Metode Pencatatan Piutang Menggunakan Software Akuntansi
Harmony Blog
Accounting
Metode Pencatatan Piutang Menggunakan Software Akuntansi
August 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Para pebisnis masih banyak yang pusing ketika membuat laporan keuangan karena masih menggunakan cara manual. Misalnya, masih menggunakan buku, alat tulis, dan kalkulator untuk mencatat seluruh transaksi keuangan, termasuk metode pencatatan piutang. Padahal, teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat saat ini, sehingga metode pencatatan piutang tidak perlu lagi dilakukan secara manual.

Keadaan ini didukung dengan hadirnya berbagai software akuntansi yang sangat memudahkan untuk metode pencatatan piutang. Baik pencatatan piutang tak tertagih, penilaian piutang, pencatatan piutang wesel, dan sebagainya.

Metode pencatatan piutang secara terkomputerisasi dan otomatis, dapat meminimalisir kesalahan manual atau human error.

Segala bentuk laporan keuangan perusahaan termasuk berbagai jenis piutang perusahaan akan mudah direkam dengan adanya software akuntansi.

Pentingnya Software Akuntansi untuk Pencatatan Piutang

Metode pencatatan piutang yang dilakukan secara manual memang cukup merepotkan. Cara manual memiliki lebih banyak kekurangan, apalagi bagi bisnis yang sudah cukup berkembang.

Pencatatan dan penilaian piutang yang dilakukan secara manual belum lagi banyaknya pendapatan dan pengeluaran yang cukup banyak harus dicatat, akan membuat Anda semakin sulit dan menyita waktu Anda lebih banyak. Maka dari itu, sudah saatnya bagi Anda beralih untuk mulai menggunakan software akuntansi.

encatatan dan penilaian piutang yang dilakukan secara manual belum lagi banyaknya pendapatan dan pengeluaran yang cukup banyak harus dicatat, akan membuat Anda semakin sulit dan menyita waktu Anda lebih banyak. Maka dari itu, sudah saatnya bagi Anda beralih untuk mulai menggunakan software akuntansi.

Baca Juga : Perbedaan Biaya Tetap dan Biaya Variabel Yang Perlu Anda Tahu

custom-form-newsletter


Software akuntansi akan memberikan banyak manfaat bagi Anda terlepas dari metode pencatatan piutang, seperti pengalokasian kas kecil dan kas besar perusahaan, serta seluruh keperluan laporan keuangan perusahaan. Anda akan lebih mudah dalam menyusun laporan keuangan perusahaan yang akurat dengan efisien dan cepat.

Software akuntansi memberikan kecepatan dalam mendapatkan laporan keuangan karena laporan keuangan akan dihasilkan secara otomatis program pada komputer komputer. Selain itu, penggunaan software akuntansi memiliki tingkat ketepatan yang tinggi.

Software akuntansi mampu menghasilkan dan menampilkan lebih banyak data dengan mudah dan cepat sehingga efisiensi dapat tercapai dengan mudah. Dengan demikian, metode pencatatan piutang dengan software akuntansi terbukti jauh lebih efektif dibandingkan dengan metode manual.

Keunggulan Software Akuntansi dalam Pencatatan Piutang

Ketika Anda menggunakan metode pencatatan piutang menggunakan software akuntansi, maka Anda akan merasakan beberapa keunggulan yang dihasilkan, yaitu:

• Tidak perlu membuat dan menghafalkan rumus-rumus tertentu, namun hanya perlu menginput data transaksi melalui sistem software akuntansi.

• Tidak perlu melakukan pencatatan secara manual, namun seluruh proses pembukuan dapat dilakukan secara otomatis.

• Tidak butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan pembukuan karena proses pembukuan jauh lebih cepat sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

• Laporan keuangan termasuk pencatatan piutang dapat disajikan secara otomatis dan realtime.

• Kerangka kerja akuntansi untuk pencatatan piutang lebih efisien.

• Manajemen utang dan piutang menjadi lebih baik karena tersedia fitur pengingat.

• Meminimalisir terjadinya kesalahan dalam proses perhitungan piutang.

• Tidak harus mengulang proses dari awal ketika terjadi kesalahan, namun hanya perlu mengganti data yang salah.

• Pengorganisasian data-data transaksi keuangan dapat dilakukan dengan mudah.

Software Akuntansi Terbaik untuk Metode Pencatatan Piutang

Software akuntansi telah terbukti jauh lebih baik dibandingkan metode pencatatan piutang secara manual. Software akuntansi saat ini juga sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang user friendly. Namun, rekomendasi software akuntansi terbaik adalah Harmony.

Software Akuntansi Harmony akan memberikan kemudahan dalam pembuatan laporan keuangan bisnis yang lengkap dan secara instan. Mulai dari Neraca, Laba-Rugi, Perubahan Modal, Arus Kas, dan pencatatan piutang usaha, dan lainnya. Dengan menggunakan Software akuntansi Harmony, faktur dapat dibuat, dikirim, dan dikelola dengan lebih profesional.

Proses pencatatan piutang usaha hingga  umur piutang akan tercatat dengan rapi. Software Harmony akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam penilaian piutang dan pencatatan piutang wesel. Alasan lain bagi Anda untuk menggunakan software akuntansi Harmony adalah adanya fitur pengingat faktur, sehingga piutang sehingga pencatatan piutang tak tertagih dapat diminimalisir dan dihindari.

Selain itu, masih banyak fitur-fitur lain dari Software Harmony yang akan memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Yuk, dapatkan Software Harmony sekarang juga dengan cara klik link ini dan buktikan segala kemudahan fiturnya selama 30 Hari GRATIS!

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/