Harmony Blog

Pay Later Menjadi Makin Populer, Pelajari Kelebihan dan Kekurangannya

Diposting Mei 4th, 2021
2

SHARES

PEMBACA

Pay LaterPin

Tampaknya, beberapa tahun terakhir sistem pembayaran pay later menjadi semakin populer. Terutama dalam bisnis online seperti e-commerce maupun marketplace. 

Jika pengguna ingin berbelanja barang namun belum memiliki uang yang cukup saat itu, maka bisa memakai metode pembayaran digital berupa pay later. Dengan kata lain, pay later adalah “beli sekarang, bayar nanti” dalam jangka waktu tertentu.

Pay later adalah metode pembayaran digital yang menganut sistem “beli sekarang, bayar nanti.Click to Tweet

Secara pengertian umum, pay later adalah metode pembayaran digital yang digunakan pada marketplace sebagai dana talangan. Pengguna akan dipinjami dana yang bisa dilunasi di kemudian hari sesuai kesepakatan (pay later). 

Bisa dikatakan pula bahwa pay later adalah sejenis dengan konsep belanja kredit, akan tetapi bedanya tidak perlu memakai kartu fisik. Cukup mendaftarkan keanggotaan di situs belanja online atau marketplace yang dipilih.

Selain itu, tak seperti uang kartal pada umumnya, pembayaran digital menggunakan dana talangan pada bisnis online menjadi solusi ideal di era modern. Meskipun terbilang mudah berhutang dan belanja dengan dana talangan ini kapan pun Anda mau, jangan sampai menguras disposable income, ya. Sebab, hal ini tentunya akan sangat merugikan kondisi ekonomi Anda dan keluarga nantinya.

Kelebihan Pay Later

Sudah disinggung sedikit di atas, kelebihan pay later adalah memudahkan para pengguna situs belanja online untuk membeli barang yang diinginkan kapan saja. Sebab, jika tidak ada uang untuk membayar, masih bisa memanfaatkan metode pembayaran digital pay later alias bayar nanti saja atau bulan depan.

Kelebihan pay laterPin

Selain itu, berikut adalah beberapa kelebihan dana talangan digital lainnya.

  1. Dapat Berbelanja Kebutuhan Pada Saat Mendesak

    Uang tabungan menipis, tetapi butuh membeli obat atau keperluan pribadi yang mendesak? Tenang saja, pay later adalah solusi ideal Anda. Cukup kunjungi situs bisnis online atau marketplace favorit Anda, klik beli dan ketika check-out pilih metode pembayaran digital berupa “pay later”.

    Nantinya, Anda akan dipinjami dana untuk membayar dengan lebih cepat dan praktis. Proses aktivasi Pay Later adalah 1×24 jam, bahkan hanya beberapa menit saja. Lebih cepat dan gampang daripada mengurus kartu kredit di bank-bank pada umumnya.

  2. Jangka Waktu Cicilan Fleksibel

    Untuk melunasi pembayaran dana talangan, tersedia pilihan tenor yang bervariasi. Jangka waktu cicilan ini dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan kemampuan Anda membayar. Sebagai contoh, ada beberapa situs bisnis online yang menyediakan tenor mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, bahkan 12 bulan.

    Perlu diingat, semakin cepat melunasi pinjaman dana dari metode pembayaran digital melalui dana talangan, Anda tentunya akan dikenakan bunga yang semakin ringan. Sebagai gambaran bunga yang dibebankan adalah 1% per 1 bulan.

  3. Tersedia Promo Menawan

    Jika Anda senang mendapatkan diskon potongan harga atau cashback, pay later adalah metode pembayaran digital yang cocok. Sebab, ada banyak situs bisnis online atau marketplace yang menawarkan promo seperti voucher diskon Rp 10 ribu, atau cashback hingga 95% bagi pengguna dana talangan digital. 

    Benar-benar memanjakan para shopaholic, kan? Maka itu, jangan lewatkan penggunaan dana talangan digital ini pada saat Anda berbelanja di marketplace favorit Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kekurangan Pay Later

  1. Bersifat Konsumtif

    Karena kemudahan dalam berbelanja, dana talagan digital ini bisa menyebabkan pengguna bersifat konsumtif dan berbelanja hal-hal yang tidak perlu. Apalagi, pengguna marketplace bisa mudah membeli barang kapan pun yang diinginkan, walau tidak memiliki uang.

  2. Menumpuk Beban Utang

    Perlu diingat, pay later adalah hutang yang wajib dibayar di kemudian hari sesuai masa jatuh tempo yang disepakati. Semakin sering memakai dana talangan, berarti hutang juga semakin menumpuk. Ditambah lagi, ada beban bunga per bulan yang harus dilunasi.

  3. Adanya Beban Bunga

    Perlu Anda perhatikan juga ketika menggunakan, di mana terdapat bunga atau denda yang diberlakukan jika Anda telat membayar tagihan. Maka, perlu mengatur dengan baik agar itu semua tidak terjadi. Risiko tersebut sangat lazim, karena sistem ini telah memudahkan Anda pada bagian awal dan perhitungan pembayaran terjadi di akhir periode. 

Tidak ada yang salah dengan teknologi pembayaran digital, pay later. Hanya saja, kuncinya adalah pengelolaan keuangan yang tepat agar Anda tidak boros dan tetap bijak dalam berbelanja atau membeli barang.

Maka itu, untuk mendukung pengelolaan keuangan dan pembukuan bisnis Anda, segera pakai Software Akuntansi Harmony. Fitur dan modul akuntansinya lengkap untuk membantu tim keuangan Anda menyelesaikan berbagai tugas inti. 

Termasuk pembuatan laporan keuangan, pengelolaan pajak dan utang-piutang, pengelolaan stok, hingga rekonsiliasi bank otomatis, serta masih banyak fitur fungsional lainnya.

Segera buktikan dan cobalah keunggulan aplikasi Harmony di sini tanpa dipungut biaya apapun alias GRATIS 30 Hari trial. Update  juga informasi dan wawasan Anda seputar finansial dengan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony setiap hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony