Harmony Blog

Pelajari Ciri Ciri Advertisement, Komponen dan Contohnya

Diposting Agu 2nd, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Ciri Ciri AdvertisementPin

Dengan mengenal ciri ciri advertisement, sebagai pelaku UMKM Anda bisa lebih yakin untuk menggunakan strategi pemasaran produk yang tepat untuk bisnis Anda. Advertising atau advertisement adalah bagian penting dalam bisnis dan strategi pemasaran produk.

Advertising dibuat kreatif agar unik dan mempengaruhi calon pembeli yang potensial untuk memakai produk atau jasa tersebut.Click to Tweet

Contoh advertisement di masa saat ini, sudah sangat banyak dijumpai. Tonton saja video Youtube atau advertising di televisi. Hampir setiap hari selalu ada iklan atau advertising.

Pengertian Advertisement Adalah

Menurut kamus Cambridge, advertisement adalah suatu bentuk strategi pemasaran yang menampilkan video, teks, atau gambar untuk mempengaruhi atau membujuk orang lain agar mau menggunakan produk atau jasa.

Pengertian advertisementPin

Sama seperti sales yang membujuk calon pelanggan dengan komunikasi non verbal maupun verbal, maka advertisement adalah gambar, video, atau teks yang mewakili perusahaan untuk menginformasikan ke pelanggan tentang produk atau jasa.

Ciri Ciri Advertisement

Ada beberapa ciri ciri advertisement yang bisa dijumpai di pasar. Antara lain:

  1. Kreatif

    Ciri ciri advertisement adalah apa yang membedakannya dengan metode untuk membujuk klien dengan iklan. Pertama, ciri ciri advertisement adalah harus kreatif dan menampilkan sesuatu yang beda.

    Sehingga, calon pelanggan mudah mengingat atau mengenal produk dan jasa selama mungkin. Advertising dibuat kreatif agar unik dan mempengaruhi calon pembeli yang potensial untuk memakai produk tersebut.

  2. Menarik

    Seringkali dalam dunia advertising hanya butuh beberapa detik untuk menarik perhatian audiens. Karena itu, dalam poin kedua ini, ciri ciri advertisement adalah harus mampu menarik perhatian meski dalam hitungan detik.

    Terlebih lagi, untuk jenis advertising yang dipasang di pinggir jalan seperti baliho, banner, atau videotron. Agar catchy, ciri ciri advertisement adalah dibuat berukuran besar, headline menarik, dan warna yang mencolok.

    Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

  3. Gampang Diingat

    Selanjutnya, ciri ciri advertisement adalah mudah melekat dalam ingatan. Meliputi pemilihan font, headline, konten, serta nama produk menjadi satu bagian utuh advertising.

  4. Singkat Dan Sederhana

    Keempat, ciri ciri advertisement adalah short and simple. Advertising harus singkat, padat, dan jelas agar mudah dipahami audiens. Ada juga beberapa jenis advertising yang headlinenya sengaja dibuat teka-teki agar audiens penasaran dan menyimpulkan sendiri maknanya. Biasanya, advertising rokok banyak menerapkan ciri ciri advertisement ini.

Komponen Advertisement

Dalam penerapannya, advertising memiliki sejumlah komponen utama. Di antaranya:

  1. Headline (judul). Judul harus dibuat untuk menimbulkan daya tarik audiens untuk terus membaca informasi advertising yang dibuat. Contoh advertisement untuk headline/ judul: “Asam Lambung Sembuh, 100% Bahan Herbal Alami”.
  2. Sub-headline (sub-judul). Di bawah headline, bisa diselipkan sub-judul untuk mempertegas apa yang dimaksud dalam headline.

Contoh advertisement sub-headline, misalnya :

“Nikmati ngemil kue enak tanpa rasa bersalah” 🡪 Headline

“Pertama di Indonesia, cake gluten free jadi favorit selebritis”-🡪 sub-judul.

  • Body (isi iklan). Di dalam body advertising, bisa diinformasikan secara mendetail keuntungan, kandungan, atau pendapat, serta testimoni pengguna.
  • Call-to-action (ajakan bertindak). Dalam poin advertising ini, Anda bisa menambahkan tombol untuk mengajak audiens bertindak. Contoh advertisement dalam poin ini seperti tombol “Daftar sekarang”, “Beli sekarang”, “Amankan seat Anda”, dan sebagainya.

Contoh Advertisement

Kegiatan advertising dapat dikelompokkan menjadi: above the line, below the line, dan through the line advertising, menurut tingkat penerapannya.

  1. Above The Line

    Meliputi kegiatan advertising yang sebagian besar tidak ditargetkan dan memiliki jangkauan luas. Contoh advertisement adalah iklan TV, radio, dan surat kabar.

  2. Below The Line

    Advertising di bawah garis atau below the line meliputi kegiatan yang fokus pada konversi untuk menargetkan kelompok tertentu. Contoh advertisement adalah billboard, sponsorship, in-store advertising, dll.

  3. Through The Line

    Advertising mencakup kegiatan yang melibatkan penggunaan strategi membangun merek dan penjualan secara bersamaan. Contoh advertisement adalah iklan baris berbasis cookie, strategi pemasaran digital, dan lain-lain.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis Advertisement Adalah

Kegiatan advertising berdasarkan media iklan yang digunakan, antara lain:

  1. Iklan Cetak: Iklan koran, majalah, & brosur, dll.
  2. Broadcast Advertising: Iklan televisi dan radio.
  3. Iklan Luar Ruang: Spanduk, baliho, banner, dll.
  4. Periklanan Digital: Iklan yang ditampilkan melalui internet dan perangkat digital.
  5. Integrasi Produk/Merek: Penempatan produk di media hiburan seperti acara TV, video YouTube, dll.

Mana nih jenis advertising yang akan Anda terapkan untuk strategi pemasaran produk berikutnya? Jika sudah memilih, tentunya akan ada biaya yang timbul akibat advertising tersebut. Nah, untuk mempermudah dalam mencatat biaya tersebut agar terus mendukung strategi pemasaran, gunakanlah Software Akuntansi Harmony.

Software Akuntansi Harmony adalah solusi pembukuan bisnis modern, cepat, dan modern. Aplikasi Harmony didukung fitur yang lengkap dan canggih. Termasuk laporan stok barang, rekonsiliasi bank, pencatatan transaksi, smart invoicing, dan masih banyak lagi.

Yuk, mulai aja dulu FREE Trial selama 30 hari, klik tautan ini. Pelajari fitur-fitur selengkapnya dengan follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony sekarang.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony