Didalam suatu perusahaan atau para pelaku bisnis menerapkan komunikasi adalah hal terpenting antara satu sama lain baik itu secara verbal atau non verbal. Dengan komunikasi yang baik dan strategi yang bagus, maka hubungan yang tercipta dapat digunakan untuk menyelesaikan segala permasalahan bisnis yang ada. Komunikasi juga memiliki tujuan dalam memberikan informasi, memberikan persusasi, dan lainnya.
Mungkin Anda sering menemukan pebisnis dalam melakukan strategi dengan mengunakan komunikasi verbal. Namun Anda juga bisa menggunakan komunikasi non verbal ketika melakukan sebuah strategi pemasaran.
Contohnya, ketika Anda melakukan startegi pemasaran produk makanan, dimana pada saat melakukan sebuah review terhadap produk makanan kepada pelanggan, dari komunikasi non verbal Anda dapat melihat ekspresi pelanggan apakah menyukai produk makanan Anda atau tidak.
Komunikasi juga mempunyai peranan penting bagi setiap perusahaan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya.
Umumnya komunikasi itu sendiri adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak ke pihak lain untuk mencapai kesamaan makna pesan. Apabila komunikasi verbal tidak efektif maka komunikasi non verbal digunakan untuk mendukung suatu interaksi dalam proses komunikasi.
Table of Contents
Menurut wikipedia komunikasi adalah suatu proses ketika seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain.
Komunikasi dibagi menjadi 2 jenis, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non verbal. Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang dilakukan secara lisan maupun tertulis, sedangkan komunikasi non verbal adalah jenis komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, tetapi melakukannya dengan menggunakan ekspresi wajah, gerakan tangan, intonasi suara dan kecepatan berbicara.
Kedua jenis komunikasi ini selain digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dapat digunakan juga dalam melakukan strategi ukm dalam melakukan berbagai kegiatan pemasaran.
Komunikasi non verbal juga memiliki fungsi sebagai repetisi yang mana bisa mengulang kembali pesan yang disampaikan secara verbal. Seorang komunikator dapat memberikan isyarat dengan bahasa tubuh atau dengan simbol lain untuk memberikan informasi ulang yang sekiranya belum dipahami oleh si komunikan atau penerima pesan. Sehingga informasi tersebut dapat sampai kepada komunikan dan benar-benar bisa dipahami.
Baca Juga : 7 Strategi Pemasaran Rumah Makan Secara Online
Berikut beberapa jenis komunikasi non verbal yang dapat Anda temui dan sering Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari :
Jenis komunikasi non verbal ini merupakan jenis komunikasi yang paling umum digunakan. Bahkan, tidak jarang kita sudah mengetahui informasi yang akan disampaikan lawan bicara, bahkan sebelum ia berbicara, hanya dengan melihat ekspresi wajahnya. Sebagai contoh, satu senyuman atau ekspresi sedih saja sudah dapat memberikan informasi yang cukup banyak dari lawan bicara bahkan rekan kerja Anda.
Komunikasi non verbal juga dapat Anda manfaatkan dalam melakukan strategi pemasaran produk Anda, dengan memperlihatkan ekspresi wajah yang yakin terhadap produk yang Anda pasarkan, maka para konsumen juga akan percaya terhadap produk yang Anda jual.
Jenis komunikasi non verbal ini merupakan hal yang sering Anda lakukan dalam lingkungan sekitar bahkan dalam lingkungan kerja Anda. Contoh komunikasi nonverbal menggunakan gestur adalah menunjuk, melambaikan tangan, dan lainnya. Bahkan, ini bisa menjadi penolong saat komunikasi verbal tidak bisa dilakukan. Sebagai contoh, saat Anda pergi ke luar negeri dan tidak mengerti bahasa yang diucapkan oleh lawan bicara, maka kita bisa menyampaikannya dengan gestur tubuh yang mudah untuk dipahami.
Dari sentuhan yang kita terima atau berikan ke orang lain, berbagai informasi bisa tersampaikan. Sentuhan menunjukkan keramahan, ajakan, atau bahkan tanda bahaya.Dalam kehidupan sehari-hari contoh komunikasi nonverbal menggunakan sentuhan adalah berjabat tangan atau menepuk lengan maupun bahu.
Jenis komunikasi ini mungkin sering Anda perhatikan ketika seseorang sedang berkomunikasi dengan Anda. Dengan komunikasi suara Anda dapat melihat apa yang sedang lawan bicara Anda alami. Aspek non verbal ini memberikan konteks pada kata yang diucapkan. Misalnya, volume suara yang tinggi biasanya digunakan untuk menyampaikan hal yang emosional. Lalu volume suara yang kecil biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu hal kabar duka yang sedang terjadi.
Yang
dimaksud dari jenis proxemik ini adalah mengacu pada jarak dan tempat saat
melakukan interaksi dengan orang lain. Terdapat 3 zona dalam melakukan
ineteraksi yaitu, zona publik, zonal personal, dan zona intim.
Apabila semakin jauh atau dekat jarak antara Anda dengan lawan bicara, maka
interaksi yang berlangsung pun akan berbeda.
Artifak
merupakan komunikasi non verbal yang ditunjukan dalam suatu benda, objek atau
gambar. Benda atau gambar tersebut yang disebuat sebagai artifak.
Contoh komunikasi ini adalah ketika Anda sedang memasang foto profil di sosial
media Anda. Foto tersebut telah memberikan informasi kepada orang lain mengenai
siapa Anda. Seperti contoh lain adalah seragam. Pada saat Anda melihat
seseorang menggunakan seragam polisi, tentara, atau jas dokter, Anda bisa
dengan mudah mengetahui pekerjaan orang tersebut. Jenis penyampaian ini juga
termasuk suatu bentuk komunikasi non verbal.
Baca Juga: Langkah-Langkah Dalam Menentukan Segmen Pasar Untuk Bisnis Anda
[elementor-template id="26379"]
Berikut beberapa manfaat yang terdapat dalam komunikasi non verbal yaitu :
Ketika seseorang dapat belajar membaca pesan-pesan non verbal yang di sampaikan oleh orang lain, maka orang tersebut akan mengerti dan mengetahui sikap seseorang tersebut. seperti contoh, ketika para karyawan sedang merasa kecewa maka bisa dilihat dari menurunnya semangat kerja karyawan tersebut, dapat dilihat dari ketidak fokusan dalam menyelesaikan pekerjaan dan sering tidak hadir.
Pada saat memperhatikan komunikasi non verbal, seseorang dapat mengetahui kecurangan atau kejujuran orang tersebut. Sebab sudah tidak heran bila seseorang lebih percaya pada pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi non verbal dari pada pesan-pesan yang disampaikan melalui komunikasi verbal. Sebab orang yang sedang melakukan kecurangan dapat menutupinya dengan berbagai argument dan dengan komunikasi verbal yang diucapkannya, tetapi ia tidak dapat menutupi gerak-gerik tubuhnya yang gelisah dan ekspresi wajahnya yang terlihat ketika sedang melakukan komunikasi non verbal
Dalam komunikasi non verbal memberikan penekanan khusus dalam mengatur pesan yang ingin disampaikan, sehingga dapat terjadi kesamaan pada saat mengungkapkan pesan yang disampaikan secara variabel.
Seperti contoh, Ketika sedang melakukan sebuah meeting atau rapat, lalu seseorang ingin memberikan tanggapan terhadap pembahasan yang sedang dibahas dalam rapat tersebut, maka seorang yang ingin memberikan tanggapan akan mengangkat tangannya ke atas sebagai tanda kesopanan untuk masuk dalam pembicaraan meeting tersebut.
Sudah dijelaskan diatas mengenai apa saja yang terdapat dalam komunikasi non verbal. Setiap bisnis harus memiliki strategi komunikasi bisnis yang efektif dan baik yang diterapkan untuk setiap anggota karyawan Anda. Dalam pembukuan misalnya, Anda harus memetakan dan memberikan komunikasi yang jelas tentang hak akses laporan keuangan dan proses pencatatan pembukuan bisnis. Jika hal tersebut tidak dilakukan, tentunya laporan keuangan Anda bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
Maka dari itu, Anda juga harus memerlukan sebuah pembukuan yang memiliki keamanan yang terjamin dengan mengunakanlah aplikasi yang berbasis cloud. Tujuannya adalah agar bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa batasan waktu, serta datanya tersimpan aman dan tidak digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
Seperti halnya dengan menggunakan sebuah aplikasi software akuntansi harmony. Gunakan Harmony dalam mengelola keuangan bisnis makanan sehat Anda. Dengan menggunakan Harmony, Anda dapat memonitor laporan keuangan Anda kapan saja dan dimana saja karena Harmony menggunakan teknologi cloud.
Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa Anda gunakan untuk memonitor keuangan perusahaan Anda. Dengan menggunakan Harmony, pengelolaan keuangan jadi lebih mudah sehingga Anda bisa lebih fokus dalam pemasaran, produksi dan pengembangan usaha. Mau menggunakan Harmony? Anda dapat mendaftar GRATIS 30 hari disini.
Harmony juga menyediakan jasa akuntansi jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres, Anda dapat menggunakan Harmony Accounting Service.
Untuk Anda yang ingin mendapatkan tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya? Kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.