Harmony Blog

Mengetahui Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

blue ocean dan red oceanPin

Banyak sekali tiap perusahaan menggunakan metode strategi  untuk menyaingi pesaing nya di pasar, seperti menggunakan metode blue ocean dan red ocean. Dalam artikel kali ini kita akan mengetahui pengertian dan perbedaannya apa itu strategi blue ocean dan red ocean.

Salah satu kunci kesuksesan dalam dunia bisnis adalah strategi. Sebab strategi menjadi salah satu komponen terpenting yang harus dijalankan oleh perusahaan agar tujuan yang diinginkan tercapai. 

Persaingan bisnis diantara perusahaan sejenis semakin kompetitif dan semakin sengit. Persaingan diantara perusahaan-perusahaan tersebut muncul karena perusahaan-perusahaan tersebut berusaha untuk mencapai keunggulan kompetitif, dimana dalam keunggulan kompetitif ini perusahaan dapat merebut pangsa pasar atau konsumen dalam jumlah sebanyak-banyaknya dibandingkan  perusahaan lain, dengan kondisi demikian, profit yang diperoleh perusahaan pun juga semakin banyak.

Strategi blue ocean dan red ocean ini memiliki perbedaan dalam cara melakukan strateginya. Untuk mengetahui perbedaan dari strategi blue ocean dan red ocean, mari perhatikan penjelasan nya dibawah ini :

Pengertian Blue Ocean dan Red Ocean

Dalam dunia bisnis strategi blue ocean adalah sebuah strategi yang akan membantu bisnis yang Anda jalankan untuk melakukan sesuatu yang baru atau keluar dari samudera merah (blue ocean ) dengan cara membuat sesuatu yang sama sekali baru dan belum ada pesaing nya. Sehingga nantinya Anda diharapkan bisa menjalankan bisnis itu tanpa adanya persaingan.

Strategi blue ocean ini menjadi salah satu strategi yang paling populer di antara yang lain. Dalam strategu blue ocean , Anda harus menciptakan produk baru yang masih berkaitan dengan dunia industri yang Anda tekuni. Sebab Ini dilakukan untuk menghindari persaingan sengit dalam pangsa pasar yang sama.

Secara singkat, strategi ini mengajarkan Anda untuk menciptakan pangsa pasar baru yang belum diketahui oleh pesaing mana pun dan menghindari red ocean  yang sudah penuh dengan persaingan ketat antar perusahaan atau bisnis serupa yang lain.

Dengan menerapkan strategi blue ocean ini, Anda akan terhindar dari persaingan yang begitu banyak. Karena, Anda adalah orang pertama atau bahkan satu-satunya yang terjun dalam market space tersebut.

Namun, sebelum itu yang perlu Anda lakukan adalah dengan menciptakan sebuah inovasi atau mengembangkan kreativitas Anda sebagai pemilik usaha untuk membuat sebuah produk yang unik dan berbeda dari pesaing Anda yang lain dan melakukan sebuah konsep pemasaran yang sangat efektif.

Sedangkan strategi Red Ocean adalah sebuah keadaan atau kondisi di mana saat Anda menjalankan bisnis Anda bersaing dengan produk yang sama atau pasar yang sama dengan pebisnis lainnya.

Dalam menjalankan bisnis dengan kondisi seperti ini tentu akan banyak sekali pelaku bisnis yang akan melakukan persaingan dengan segala macam cara. Sudah pasti persaingan dalam bisnis seperti ini akan sangat sulit dan keras. Sebab dalam strategi ini tidak ada sistem untuk menciptakan strategi yang baru atau belum di ketahui oleh pesaing. Maka dari itu blue ocean dan red ocean memiliki strategi yang berbeda dalam cara memasarkan produk mereka.

Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean

Dalam kedua strategi blue ocean dan red ocen memiliki perbedaan dan cara tersendiri dalam melakukan strategi pasar mereka, berikut terdapat perbedaan blue ocean dan red ocean yang harus Anda ketahui dan dapat Anda pilih untuk menjadi sebuah strategi dalam memulai bisnsi Anda :

• Pertama, perbedaan blue ocean dan red ocen dapat dilihat dari cara melakukan strategi pemasaran. Dalam strategi blue ocen menciptakan sebuah strategi dan segmen pasar yang baru yaitu strategi yang belum ada dimiliki oleh pesaing lain, dan menciptakan inovasi yang baru dalam mengembangkan suatu bisnis. Sedangakan red ocean merupakan sebuah strategi yang sudah banyak di miliki oleh pesaing yang lainnya, atau disebut dengan bersaing dalam pasar yang sudah ada.

• Kedua, dilihat dari kompetisi dalam memasarkan produk, blue ocean menciptakan sebuah kompetisi yang tidak relevan sedangkan red ocean memerangi sebuah kompetisi yang dimana sudah memiliki banyak pesaing.

• Ketiga, perbedaan blue ocean dan red ocean adalah dilihat dari keseluruhan sistem kegiatannya. Blue ocean memadukan keseluruhan dari sistem kegiatan perusahaan dalam mengejar diferensiasi dan biaya rendah. Sedangkan red ocean memadukan keseluruhan sistem kegiatan pada perusahaan dengan pilihan strategi, yaitu diferensiasi atau biaya rendah.

Baca Juga : Apa Itu Marketing Communication? Berikut Pengertian Lengkapnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Blue ocean dan Red Ocean

Berikut yang perlu Anda ketahui contoh dari kedua strategi tersebut :

Contoh Blue Ocean

Sudah tidak asing lagi bukan, jika mendengar sebuah merek motor yamaha mio. Dalam perkembangannya diawal tahun 2000 perusahaan honda dengan motor bebeknya masih mendominasi di pangsa pasar kendaraan roda dua di Indonesia selama bertahun-tahun.  Namun hingga pada akhirnya perusahaan Yamaha mengunakan sebuah strategi blue ocean strategy dengan mengeluarkan motor jenis mio matic tahun 2003.

Dan pada pada saat perusahaan yamaha menggunakan strategi marketing blue ocean tersebut, maka jenis motor matik ini langsung booming menjadi primadona mampu menggeser pesaingan nya. sehingga pesaing nya perusahaan honda mengeluarkan motor jenis vario matik tahun 2006 untuk menjaga persaingan dengan perusahaan yamaha dengan mio matic nya.

Contoh Red Ocean

Contoh red ocean dapat dilihat dari pesawat air asia, melihat peluang bahwa penumpang pesawat terbang tidak membutuhkan makan dalam penerbangan jarak dekat, pemilihan tempat duduk di pesawat terbang, dan proses pembelian tiket yang berbelit-belit.

Karena yang penumpang butuhkan adalah ketepatan waktu dalam berangkat dan tibanya pesawat, proses pembelian tiket dengan mudah, dan dapat tempat duduk ketika mereka terbang.

Maka oleh karena itu, air asia keluar dari industri penerbangan pada umumnya yang di mana pada industri ini biasanya menawarkan kenyamanan seperti ekstra dan harga tiket yang sangat mahal.

Dan sekarang air asia hadir dengan pelayanan cukup prima dengan harga tiket yang murah dari pesaing yang memiliki kualitas kenyamanan dan harga yang sama. Air Asia bisa mematok harga 50% -80% lebih murah daripada pesaingnya, tepat waktu, serta proses pembelian tiket secara mudah cepat, dan aman lewat sistem online.

Dapat Anda lihat bahwa strategi blue ocean dan red ocean adalah hal yang paling penting dan sangat di perlukan dalam dunia bisnis, jika tidak ada sebuah strategi blue ocean dan red ocean dalam perusahaan, maka perusahaan tersebut tidak akan memiliki perkembangan yang maju.

Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis, pikirkan terlebih dahulu strategi apa yang ingin Anda terapkan dalam bisnis Anda, dan apakah strategi yang Anda lakukan mampu membuat perkembang bisnis Anda semakin maju atau tidak. Strategi dalam memilih sebuah pembukuan bagi perusahaan Anda juga sangat berpengaruh besar bagi bisnis Anda.

Pembukuan yang rapih dan tepat adalah salah satu alat yang dapat Anda gunakan dalam menentukan dan mengambil keputusan yang sangat berdampak bagi perusahaan Anda.

Maka dari itu gunakan sebuah aplikasi pembukuan seperti Software Akuntansi Harmony yang dapat membantu Anda dalam mengambil sebuah keputusan dan menghitung segala keuangan yang Anda miliki.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony