Harmony Blog

Pentingnya Anggaran Produksi dan Cara Menyusunnya

Diposting Sep 2nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Anggaran ProduksiPin

Pernahkah Anda menyusun anggaran produksi dalam bisnis? Jika belum, maka Anda bisa memahami dahulu terkait anggaran produksi melalui artikel ini.

Memiliki anggaran produksi akan membantu Anda lebih mudah mengukur seberapa besar biaya yang dikeluarkan atas kegiatan produksi.Click to Tweet

Seperti pada konsep dasar akuntansi bahwa anggaran produksi adalah dasar pembuatan anggaran biaya produksi yang nantinya harus diukur secara penjualan, persediaan, dan rencana kegiatannya.

Selain itu tujuannya anggaran produksi adalah untuk memperkirakan dana terutama pengeluaran yang digunakan untuk mendukung pencapaian usaha.

Mengenal Anggaran Produksi

Mengapa bagi perusahaan anggaran biaya produksi itu sangat penting? Salah satunya karena perusahaan ingin menjual produknya dengan lancar dan menguntungkan. Maka jumlah produk serta rencana waktu harus disesuaikan dengan anggaran manajemen, agar nantinya usaha Anda bisa menghasilkan produksi yang efektif dan efisien.

Pengertian anggaran produksiPin

Ada beberapa kondisi yang terjadi dalam pengaturan produksi dan waktunya, misalnya jika pebisnis memproduksi barang dengan jumlah yang kecil maka kelancaran produksi akan terganggu. Sedangkan jika produksi dalam jumlah yang besar akan membuat persediaan tersimpan lebih lama dan menambah resiko kerusakan.

Dengan kondisi tersebut, perusahaan perlu memproduksi barang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Cara menghitung yang paling mudah adalah dengan melihat rencana jumlah penjualan dan persediaan akhir periode.

Di mana hal ini berguna untuk memastikan ketersediaan barang di tahun selanjutnya. Di sisi lain anggaran produksi adalah sebuah rencana usaha dalam menghasilkan produk, dengan jumlah dan keperluan yang sesuai dengan pertimbangan jumlah persediaan akhir dan awal secara periode tertentu.

Sebagai kesimpulannya anggaran produksi adalah suatu anggaran kegiatan produksi dalam membuat produk, sehingga nantinya kegiatan produksi tersebut bisa dijadwalkan.

Baca Juga : Full Costing dan Variable Costing, Simak Kelebihan dan Perbedaannya

Apa Saja Manfaat Anggaran Produksi?

Adanya anggaran biaya produksi dalam suatu usaha sangat membantu dalam mengkoordinasikan pekerjaan, mengarahkan pekerjaan, dan mengelola pekerjaan produksi.

Maka dari itu pemimpin tim produksi di semua tingkatan harus dapat bekerja sesuai anggaran produksi mereka. Selain itu, anggaran produksi dapat sangat membantu dalam memfasilitasi penjualan bisnis Anda, serta mempertahankan tingkat persediaan, dan mengelola operasi manufaktur Anda.

Sehingga pada dasarnya fungsi anggaran produksi ini adalah untuk mengarahkan pekerjaan, mengkoordinasikan pekerjaan, dan mengawasi pekerjaan. Sedangkan manfaat anggaran produksi yang bisa Anda rasakan adalah:

  • Mendukung kegiatan penjualan dan memungkinkan pengiriman produk pada waktu yang telah ditentukan.
  • Pertahankan tingkat persediaan yang sesuai, dengan cara memastikan bahwa persediaan tidak terlalu besar atau terlalu rendah.
  • Mengorganisir serta meminimalisir kegiatan produksi.

Apa Saja Pengaruh Dalam Anggaran Produksi?

Dalam menghitung anggaran biaya produksi harus sesuai dengan penentuan anggaran penjualannya, seperti anggaran penggunaan bahan, pembelian bahan, biaya upah, biaya tenaga kerja langsung, serta biaya overhead.

Keseluruhan rencana dan penjadwalan produksi adalah tugas pabrik, di mana hal ini menyangkut penentuan jumlah barang yang diproduksi dan juga penentuan pada waktu produksi.

Baca Juga: 10 Tahap Siklus Akuntansi Yang Wajib Anda Pahami

Oleh karena itu terdapat beberapa penyebab yang mempengaruhi pembuatan anggaran biaya produksi adalah:

  1. Merencanakan penjualan yang sudah termasuk pada catatan anggaran penjualan
  2. Jumlah kapasitas mesin dan peralatan yang sudah tersedia
  3. Tenaga kerja langsung
  4. Bahan baku
  5. Modal kerja yang bekerja dalam produksi saat ini.

Manfaat anggaran produksiPin

Pahami Keuntungan Menggunakan Anggaran Produksi

Berikut ini ada empat keuntungan jika Anda menggunakan metode anggaran produksi yaitu:

  • Mencapai tingkat keuntungan tertentu, seperti jumlah produksi yang dihasilkan dalam setengah tahun supaya bisa mencapai keuntungan berdasarkan persentase tertentu.
  • Untuk menguasai pasar tertentu, supaya kegiatan hasil perusahaan masih memiliki pangsa pasar.
  • Supaya perusahaan industri ini bekerja secara efisiensi dan maksimal.
  • Agar bisa mempertahankan dan juga mengusahakan supaya pekerjaan dan juga kesempatan kerja yang sudah tersedia bisa semakin berkembang lagi.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Metode & Cara Menyusun Anggaran Produksi?

Berikut ini ada beberapa metode yang bisa digunakan dalam membuat contoh anggaran produksi yaitu:

  1. Produksi Stabil

    Dalam metode ini merupakan sebuah metode di mana perusahaan sudah menetapkan volume produksi yang tetap setiap bulannya, cara ini dipakai oleh manajemen karena dapat memberikan kestabilan produksi. Sehingga untuk membuat contoh anggaran produksi harus disusun sesuai dengan stabilitas produksi.

    Baca Juga: Pengertian Chart Of Account Dan Jenis-Jenisnya Dalam Perusahaan

  2. Persediaan Stabil

    Kemudian pada metode ini merupakan metode produksi yang menentukan volume persediaan secara tetap setiap bulannya, terkecuali dalam bulan tertentu. Namun untuk memakai metode ini akan membuat produksi menjadi tidak stabil.

  3. Kombinasi (Fleksibel)

    Terakhir pada metode ini merupakan metode produksi dengan penentuan volume produksi yang berubah setiap bulannya, sehingga metode ini akan memberikan hasil volume persediaan dan produksi menjadi meningkat dan tidak stabil.

    Adapun contoh anggaran produksi yang disusun dengan rumus biaya produksi yakni:

    Menyusun anggaran produksiPin

Apa Saja Contoh Faktor Internal dan Eksternal?

Berikut adalah dua faktor yang harus dapat diketahui supaya Anda tidak mengalami kegagalan dalam membuat anggaran produksi yakni:

  1. Faktor Internal

    Untuk membuat anggaran internal ini ditentukan oleh perusahaan yang memiliki pengaruh besar dan dapat menentukan kelangsungan hidup usaha itu sendiri.

    Selain itu contoh faktor ini juga diketahui dari kebijakan penjualan tahun lalu, harga jual, syarat pembayaran produk, seberapa banyak tenaga kerja, modal, fasilitas dan sebagainya.

  2. Faktor Eksternal

    Namun pada faktor eksternal ini pembuatan anggaran harus melihat luar lingkup suatu usaha, di mana contohnya yaitu persaingan, melihat tingkat pendapatan masyarakat, perkembangan masyarakat, agama, adat, serta kebijakan lingkungan setempat, kebijakan pemerintah dan perekonomian.

Itulah ulasan mengenai anggaran produksi serta keuntungan dan faktornya yang mempengaruhi. Kebijakan anggaran ini menjadi salah satu kunci keberhasilan usaha terutama pada produksi Anda.

Penting bagi Anda untuk memastikan biaya produksi dikeluarkan secara efektif. Jangan biarkan staff finance Anda mengalami kerepotan dengan pencatatan biaya atau data keuangan bisnis melalui kertas atau spreadsheet yang menyita waktu dan tenaga.

Gunakan Software Akuntansi Harmony untuk pembukuan usaha yang lebih modern, praktis, dan akurat. Pembuatan laporan keuangan berjalan otomatis, dalam hitungan detik. Dilengkapi fitur smart invoice, rekonsiliasi bank otomatis, manajemen stok, dan laporan keuangan lainnya.

Kalau ada software akuntansi yang sistematis dan minim kesalahan, kenapa harus mengandalkan pembukuan manual? Buktikan kecanggihan Software Akuntansi Harmony sekarang untuk bisnis Anda. Klik tautan ini untuk FREE Trial 30 hari.

Dapatkan juga info selengkapnya mengenai fitur-fitur dan update aktivitas Harmony, dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook hari ini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!