Apabila Anda seorang pebisnis yang sering mengecek email, tentu Anda tahu bahwa newsletter adalah salah satu alat yang sering digunakan oleh perusahaan untuk menjangkau pelanggannya.
Oleh karena itu salah satu rencana strategi pemasaran yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku bisnis adalah newsletter email. Strategi yang satu ini terbukti cukup menarik perhatian banyak pelanggan.
Sesuai dengan fungsinya, newsletter email ini memang tergolong ke dalam kategori email marketing atau email pemasaran. Selain itu jenis email newsletter ini juga banyak digunakan oleh brand ternama. Bukan hanya brand produk, tetapi juga brand jasa atau berita.
Table of Contents
Mungkin ada sebagian dari Anda belum memahami apa itu newsletter. Dapat diartikan bahwa newsletter artinya surat yang berisikan berita. Adapun menurut sendPluse, bahwa newsletter artinya sebuah email yang isinya bisa berupa pemberitahuan atau update dari perusahaan kepada pelanggan.
Adapun contoh newsletter yang sering Anda temui dalam pemberitahuan atau update tersebut bisa berupa artikel yang direkomendasikan dari blog perusahaan dan masih banyak lagi bisa disampaikan lewat media tersebut.
Jenis email ini juga diterima oleh pelanggan ketika mereka sudah mengikuti website Anda. Selain itu Anda juga bisa mengirim email promosi secara berkala ke akun-akun email pelanggan Anda.
Mereka yang mendapatkan informasi tersebut adalah orang-orang yang sudah mendaftarkan emailnya dan masuk ke dalam subscriber list, sehingga bisa mendapatkan informasi terbaru terkait dengan bisnis ataupun perusahaan Anda.
Baca Juga: Pentingnya Memahami Komunikasi Non Verbal Dalam Bisnis
Setelah Anda mengetahui apa itu newsletter, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaatnya.
Saat ini, koneksi merupakan apa yang diinginkan pelanggan dari brand dan bisnis yang mereka sukai. Calon konsumen memang dapat mengikuti Anda melalui sosial media, namun dengan menghubungi secara pribadi juga dapat membuat bisnis Anda lebih profesional dan personal.
Maka mengapa pelanggan ingin menerima newsletter? karena ketika newsletter dikirimkan, maka pelanggan dapat tetap terlibat dengan Anda. Manfaatkan newsletter sebagai sarana komunikasi Anda dengan pelanggan Anda.
Dengan adanya newsletter, Anda dapat mendorong penjualan Anda menjadi lebih diminati oleh calon pelanggan Anda. Ketika seorang pelanggan melihat jenis email ini, maka di situ Anda mempunyai kesempatan untuk memasarkan produk Anda, baik berupa pemasaran produk kerajinan dan lainnya.
Sebagian dari orang cenderung bersifat implusif, maka dengan Anda memberikan insentif berupa promosi atau kupon khusus, maka dapat membuat pembaca Anda menjadi langsung tertarik dan mengambil tindakan.
Apabila Anda ingin mengarahkan orang lebih banyak ke situs web Anda, tentu Anda harus bekerja aktif untuk menarik pengunjung Anda. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengirim newsletter.
Anda dapat mengundang calon konsumen, dorong mereka dengan memberikan konten yang bermanfaat secara rutin agar calon pelanggan datang ke situs web perusahaan Anda, mengakses konten, dan kemudian melakukan pembelian. Pastikan juga bahwa Anda menargetkan audiens yang tepat dan menyertakan cal to action (CTA) kepada pelanggan Anda.
Untuk menambah ketertarikan calon pelanggan Anda terhadap email yang Anda kirim, berikut di bawah ini akan memberitahu Anda bagaimana cara membuat newsletter Anda menjadi menarik minat pelanggan Anda.
Sebisa mungkin ketika Anda membuat email newsletter ini buatlah dengan tampilan yang rensponsif. Dengan begitu email Anda dapat dilihat dari berbagai devica dan resolusi layar ponsel, laptop dan lainnya.
Hal tersebut bukan hanya sekedar dapat dilihat saja, tetapi hal tersebut membuat tampilan email bisa tetap rapi dan tidak berantakan. Sehingga calon pelanggan pun dapat dengan nyaman untuk membaca email Anda.
Anda dapat menyusun kata-kata yang simpel dan unik dalam email Anda. Sebab banyak sesuatu yang berkaitan dengan email umumnya selalu serius. Apalagi hal-hal yang menyangkut pekerjaan. Maka dari itu jika Anda bisa membuat sebuah kata-kata ataupun kalimat yang unik, maka nantinya email yang Anda buat bisa lebih meninggalkan kesan ke penerima.
Selain itu bisa saja dengan kalimat atau kata-kata yang Anda sampaikan kepada mereka dapat membuat calon konsumen tertarik utuk mengunjungi website Anda.
Di zaman sekarang ini tampilan estetis bukan suatu hal yang tidak sering untuk kita temui dalam setiap blog. Maka dari itu, untuk mewujudkan email newsletter yang estetis, ada beberapa hal yang harus Anda terapkan. Misalnya seperti penggunaan skema warna yang sesuai dengan brand Anda. Hal ini tentu merupakan langkah temudah untuk menampilkan identitas brand ke dalam email.
Selain itu Anda juga dapat menggunakan bantuan ikon untuk mengurangi penggunaan teks di email Anda. Sebab ikon juga dapat memberikan sentuhan unik di email Anda.
Membuat konten yang beragam juga merupakan hal yang sangat penting untuk Anda terapkan dalam contoh newsletter Anda.
Oleh karena itu, buatlah beberapa macam jenis konten untuk email marketing Anda. Selain itu ketika Anda menjual produk ataupun jasa, Anda juga dapat memberikan beberapa opsi konten alternatif. Misalnya konten artikel berupa tips dan trik, inspirasi di balik bisnis, dan lainnya.
Baca Juga: Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
[elementor-template id="26379"]
Berikut di bawah ini terdapat penjelasan mengenai metrik yang menentukan keberhasilan email newsletter Anda secara keseluruhan.
Dengan memiliki banyaknya jumlah subscriber tentu otomatis menunjukkan bahwa orang yang menerima email Anda juga semakin banyak dan meningkat. Tentu hal ini menjadi suatu hal yang sangat baik bagi bisnis Anda, karena orang akan menjadi lebih tertarik dengan layanan dan produk yang Anda berikan pada calon pelanggan Anda.
Selanjutnya adalah Anda dapat melihat open rate pada email Anda. Sebab apabila semakin tinggi open rate yang Anda hasilkan maka semakin baik juga bisnis yang Anda jalankan.
Sebab open rate merupakan suatu gambaran dari jumlah orang yang membuka dan membaca email Anda. Hal tersebut juga dapat dikarenakan subjek dan preheader yang Anda pilih sudah cukup menarik, dan bisa juga karena ada faktor waktu pengiriman email yang tepat.
Salah satu tujuan Anda dalam membuat newsletter tentu ingin meningkatkan engagement dengan pelanggan Anda. Maka dari itu click through rate inilah indikator yang menentukan hal tersebut. Click through rate ini menggambarkan persentase orang yang mengklik isi email Anda, baik itu dalam mengunjungi satu artikel yang ditautkan ataupun bisa juga untuk lebih mengeksporasi website.
Menggunakan email newsletter dalam strategi pemasaran sangat efektif dalam menjalankan bisnis. Strategi lainnya yang juga bisa membuat bisnis berkembang dengan baik adalah mengelola keuangan usaha secara optimal.
Sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi agar keuangan usaha bisa dikelola dengan baik dan tanpa repot. Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony praktis dan mudah digunakan serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha.
Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.
Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.