Harmony Blog

Pengertian Rekonsiliasi? Pebisnis Perlu Tahu Secara Lengkap Serta Manfaatnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Banyak sebagian pebisnis membuat bank accoount dengan mengatas namakan perusahaan. Yang berfungsi menyimpan uang dan mengontrol transaksi keuangan atau jual beli yang dilakukan untuk mengendalikan segala arus kas di perusahaannya, atau disebut sebagai pengertian rekonsiliasi bank.

Keberhasilan sebuah usaha berkaitan erat dengan bagaimana cara Anda dalam mengelelola sebuah akuntansi keuangan perusahaan. Maka untuk memudahkan dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda harus mengetahui terlebih dulu dasar akuntansi agar dapat melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan, dan setelah itu Anda dapat melakukan sebuah rekosiliasi.

Bank sangat dibutuhkan bukan hanya untuk kebutuhan individu namun juga untuk aktivitas bisnis perusahaan. Dan hampir semua perusahaan menggunakan jasa bank untuk kegiatan bisnis mereka.

Namun dengan adanya bantuan bank, maka kas perusahaan bisa terjamin keamanannya, dan dapat membantu dalam proses penerimaan dana dari klien hingga memperoleh modal kerja melalui hutang. Bagi perusahaan yang memiliki akun bank pasti sudah akrab dengan istilah rekonsiliasi bank.

Dalam sebuah rekonsiliasi, dapat memudahkan Anda dalam melakukan proses pencocokan data atau pencatatan yang terjadi dalam sebuah keuangan perusahaan.

Untuk memudahkan Anda dalam mengetahui pengertian rekonsiliasi bank, berikut pengertian rekonsiliasi , apa saja manfaat dan tujuan yang terdapat dalam sebuah rekonsiliasi dan tujuan yang terdapat dalam sebuah rekonsiliasi.

Pengertian Rekonsiliasi

Rekonsiliasi bank adalah sebuah rangkaian catatan informasi keuangan yang di mana menjelaskan tentang perbedaan sebuah kas. Dan membahas tentang mengenai perbedaan antara catatan bank dengan catatan kas nasabah atau perusahaan.

Dalam melakukan rekonsiliasi bank, pihak perusahaan perlu memeriksa masing-masing dari catatan buku besar keuangan tersebut untuk dilihat dimana letak transaksi yang membuat saldonya berbeda.

Pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan membandingkan jurnal penerimaan dan pengeluaran kas dengan rekening koran yang diberikan bank. Saldo yang tertera pada masing-masing laporan akan dicek berdasarkan bukti transaksi yang ada, seperti bukti setoran ke bank serta bukti penerimaan dan pengeluaran kas.

Tujuan rekonsilasi ini adalah untuk memeriksa apakah dalam melakukan sebuah transaksi terdapat kesalahan pencatatan antara pihak bank dengan pihak perusahaan.

Fungsi Rekonsiliasi Bank

Selain pengertian rekonsiliasi yang sudah di bahas di atas. Adapun fungsi rekonsiliasi yang dapat Anda ketahui. Berikut fungsinya :

• Fungsi dari pengertian rekonsiliasi bank adalah untuk mengetahui berapa jumlah nominal selisih saldo yang di miliki antara saldo perusahaan maupun bank. Dan rekonsiliasi bank juga dapat digunakan dalam sebuah akuntansi keuangan daerah dan akuntansi keuangan perusahaan.

• Dapat mengetahui atau mendeteksi kecurangan akuntansi.

• Dapat digunakan sebagai bahan dalam memeriksa kesalahan pencatatan yang dilakukan oleh pegawai keuangan perusahaan.

• Berfungsi sebagai alat dalam mengawasi pengelolaan kas perusahaan. Sebab hal ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan saat ini, yang kemudian berpengaruh juga pada kegiatan operasional dan proses pengambilan keputusan.

• Fungsi rekonsiliasi adalah dapat melakukan pemeriksaan ganda terhadap laporan keuangan perusahaan dengan adanya perbandingan laporan dari pihak bank tentunya dapat mengantisipasi human error yang terjadi. Terjadinya hal tersebut, bisa saja dalam proses pencatatan secara manual ada transaksi yang belum dimasukkan, atau kesalahan dalam memasukkan jumlah nominal.

Komponen Rekonsiliasi Bank

Berikut dibawah ini terdapat beberapa komponen yang muncul ketika melakukan sebuah rekonsiliasi bank, yaitu :

Deposit in Transit (Setoran dalam Proses)

Makna dari komponen ini adalah, uang tunai dan cek yang telah diterima dan dicatat oleh suatu perusahaan, tetapi belum tercatat dalam catatan bank tempat perusahaan menyimpan dana.

Namun apabila hal seperti ini terjadi pada akhir bulan, maka setoran tidak akan muncul dalam laporan bank. Dan selain itu, ada juga perusahaan yang mengirimkan setoran namun setoran itu tertunda atau pun perusahaan belum mengirim deposit ke bank sama sekali, hal ini sudah termaksud dalam sebuah komponen deposit in transit ( setoran dalam proses )

Outstanding Check (Cek Beredar)

komponen kedua dari pengertian rekonsiliasi adalah outstanding cheak. Dalam komponen ini disebut juga dengan cek beredar, yang artinya  merupakan cek yang telah dicatat oleh perusahaan, tetapi belum dapat dicairkan. Dan apabila cek tersebut belum diselesaikan maka tidak akan muncul pada laporan bank.

Non Sufficient Fund Check (Cek Kosong)

Komponen ketiga dari pengertian rekonsiliasi adalah non sufficient fund check. Yang dimana dalam komponen rekonsiliasi bank disebut sebagai cek kosong, dimana pada cek tersebut tidak diterima oleh bank karena dana di dalam rekening perusahaan tidak mencukupi. Namun apabila hal ini terjadi, bank tetap mengizinkan pencairan dan mengurangi rekening perusahaan. Dan bagi perusahaan sendiri akan dimintai bayaran untuk proses pencairan.

Baca Juga : Pengertian Lengkap Debit dan Kredit dalam Akuntansi

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat Rekonsiliasi Bank

Selain kompunen, adapun manfaat yang terdapat dalam pengertian rekonsiliasi ini. Berikut manfaatnya :

Manfaat yang di dapat dari pengertian rekonsiliasi bank adalah sangat membantu perusahaan dalam memperlancar transaksi penerimaan dan pengeluaran kas, maka tidak dipungkiri perusahaan bukan hanya mempunyai kas kecil di sebuah berangkas perusahaan, melainkan memiliki sebuah kas di bank.

Namun jenis kas perusahaan yang disimpan di bank yaitu dalam bentuk giro maupun bilyet, kas ini dipakai untuk pembayaran yang jumlahnya besar dengan menggunakan check. Dan dengan adanya rekening di bank menjadi sarana menyimpan uang dan bertransaksi yang aman dan praktis.

Apabila ada pembayaran besar ke supplier, Anda tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak menuju tempat supplier, cukup dengan memberikan check kepada supplier tersebut, begitu pula sebaliknya maka Anda akan menerima uang tersebut. Dan oleh sebab itu perusahaan harus mengendalikan kas dengan membuat rekonsiliasi bank.

Rekonsiliasi bank merupakan proses penting yang harus dijalankan oleh setiap perusahaan. Namun bukan hanya meminimalisir kesalahan pembukuan dan mendeteksi penipuan, rekonsiliasi berguna untuk meningkatkan efisiensi departemen keuangan anda saat menjalankan pekerjaannya.

Dan setelah memahami pengertian rekonsiliasi bank, Anda perlu menerapkan prosesnya dalam sebuah perusahaan Anda. Dan proses rekonsiliasi bank bukan merupakan hal yang sulit. Hanya dibutuhkan ketelitian dan kecermatan agar tidak ada yang terlewat dari pemeriksaan.

Namun tentu saja proses yang panjang ini akan menyita banyak waktu. Anda tidak perlu khawatir, kini Anda tidak perlu lagi repot ketika berurusan dengan rekonsiliasi bank. Anda dapat menggunakan sebuah Software Akuntansi Harmony.

Sebab Software Akuntansi Harmony yang dapat Anda gunakan dalam proses rekonsiliasi bank pada transaksi perusahaan Anda. Untuk menikmati benefit tersebut Anda cukup mendaftarkan diri Anda dan dapatkan 30 Hari Gratis penggunaannya disini. Dan bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam seputar dunia bisnis, keuangan, bahkan pajak. Anda dapat melihat seputaran terupdate Harmony melalui akun sosial media Facebook, Instagram, dan Linkedin Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony