Harmony Blog

Pasar Monopsoni – Kenali Pengertian, Ciri dan Contohnya

Diupdate Feb 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pasar-Monopsoni-HarmonyPin

Di dalam konsep pasar, terdapat pendekatan dan perilaku yang menyebabkan terbentuk pasar monopsoni. Biasanya, pada beberapa daerah pelosok sangat jarang dibangun pabrik, sehingga praktik para monopsoni bisa terjadi.

Misalnya para petani dan pekebun pada akhirnya hanya bisa menjual hasil produksinya kepada satu pabrik itu saja. Adanya pasar monopsoni memang bermula karena faktor geografis. Namun, saat ini bentuk pasar monopsoni sudah sangat jarang dijumpai, khususnya di Indonesia.

Pada pasar monopsoni bisa diketahui bahwa bentuk pasar ini hanya ada satu pembeli saja yang bertindak sebagai pelaku usaha.

Praktik pasar monopsoni tergolong praktik pasar tidak bebas. Pengusaha bisa bebas menampung produk yang diinginkan tanpa ada persaingan sama sekali. Bahkan, perusahaan tidak memerlukan strategi pemasaran dan penjualan khusus, karena mau tidak mau para pemasok akan menyalurkan persediaan produk yang dimiliki.

Konsep pemasaran dan penjualan bisa dilakukan dengan sederhana, mengingat pemasok akan selalu menyalurkan persediaan, dan perusahaan menjadi satu-satunya produsen yang ada.

Pemerintah memberikan regulasi yang ketat untuk jenis pasar yang diizinkan di Indonesia. Selain itu, perkembangan teknologi di berbagai sektor menyebabkan persaingan mudah terjadi, bahkan tanpa peduli dengan letak geografis.

Apa Sih Pengertiannya?

Ditinjau dari praktiknya pengertian pasar monopsoni adalah suatu keadaan bagi perusahaan, bisnis, organisasi, atau individu untuk menguasai penerimaan pasokan atas persediaan, produk, maupun jasa dalam satu pasar komoditas.

Dari pengertian pasar monopsoni tersebut, maka bisa diketahui bahwa bentuk pasar ini hanya ada satu pembeli saja yang bertindak sebagai pelaku usaha.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Internasional dan Targetnya

Jika terjadi praktik pasar monopsoni, maka dipastikan dalam komoditas pasar tersebut terjadi persaingan yang tidak sempurna. Adanya praktik pasar monopsoni membuktikan bahwa dalam pasar komoditas tersebut belum terorganisir secara baik.

Contoh pasar monopsoni banyak dijumpai di beberapa daerah perkebunan dan industri hewan potong. Jika praktik pasar monopsoni terjadi, maka posisi tawar menawar harga bagi para petani bisa menjadi tidak wajar.

Di dalam pasar monopsoni hanya mempunyai satu pembeli dan beberapa penjual saja. Para pedagang pada pasar monopsoni hanya bisa bergantung pada satu pembeli.

Ciri Ciri Pasar Monopsoni

Praktik pasar monopsoni secara bertahap bisa berdampak pada praktik pasar monopoli. Maka dari itu, pemerintah mengatur praktik semacam ini dalam Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Bagi para pengusaha, sangat dianjurkan untuk mempraktikkan usaha yang sehat dengan pendekatan dan strategi pemasaran yang berorientasi terhadap kompetisi, baik strategi pemasaran langsung maupun tidak langsung. Berikut ini, beberapa ciri ciri pasar monopsoni yaitu:

• Hanya ada satu pembeli sehingga tidak memungkinkan terjadinya persaingan usaha.

• Pembeli adalah setter price yang artinya menentukan harga produk.sepenuhnya.

• Penjual hanya bertindak sebagai price taker, sehingga keuntungan yang diperoleh ditentukan oleh pembeli.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

• Umumnya, produk adalah bahan mentah seperti hasil perkebunan, pertanian, perikanan, dan peternakan.

• Produk cenderung beragam dan tidak homogen

• Sering terjadi perselisihan, khususnya karena faktor harga yang ditetapkan oleh pembeli.

• Kualitas barang terjamin asli dan umumnya masih segar atau baru.

• Sistem distribusi dan logistik berjalan dengan lancar.

Praktik pasar monopsoni saat ini telah diatur dengan baik oleh pemerintah. Namun, praktik jual beli seperti ini sudah sangat jarang karena cenderung tidak memberikan nilai keadilan.

Maka dari itu, sebaiknya Anda melakukan kegiatan jual beli di pasar sempurna dengan persaingan usaha yang sehat supaya bisa melahirkan keadilan bagi pihak pembeli dan penjual.

Dalam aktivitas bisnis dan jual beli, sangat penting bagi Anda untuk melakukan pencatatan keuangan yang teratur dan rapi. Anda memerlukan software akuntansi Harmony yang sangat membantu aktivitas manajerial keuangan usaha Anda. 

Software akuntansi Harmony bisa mempermudah proses akuntansi yang rumit. Anda juga bisa mencatat seluruh transaksi laporan keuangan dengan lebih cepat. Tertarik mencoba? Pas banget, klik di sini untuk coba GRATIS 30 Hari Software akuntansi Harmony.

Selain itu, untuk Anda yang juga ingin menerima laporan keuangan beres tanpa repot setiap bulannya bisa menggunakan jasa pembukuan Harmony Accounting Service. Untuk update info bisnis dan lainnya, Anda bisa langsung ikuti akun sosial media Harmony seperti  Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK