Harmony » Blog » 

Pentingnya Insurable Interest Dalam Asuransi Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 15, 2021

Kepentingan yang diasuransikan atau insurable interest adalah metode asuransi dengan perlindungan akan kehilangan finansial. Insurable interest adalah bentuk kepedulian seseorang yang menerima manfaat dan memperoleh rasa aman bagi dirinya maupun keluarganya.

Asuransi banyak diidam-idamkan untuk menjamin kehidupan di masa datang. Sebut saja asuransi kesehatan yang berfungsi mengcover sebagian biaya berobat ataupun ketika terjadi kecelakaan.

Karena itulah, asuransi diibaratkan sebagai pengaman dari berbagai masalah. Sebelum Anda berminat membuka asuransi, ketahui salah satu prinsipnya yaitu insurable interest.

Sederhananya insurable interest adalah jaminan ketergantungan finansial kepada tertanggung.Click to Tweet

Di samping itu insurable interest menjadi syarat penting untuk mengambil keputusan asuransi, supaya pemegang polis terlindungi dari kejadian yang mengancam keselamatan dirinya. Apabila tidak memiliki polis asuransi, maka saat Anda mengalami kecelakaan finansial tidak ada jaminan keamanan dari asuransi.

Contoh Insurable Interest

Sederhananya insurable interest adalah jaminan ketergantungan finansial kepada tertanggung. Contoh insurable test saat penerima manfaat (keluarga) memperoleh keuntungan apabila yang tertanggung dalam asuransi masih hidup. Sebaliknya apabila tertanggung meninggal dunia, penerima manfaat akan kehilangan sumber finansial.

Contoh Insurable Interest

Bila diumpamakan dalam sebuah keluarga, Bapak berperan sebagai tertanggung dan pemegang polis sementara ibu menjadi penerima manfaat. Karena terdapat hubungan keluarga maka prinsip insurable test dapat dianggap sebuah kewajaran, artinya hanya orang-orang yang memiliki hubungan keluarga yang didaftarkan sebagai penerima manfaat.

Contoh insurable interest dalam dunia investasi, diperankan oleh seorang Chief Executive Officer (CEO) yang memilih insurable test untuk bisnisnya. Contoh lain yang lebih mudah dimengerti antara lain seorang atlet bola voli yang mengasuransikan tangannya sebagai aset penting.

Singkatnya bagi individu atau perseroan yang berpikir panjang tentang asetnya, pasti memilih asuransi dengan metode insurable test. Potensi kehilangan atau kerusakan itulah yang dijamin oleh asuransi. Karena itu perusahaan asuransi membuat banyak kebijakan untuk mengcover aset nasabah, seperti kendaraan, jiwa, kesehatan, properti, hingga disposable income.

Contoh insurable interest dalam property adalah asuransi rumah. Pemilik rumah mempunyai kepentingan yang dapat diasuransikan (insurable interest) atas rumahnya bila sewaktu-waktu terjadi kebakaran, gempa bumi, ataupun kehilangan yang bersifat destruktif. Karena kehilangan rumah akan menjadi kerugian besar, maka pemilih rumah mengasuransikan kemungkinan kejadian yang tak terduga.

Namun pemilik rumah tidak dapat membeli asuransi rumah orang lain, seseorang hanya dapat mengasuransikan rumah miliknya. Karena akan timbul permasalahan besar, seperti kesengajaan untuk merusak. Bahaya inilah yang membuat perusahaan asuransi selektif dalam membuat kebijakan.

[elementor-template id="26379"]

Insurable Risk

Insurable risk atau resiko yang dapat diasuransikan merupakan bagian dari insurable interest (kepentingan yang diasuransikan). Resiko yang dapat diasuransikan hanya resiko murni. Artinya jika tidak terjadi resiko murni, maka tidak ada kerugian yang ditimbulkan. Contoh insurable risk antara lain kebakaran property, kecelakaan finansial, pailit, dan lainnya.

Asuransi menawarkan sistem pembayaran berupa uang kartal, maka nilai sentimental dalam resiko dinyatakan dalam nilai uang. Namun resiko dalam insurable risk harus homogen, terjadi secara tidak sengaja, serta tidak bertentangan dengan hukum. Ketika resiko terjadi, maka pemilik polis memiliki insurable interest.

Selain itu premi asuransi ditetapkan dalam nominal yang wajar sesuai dampak dari kerugian. Bila resiko memiliki kemungkinan kerugian yang besar, maka premi juga besar. Peraturan yang sudah disepakati hendaknya ditepati atau asuransi tidak akan dibayarkan.

Untuk membantu Anda mencatat premi asuransi dalam laporan keuangan gunakanlah software akuntansi Harmony. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat di manapun dan kapanpun sesuai kemauan Anda.

Software Akuntansi Harmony hadir dengan inovasi fitur dan modul akuntansi yang sistematis untuk menyederhanakan tugas tim administrasi dan mendukung kinerja perusahaan yang lebih efisien. Harmony merupakan software akuntansi berbasis cloud atau online yang dapat Anda gunakan dengan praktis. Sistem ini juga didukung dengan 400+ fitur akuntansi lengkap yang mudah untuk digunakan walau tidak memiliki background akuntansi sekalipun. Maka pencatatan transaksi seperti penjualan produk atau jasa melalui invoice, pembelian barang, stok barang, rekonsiliasi bank otomatis dan lainnya akan lebih mudah bagi Anda.

Jadi, tunggu apalagi cobalah Harmony GRATIS 30 hari di sini. Cek juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk update penawaran spesial lainnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram