Harmony Blog

Pengertian Dasar Kewirausahaan yang Harus Anda Ketahui

Diposting Sep 21st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

WirausahaPin

Belakangan ini banyak orang yang mulai tertarik dengan dunia wirausaha. Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses, memang tidak mudah. Anda yang ingin menekuni dunia tersebut, tentunya harus memahami berbagai macam hal yang berhubungan dengan kewirausahaan tersebut.

Menjadi wirausaha sukses adalah impian semua orang, namun butuh konsep yang matang dan tekun dalam menjalankannyaClick to Tweet

Ulasan kali ini, akan membahas tentang berbagai macam hal, yang berhubungan dengan dunia kewirausahaan, yang perlu Anda pahami dengan baik.

Tentang Karakteristik Wirausaha

Hal pertama yang sebaiknya Anda perhatikan, tentang dunia usaha adalah, karakteristik wirausaha. Adapun karakteristik wirausaha adalah, tentang perilaku, etika bisnis, tindakan, sikap, diri dari seseorang, guna membuat serta mewujudkan usaha secara inovatif. Berikut adalah beberapa karakteristik dari seorang wirausahawan tersebut, antara lain :

  1. Jujur

    Kejujuran adalah hal yang paling penting, untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Apalagi, ketika Anda jadi pemimpin dari usaha tersebut.

  2. Disiplin

    Seseorang yang ingin jadi seorang wirausahawan, harus menjunjung kedisiplinan yang tinggi. Ini adalah modal utama, yang mampu menggerakkan semangat dan motivasi, dalam menjalankan usaha, agar kelak mencapai target yang diinginkan.

  3. Kreatif dan Inovatif

    Harus mempunyai kreatifitas dan juga inovasi, juga termasuk dalam karakteristik wirausaha. Dengan adanya kreativitas, akan memungkinkan Anda menciptakan berbagai hal secara berbeda. Apalagi jika ditunjang dengan inovasi, pastinya usaha tersebut akan menarik minat para pelanggan.

    Kreatif dan inovatifPin

  4. Komitmen Tinggi

    Seorang wirausahawan, juga harus mempunyai komitmen yang baik. Dengan adanya komitmen yang tinggi, dan juga memegang teguh prinsip usaha yang ada. Maka usaha tersebut akan terus berkembang dan mencapai kesuksesan.

  5. Mandiri serta Realistis

    Karakteristik wirausaha lainnya adalah mandiri dan juga realistis. Mengingat seorang wirausahawan harus mampu mengambil keputusan secara cepat, terutama tentang berbagai macam hal yang berhubungan langsung dengan usaha yang tengah digeluti.

  6. Mempunyai Keterampilan Personal

    Hal lainnya yang jangan lupa Anda persiapkan, sebagai karakteristik wirausaha adalah, mempunyai keterampilan personal. Sebagai seorang wirausaha, diharapkan Anda mampu mencari, serta memanfaatkan setiap peluang yang ada. Juga mampu berkomunikasi, dan mampu bekerja sama dengan berbagai macam pihak, agar kelak dapat memberikan keuntungan untuk usaha yang sedang dijalani.

Bagaimana Cara Memaksimalkan Keuntungan Wirausaha?

Pastinya banyak dari Anda yang bertanya-tanya, bagaimana cara memaksimalkan keuntungan wirausaha yang sedang dijalankan saat ini. Adapun jawaban untuk memaksimalkan keuntungan wirausaha adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut :

  1. Meningkatkan Jumlah Produksi

    Cara memaksimalkan keuntungan dalam sebuah usaha yang pertama adalah dengan meningkatkan jumlah produksi. Tapi tentu saja, Anda harus melakukan beberapa analisa terlebih dahulu. Mulai dari data pasar, analisa keuangan, dan yang lainnya, karena ini ada hubunganya dengan efektivitas kegiatan bisnis, dan keuntungan yang akan didapat kelak.

    Meningkatkan jumlah produksiPin

  2. Mengelola Iklan Dan Kegiatan Promosi

    Untuk Anda yang pemula, ada baiknya jika memfokuskan diri, pada target pasar seara spesifik, ketimbang membuat promosi ke masyarakat umum. Anda sebaiknya mengetahui secara lebih detail, tentang target pasar tersebut, entah itu tentang golongan kelas, jenis kelamin, hobby dan yang lainnya. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui biaya promosi yang akan dikeluarkan. Ini juga yang secara tidak langsung membuat biaya promosi jadi lebih murah.

  3. Memanfaatkan Teknologi Yang Ada Guna Memangkas Biaya Produksi

    Dalam hal ini, Anda dapat menciptakan atau bahkan mendesain ulang, tentang proses produksi yang ada, dengan menggunakan bantuan teknologi, seperti dari robot, atau menggunakan teknik komputerisasi. Secara tidak langsung hal ini akan menekan biaya operasional karyawan.

    Apalagi jaman sekarang, Anda tidak perlu repot lagi dalam mencatat biaya yang terjadi untuk produksi. Kini sudah ada pembukuan berbasis teknologi yang akan bantu Anda untuk mencatat semua transaksi dengan mudah dan cepat. Seluruh laporan keuangan bisnis pun sudah bisa disajikan realtime. Sehingga menganalisa biaya akan jauh lebih praktis.

  4. Memanfaatkan Efek Viral Dari Sebuah Brand Awareness

    Adapun dampak dari brand awareness ini sendiri, membuat biaya marketing jadi lebih murah. karena pada dasarnya masyarakat sudah mengenal brand yang dimaksud.

  5. Menciptakan Konten Marketing

    Saat ini, konsumen sudah mulai pandai dalam mencari informasi tentang suatu produk. Dengan menciptakan dan membuat sebuah konten marketing yang tepat. Sedikit banyak akan membantu para konsumen, mengenal dan mengetahui lebih dalam tentang produk Anda.

  6. Menjaga Cash Flow

    Jangan lupa untuk membuat catatan keuangan secara detail dan baik, karena hal seperti ini akan membantu Anda dalam mengumpulkan analisis yang lebih dalam tentang usaha yang sedang dijalankan, apakah untung atau tidak.

    Baca Juga : Sistem Bagi Hasil, Apa Saja Jenis dan Keuntungannya?

  7. Meningkatkan Kualitas Produk

    Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah, meningkatkan kualitas produk atau jasa yang diberikan. Agar masyarakat atau konsumen puas, menggunakan produk atau jasa tersebut.

Apa Penyebab Wirausaha Mengalami Kegagalan?

Ada kesuksesan, pasti ada kegagalan. Ini adalah suatu hal yang pastinya tidak dapat dikesampingkan. Banyak pengusaha yang mulai mengantisipasi kegagalan. Namun yang banyak orang abaikan adalah apa penyebab wirausaha mengalami kegagalan.

Penyebab wirausaha mengalami kegagalanPin

Dengan mengenal hal-hal seperti ini, sedikit banyak, Anda jadi belajar dan mau memperbaiki kesalahan yang ada, agar kegagalan tersebut tidak terjadi lagi. Adapun penyebab kegagalan itu sendiri adalah :

  • Tidak Berkompeten Dalam Sistem Manajerial

    Adapun penyebab wirausaha mengalami kegagalan yang pertama adalah, Anda tidak berkompeten, atau tidak mempunyai kemampuan serta pengetahuan dalam mengelola sebuah usaha.

  • Kurang Berpengalaman

    Adapun faktor kedua adalah belum berpengalaman, baik dalam kemampuan teknik, kemampuan dalam memvisualisasi usaha, dalam mengkoordinasi sesuatu, juga mengelola sumber daya manusia, dan bahkan mengintegrasikan perusahaan itu sendiri.

  • Kurang Handal Dalam Mengelola Keuangan

    Salah satu faktor yang cukup penting membuat seorang wirausahawan gagal adalah, tidak pandai dalam mengelola keuangan perusahaan atau bisnis yang ada, mengendalikan dan mengelola arus kas, mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat adalah hal yang penting. Karena jika terjadi kekeliruan dalam memelihara arus kas, akan menghambat operasional perusahaan, dan membuat perusahaan jadi tidak lancar.

  • Gagal Dalam Perencanaan

    Seperti diketahui bersama, perencanaan sendiri adalah titik awal dari sebuah kegiatan. Apabila Anda gagal dalam merencanakan sesuatu, sudah pasti dalam proses pelaksanaannya Anda akan mengalami kesulitan. Sehingga sangat diperlukan mental entrepreneur yang kuat dalam menjalani usaha.

  • Lokasi Usaha Yang Kurang Tepat

    Lokasi usaha yang kurang strategis juga cukup memberikan andil dalam keberhasilan sebuah usaha.

  • Kurangnya Pengawasan Peralatan

    Kurangnya pengawasan terhadap peralatan yang ada, akan membuat penggunaannya jadi kurang efektif dan maksimal.

  • Tidak Bersungguh-Sungguh Dalam Berwirausaha

    Banyak dari para calon usahawan yang bertindak setengah-setengah, ini juga yang membuat usaha jadi labil, dan akhirnya gagal.

  • Tidak Siap Terhadap Sistem Peralihan

    Seorang wirausaha yang kurang siap dalam menghadapi sebuah perubahan, membuat seseorang tersebut, gagal dalam menjalankan usaha tersebut.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tentang Karakter Yang Harus Dihindari, Oleh Seorang Wirausaha

Selain mengetahui tentang hal-hal yang dapat menyebabkan kegagalan bagi seorang wirausahawan. Anda juga perlu belajar dan mengetahui tentang beberapa karakter yang harus dihindari oleh seorang wirausahawan. Adapun karakter yang harus dihindari oleh seorang wirausaha adalah :

  • Terlambat

    Banyak sekali wirausahawan yang kurang fokus, sehingga tidak mampu bertindak sesuai momen yang ada. Hingga membuat dirinya selalu terlambat ketika mengambil momen yang seharusnya dirinya ambil sejak awal.

  • Terlalu Fokus Pada Peningkatan Keuntungan

    Yang namanya usaha, pasti ingin memperoleh keuntungan. Tapi ada kalanya, keuntungan yang akan didapat, tidak akan berlangsung seketika, dan baru akan diperoleh beberapa waktu kemudian. Misalnya saja Anda yang membuka warnet, dimana biaya yang akan dikeluarkan di awal, pastinya cukup besar, dan keuntungan baru akan diperoleh misalnya saja 7 hingga 8 bulan ke depan. Ini juga yang harus diperhatikan, terutama untuk memanage keuangan dan juga modal dengan baik.

  • Salah Memperlakukan Klien

    Semua tentu tahu, bahwa pembeli / pelanggan adalah raja. Apalagi ketika Anda bergerak dalam bisnis jasa. Jika ada saja layanan yang tidak disuka oleh pihak klien, pastinya akan membuat reputasi bisnis Anda jadi terganggu.

    Baca Juga : 5 Manfaat Analisis Kebutuhan Konsumen dalam Bisnis Anda

  • Tidak Mampu Memecahkan Masalahnya Sendiri

    Sebagai seorang wirausahawan, sebaiknya menguasai bidang usaha yang sedang dijalankan dengan baik. Jangan terlalu melimpahkan semua hal, termasuk keputusan pada orang lain. Sedikit banyak hal tersebut akan mempengaruhi usaha yang sedang dijalankan.

  • Tidak Menawarkan Ide Baru

    Adapun karakter yang harus dihindari oleh seorang wirausaha adalah tidak mampu menawarkan ide –ide baru. Sedikit banyak menghambat kelancaran bisnis atau usaha yang sedang dijalankan.

Mengenal Jenis-Jenis Wirausaha Yang Populer Di Indonesia

Apabila Anda sudah mulai mengenal tentang karakter seorang wirausahawan, baik yang sebaiknya dilakukan atau yang sebaiknya tidak dilakukan. Maka berikut ini, Anda sebaiknya mempelajari tentang jenis-jenis wirausaha dan contohnya yang populer di Indonesia, antara lain :

  1. Usaha ritel

    Usaha ritel ini termasuk jenis-jenis wirausaha yang tidak ada matinya. Dimana usaha tersebut, disebut sebagai penjualan eceran, yang dilakukan secara langsung pada konsumen. Termasuk jenis usaha yang minim resiko, karena pesaingnya hanya sebatas antar peritel saja. Salah satu jenis usaha ritel yang cukup populer saat ini adalah jaringan minimarket.

  2. Startupbisnis

    Dengan adanya jaringan internet yang makin kuat belakangan ini, muncul jenis usaha baru, yang bernama startup digital. Ini adalah salah satu metoda yang banyak digunakan oleh para pelaku usaha, baik skala rumahan, hingga skala perusahaan. Salah satu jenis usaha yang cukup populer adalah, adanya transportasi online.

  3. Usaha di bidang kuliner

    Termasuk salah satu jenis usaha yang cukup diminati, karena terbilang cukup mudah, dan juga diminati banyak orang. Apalagi jenis masakan atau makanan yang ditawarkan terbilang enak dan juga unik.

    Usaha di bidang kulinerPin

  4. Usaha kecil di bidang jasa

    Ada juga usaha kecil di bidang jasa yang saat ini mulai dicari dan digunakan oleh para pelanggan, seperti jasa pembuatan SEO, jasa desain grafis, dan yang lainnya.

  5. Usaha agrobisnis

    Usaha agrobisnis seperti ini mungkin tidak terlalu terkenal di kalangan umum. Namun di sebagian kalangan, terutama kalangan makanan organik, ini termasuk salah satu industri atau usaha yang cukup menjanjikan.

Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pengambilan Resiko Dalam Wirausaha

Segala sesuatu pasti ada resikonya. Demikian pula ketika Anda sedang menjalankan sebuah bisnis. Jadi bisa dibilang tugas pengambilan resiko dalam wirausaha adalah hal yang lumrah untuk dilakukan. Tapi tentu saja pengambilan resiko tersebut bukan semata-mata dilakukan begitu saja.

Tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan, dipertimbangkan dan diperhitungkan dengan baik. Sebaiknya pengambilan resiko dalam wirausaha jangan terlalu tinggi, dan jangan pula terlalu rendah. Karena pada dasarnya, seorang wirausaha yang sukses, pastinya harus menjauhi resiko yang tinggi, serta menghindari resiko yang lebih rendah. Karena secara tidak langsung tidak akan ada tantangan.

Dalam proses pengambilan resiko, biasanya para wisatawan akan memperhitungkan keputusan yang diambil secara matang. Hal ini berkaitan erat dengan kepercayaan diri dari pihak usahawan tersebut.

Semakin besar rasa percaya diri yang dimiliki, maka semakin besar pula keyakinan akan hasil dan keputusan yang diambil. Ini yang kelak membuat orang tersebut mampu dan siap mencoba apapun, yang menurut orang lain adalah sebuah resiko.

Tentang Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Nasional

Pastinya peran wirausaha dalam perekonomian nasional sangat penting, baik secara eksternal dan juga internal. Jika dilihat secara ekstern, maka wirausahawan tersebut, mampu jadi seseorang yang menyediakan lapangan pekerjaan, bagi para pencari kerja. Tentunya dengan adanya lapangan pekerjaan tersebut, membuat jumlah pengangguran secara nasional akan berkurang.

Sedangkan jika dilihat secara internal, seorang wirausahawan dapat mengurangi ketergantungan terhadap orang lain. Selain itu dengan membuka usaha sendiri, juga mampu meningkatkan rasa percaya diri, bahkan mampu meningkatkan daya beli pada para pelaku usaha itu sendiri.

Jadi jika diambil kesimpulan secara singkat, peran wirausaha dalam perekonomian nasional ini, secara tidak langsung mampu menurunkan tingkat pengangguran yang ada. Hasilnya jumlah pendapatan perkapita dan juga daya beli masyarakat juga jadi meningkat.

Baca Juga : 7 Faktor Pengaruh Daya Beli Konsumen Terhadap Produk Anda

Dilihat dari skala yang lebih besar, pertumbuhan ekonomi dalam skala nasional, akan semakin baik. Nantinya hal seperti ini juga akan merambah pada turunnya tingkat kriminalitas, yang biasanya terjadi, karena tingginya angka pengangguran yang ada.

Pentingnya wirausaha harus membuat visi dan misi secara jelas, sebelum memulai usaha. Ulasan tentang seorang wirausaha harus membuat visi dan misi yang jelas, mungkin banyak diabaikan oleh banyak orang. Sebenarnya masalah seperti ini bisa saja diabaikan. Tapi untuk seseorang yang memang ingin menjadi seorang wirausahawan yang sukses, pastinya tidak akan mengabaikan masalah seperti ini.

Adapun alasan mengapa wirausaha harus membuat visi dan misi ketika hendak memulai usaha, tidak lain adalah, untuk memberikan pernyataan dan pandangan jauh kedepan, tentang usaha atau bisnis yang sedang dirintis. Di dalamnya juga nanti akan tercantum, tentang apa saja tujuan yang ingin dicapai, apa yang diharapkan kedepannya.

Juga pastinya seorang wirausahawan harus mempunyai misi atau pernyataan, akan apa yang sebaiknya dikerjakan dalam usaha, guna mewujudkan visi, dan mencapai tujuan, serta alasan, kenapa usaha tersebut dibuat.

Secara tidak langsung hal ini juga akan jadi arah, dan juga batasan, akan proses untuk mencapai tujuan akhir. Jadi dari ulasan di atas, dapat disimpulkan, bahwa pembuatan visi dan misi, sebelum memulai usaha tentunya penting. Terutama untuk Anda yang memang serius untuk menjalankan bisnis atau usaha tersebut.

Tentang Ide Wirausaha

Dari ulasan di atas, sedikit banyak, kini Anda sudah paham, akan kewirausahaan. Lalu untuk aplikasinya, Anda harus mulai mencari ide wirausaha kreatif yang mungkin belum banyak orang jalankan. Salah satu cara untuk mencari dan menemukan ide yang tepat adalah dengan rajin berjalan-jalan ke sekitar rumah, atau mencari tahu hobby / kemampuan yang dimiliki.

Atau ide wirausaha juga bisa saja datang, dari tetangga yang memang mempunyai usaha, namun kurang paham bagaimana cara mengelola usaha tersebut. Apabila Anda pandai dalam membuat strategi usaha, maka ini akan jadi kesempatan menarik, sebelum akhirnya membuka usaha sendiri.

Pastikan Anda juga memperhatikan pencatatan keuangan bisnis, karena jika tidak dikelola dari awal memulai bisnis akan ada kesulitan di masa depan. Tidak perlu khawatir, saat ini teknologi akan bantu Anda dalam melakukan pembukuan.

Anda bisa menggunakan software seperti Harmony yang merupakan sebuah software akuntansi berbasis cloud. Semua transaksi bisa dikelola dengan mudah dan cepat. Sehingga laporan keuangan yang Anda inginkan bisa disediakan secara realtime.

Nah, kapan Anda ingin memulainya? Sudah ribuan pebisnis telah kami bantu untuk mendapatkan laporan keuangan yang rapi dan mudah walau tidak memiliki background akuntansi. Yuk, mulai daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Coba Gratis 30 hari di sini. Jangan lupa follow social media kami di Facebook, Instagram dan Linkedin.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK