tentu menyadari hal tersebut, maka itulah mengapa pebisnis akan menempatkan testimoni positif dari pengguna di halaman sosial medianya. Agar pernyataan yang diberikan oleh konsumen tersebut mampu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan lain atas produk yang Anda dijual.
Ada baiknya Anda mengetahui apa saja manfaat dari contoh testimoni bagi perkembangan bisnis Anda, berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaatnya yaitu:
Dengan memanfaatkan testimoni pada rencana strategi bisnis Anda tentu dapat membangun kepercayaan konsumen. Ini akan terjadi saat pelanggan memberikan pernyataan positif tentang produk atau pelayanan yang telah mereka terima.
Selain itu, konsumen tersebut tentu akan memberi tahu pengunjung lainnya di situs web Anda bahwa konsumen tersebut memiliki pengalaman positif atas produk Anda. Nilai reputasi bisnis Anda akan semakin baik di mata calon konsumen lainnya.
Dengan adanya pembuktian produk yang positif diberikan pelanggan Anda, tentu dapat memberikan efek yang sangat besar dalam strategi pemasaran bagi produk Anda, baik bagi strategi pemasaran produk kerajinan Anda, atau produk yang lainnnya.
Anda dapat memanfaatkannya sebagai media iklan dengan cara mengiklankan lewat story atau status di berbagai media sosial Anda seperti instagram, facebook, email dan lainnya.
Ada dua jenis testimoni produk yang diberikan pelanggan kepada penjualannya yaitu bagus dan buruk. Namun sebagai pebisnis Anda harus menyikapi hal tersebut dengan bijak. Sebab adanya pembuktian yang buruk bukan berarti produk dan pelayanan Anda benar-benar buruk.
Maka dari itu, cobalah untuk mengevaluasi produk dan pelayanan Anda lagi, di mana letak kekurangannya dan perbaikilah. Biasanya pembeli yang merasa kurang puas akan produk Anda juga akan memberikan informasi terkait apa saja yang haru Anda perbaiki.
Sudah menjadi salah satu dasar manusia jika mereka di apresiasi atas tindakan yang mereka lakukan, tentu akan merasa senang. Dengan meminta testimoni kepada pelanggan dan mengunggahnya ke sosial media atau ke situs jual beli Anda adalah salah satu bentuk apresiasi kepada mereka.
Sebab dengan begitu konsumen Anda akan merasa di hargai, sehingga dengan begitu mereka akan menjadi loyal kepada Anda, dan kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian berulang kali.
[elementor-template id="26379"]
Menanyakan langsung kepada pelanggan mengenai kepuasan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan merupakan cara yang cukup banyak digunakan pebisnis lainnya. Sebab cara ini sangat mudah dan praktis untuk dilakukan. Anda juga dapat meminta pelanggan untuk mengisi survey melalui email, dan Anda juga bisa lakukan dengan menelepon secara langsung.
Namun agar tidak menggangu kenyamanan pelanggan, Anda juga harus memperhatikan waktu yang tepat ketika ingin meminta survey dan juga ketika ingin meneleponnya. Sebab dialog yang dilakukan secara langsung akan sangat memungkinkan Anda untuk mendapatkan ulasan yang jujur dari pelanggan.
Selain itu Anda dapat mengarahkan konsumen ke media sosial atau alamat web bisnis Anda untuk memberikan testimoni online mereka.
Pembuktian produk bukan hanya dibuat untuk membuat ulasan positif terhadap usaha Anda karena terkadang konsumen juga tidak segan memberikan ulasan yang negatif mengenai produk Anda.
Segala sesuatu memang tidak terlepas dari baik dan buruk sehingga Anda tidak perlu terlalu mengkhawatirkan hal tersebut. Sebab apabila konsumen memberikan ulasan negatif kepada Anda, tentu hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai bahan evaluasi sehingga dapat meningkatkan kualitas usaha Anda.
Sebagian konsumen tentu sangat suka untuk memberikan pengalaman pembelian produk belanja onlinenya di sosial medianya masing-masing. Maka untuk itu Anda sebagai pebisnis tentu sangat memerlukan media sosial online yang terkenal untuk bisa mendapatkan dan mengumpulkan lebih banyak bukti percobaan produk dari konsumen Anda.
Dengan begitu proses pemasaran Anda juga akan menjadi lebih murah bahkan gratis apabila Anda mampu untuk membangun interaksi yang baik dengan konsumen Anda.
Setiap kepuasan yang dikirimkan oleh konsumen kepada Anda tentu memiliki dampak yang besar dalam hal pemasaran. Maka dari itu sangat disarankan untuk bisa menghargai pembuktian produk dari pelanggan.
Anda dapat memberikan bentuk penghargaan tersebut berupa bonus atau hadiah kepada konsumen yang mampu memberikan hasil pembuktian produk secara jujur.
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa testimoni produk adalah suatu bentuk kesaksian yang dilakukan oleh konsumen yang sudah merasa puas atau kecewa atas produk atau jasa yang sudah mereka beli.
Jadi, jika pembuktian positif memiliki peran yang besar untuk kegiatan pemasaran, maka testimoni negatif pun berperan dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas suatu produk dari perusahaan.
Oleh karena itu, testimoni harus bisa Anda dapatkan dan Anda sikapi dengan baik untuk bisa meraih tujuan utama perusahaan Anda. Bukan hanya testimoni saja yang harus Anda perhatikan, Anda juga harus melakukan manajemen keuangan dan manajemen persediaan dengan baik.
Nah, untuk memudahkan Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Harmony.
Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah untuk digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Bukan hanya itu, tersedia juga 20+ laporan keuangan realtime untuk Anda.
Ingin mencoba Harmony? Silahkan daftar Gratis 30 Hari di sini. Info selengkapnya, Anda juga bisa mengikuti akun media sosial Harmony lewat Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.