Harmony Blog

Neraca Percobaan (Trial Balance) : Apa Artinya, Metode dan Contohnya

Diupdate Feb 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Neraca-Percobaan-HarmonyPin

Neraca percobaan adalah suatu alat yang sering dipergunakan dalam memeriksa kebenaran perdebetan atau pengkreditan di setiap transaksi yang dicatat pada buku besar.

Neraca percobaan dibuat untuk mengetahui keseimbangan antara jumlah debet dan kredit pada suatu perusahaan.

Sebab apabila ada terjadinya penyimpangan dari nilai yang diharapkan maka neraca percobaan akan membantu mendeteksi kesalahan dalam pelaksanaan akuntansi keuangan tersebut. Pengertian neraca percobaan disebut juga neraca saldo karena merupakan kumpulan dari saldo – saldo tiap tiap perkiraan yang ada dalam buku besar.

Namun untuk menyusun suatu laporan neraca adalah Anda harus terlebih dahulu menentukan setiap saldo perkiraan yang ada dalam buku besar perusahaan Anda. Buku besar adalah suatu buku yang berisikan tentang semua rekening-rekening (kumpulan rekening) yang ada pada laporan keuangan. Buku ini juga mencatat setiap perubahan yang terjadi pada masing-masing rekening dan pada akhir periode.

Apa Pengertian dari Neraca Percobaan?

Pengertian neraca percobaan atau trial balance adalah suatu laporan pembukuan atau akuntansi, di mana semua saldo pada akun buku besar organisasi terdaftar dalam kolom akun kredit dan debit terpisah.

Di mana saldo yang terdaftar dalam neraca adalah untuk mencapai nilai yang sama dalam total akun kredit dan debit. Neraca saldo ini bukanlah suatu laporan keuangan neraca, tetapi pengertian neraca percobaan atau neraca saldo ini adalah suatu hal yang terdiri dari informasi yang diperlukan untuk membuat 3 laporan keuangan utama.

Baca Juga: Mengenali Neraca Lajur untuk Laporan Keuangan Perusahaan

Apa saja Manfaat Neraca Percobaan?

a. Kemudahan Dalam Penyesuaian Posting

Laporan keuangan neraca percobaan yang sudah dihitung akan memberikan kenyamanan yang signifikan terkait keakuratan dari setiap hasil laporan keuangan neraca dan karenanya penyesuaian pasca trial balance (TB) dapat terpengaruh.

b. Mempermudah Dalam Melakukan Audit

Trial balance (TB) dapat memberikan daftar semua buku besar dengan saldo untuk tujuan mempermudah dalam melakukan audit. Contoh jika sifat akun adalah debit, tetapi memiliki saldo kredit, maka seluruh buku besar akan diperiksa.

c. Menunjukkan Kredibilitas

Neraca percobaan juga sering digunakan oleh Bank dan lembaga pemberi pinjaman dalam memahami kapasitas pinjaman bisnis dan kredibilitas.

Sebab sangat penting untuk memahami bahwa saldo percobaan yang dihitung tidak ada kesalahan. Namun apabila ada kesalahan offset, neraca percobaan akan menghitung.

Selain itu neraca percobaan juga dapat melacak ketidakakuratan matematis dari buku besar. Tetapi perlu Anda ketahui juga bahwa ada sejumlah kesalahan yang tidak dapat di deteksi oleh laporan ini yaitu:

Kesalahan yang dilakukan karena kelalaian: Transaksi tidak dimasukkan ke dalam sistem.

Kesalahan entri awal: Dalam transaksi entri ganda mencangkup semua jumlah yang salah di kedua sisi.

Kesalahan pembalikan: Pada saat melakukan transaksi entri ganda dimasukkan dalam jumlah yang benar, tetapi akun yang akan didebit dikreditkan dan akun yang dikreditkan di debit.

Kesalahan prinsip: Di mana dalam kesalahan ini melanggar pada prinsip dasar akuntansi. Seperti contoh, ketika jumlah yang dimasukan sesuai dan sudah benar, tetapi jenis akun yang dihasikan salah (seperti akun pengeluaran, bukan akun kewajiban)

Kesalahan komisi: kesalahan komisi biasanya akibat dari pengawasan

Metode Neraca Percobaan

1. Metode Total

Metode total atau bisa disebut sebagai metode neraca saldo kotor. Dengan melakukan metode ini, semua akun pada buku besar di jumlahkan dan total sisi debit dan kredit dibawa ke neraca saldo.

Dalam metode ini tentunya akan menghemat waktu karena waktu yang digunakan untuk menyeimbangkan akun disimpan dan setiap saldo percobaan dapat disiapkan ketika semua akun telah dijumlahkan.

Namun metode total ini tidak dipergunakan secara umum, dikarenakan tidak dapat membantu dalam penyusunan akun akhir.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

2. Metode Saldo

Metode saldo sering digunakan oleh setiap perusahaan, dikarenakan menyusun laporan neraca percobaan disusun berdasarkan saldo akun besar.

Seperti hal nya dengan metode neraca adalah hal yang pertama-tama dilakukan pada akun buku besar ialah penjumlahan dan juga diseimbangkan. Sehingga saldo yang dihasikan ditransfer ke neraca percobaan.

Dalam metode ini juga sering dikenal sebagai metode neraca saldo bersih. Tentunya di dalam metode ini saldo mengacu pada perbedaan total sisi debit dan kredit dari setiap akun buku besar.

Penyeimbangan akun buku besar menyiratkan penghitungan sisi debit dan kredit dari akun tertentu dengan menempatkan saldo di sisi di mana jumlahnya kurang.

3. Metode Total dan Saldo

Metode ini sering dikenal sebagai salah satu sebuah metode gabungan, sesuai dengan namanya, metode total dan saldo ini merupakan kombinasi dari dua metode yang dibahas di atas. Di dalam metode ini juga terdapat pernyataan berisi kolom untuk total maupun saldo.

Neraca percobaan merupakan salah satu langkah dari proses akuntansi, di mana ketika akun diposting di buku besar, pernyataan tersebut disiapkan untuk menunjukkan saldo debit dan kredit.

Hal tersebut disiapkan dengan mendaftar semua akun setelah itu memasukkannya ke kolam masing-masing, dan jumlah yang terdapat dalam debit dan kredit juga harus sesuai dengan neraca saldo.

Contoh Neraca Percobaan

Pada contoh neraca percobaan ini mencakup daftar semua total akun buku besar. Dalam contoh neraca percobaan ini harus terdapat nomor akun, deskripsi akun, dan saldo debit/kredit akhirnya.

Untuk lebih memahami contoh neraca percobaan, berikut akan diberikan contoh tabel neraca percobaan.

Perusahaan PT. Aji Jaya
Neraca Percobaan
20 Desember 2020

Contoh neraca percobaan harmonyPin

Meskipun penyusunan neraca percobaan bukanlah solusi satu-satunya untuk mendeteksi semua kesalahan akuntansi, namun hal ini merupakan salah satu langkah penting dalam proses akuntansi karena siklus akuntansi yang ada bergantung pada proses ini.

Untuk kemudahan Anda dalam pengelolaan proses keuangan menyeluruh dalam bisnis, Anda bisa menggunakan sistem akuntansi yang memiliki fitur lengkap, sudah terbukti dan teruji, salah satunya adalah software Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha seperti penghasilan dengan cepat dan tanpa repot. Harmony praktis dan mudah digunakan serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Segera daftarkan akun Anda dan buktikan manfaat fitur software Harmony secara GRATIS 30 Hari di sini.

Namun bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony