Apakah Anda tidak asing dengan sepenggal kalimat iklan “I’m lovin it!”, atau “Berbagi bersama di pizza hut”. Mayoritas masyarakat pasti mengenali nada dan kalimat iklan brand makanan cepat saji diatas.
Iklan tersebut merupakan contoh penerapan strategi pemasaran produk yang sukses lewat brand voice. Apa itu brand voice? bagaimana brand voice dapat mempengaruhi pertumbuhan bisnis?
Table of Contents
Brand voice adalah strategi pemasaran yang banyak digunakan perusahaan rintisan beberapa tahun belakang. Sebut saja beberapa aplikasi populer, seperti Netflix, spotify, Grammarly, hingga acara TV. Kini komunikasi brand ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari strategi marketing seperti iklan digital, laman social media dan komunikasi internal.
Sederhananya, brand voice adalah cara komunikasi non verbal sebuah brand kepada konsumen dengan kepribadian khasnya. Melalui beberapa kata yang didengar, konsumen dapat mengenali identitas suatu brand apakah mereka menawarkan bahan bangunan, makanan, atau jasa. Jadi, dapat dikatakan brand voice adalah faktor kunci untuk menarik perhatian konsumen. Komunikasi brand ini juga sebaiknya tidak terlalu berisik, namun tetap menonjolkan produk sehingga terbentuk hubungan kuat pada ingatan konsumen.
Contohnya pada iklan mie kuah pedas merk A, komunikasi brand ini terdengar semangat dan berapi-api. Sedangkan, pada iklan minuman soda cenderung terdengar santai dan melankolis, berkebalikan dengan iklan mie pedas. Ketika didengarkan sekilas, konsumen dapat menyimpulkan iklan pertama mempunyai rasa yang lebih kuat dan pedas. Sedangkan, iklan kedua adalah minuman ringan.
Dari contoh diatas, dapat disimpulkan branding adalah salah satu instrumen yang berperan menaikan jumlah pembelian, dalam hal ini diwakili oleh komunikasi non verbal.
Mengenalkan sebuah produk atau branding adalah ringkasan dari proses konsistensi dan pengulangan. Usahakan brand voice tidak banyak berubah sehingga audiens tidak sulit mengenali brand perusahaan. Kekonsistenan komunikasi bran ini dapat membawa brand awareness di kalangan konsumen.
Karena proses pembuatan komunikasi brand ini tidak instan, maka penting untuk mengevaluasi draft konten sebelum mulai diproses. Ketidakstabilan melakukan branding adalah tanda-tanda kesalahan strategi marketing, dan perlu diperbaiki dengan segera sebelum semua konsumen beralih ke produk saingan.
Menurut survey, 45% konsumen berhenti mengikuti konten branding yang tidak relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan mengupload berkas komunikasi brand yang kurang relevan, akan membuat konsumen berhenti melirik brand tersebut. Kembangkanlah variasi konten seperti video singkat ataupun gambar meme, namun jangan ubah gaya brand voice dan relevansi konten.
[elementor-template id="26379"]
Brand voice sebagai bagian dari strategi marketing harus mendeskripsikan kepribadian brand dengan jelas. Tentukanlah kepribadian terkuat yang dimiliki brand. Tanyakan pada berbagai orang, apa yang mereka pikirkan ketika mendengar komunikasi brand ini. Disamping itu pelajari konten brand lain yang sukses menggaet pasar, citra komunikasi apa yang mereka bangun dan bagaimana menerapkannya.
Untuk memudahkan proses pembuatan konten, buatlah tabel komunikasi brand dengan berbagai rincian. Seperti karakteristik brand, tone suara yang tepat, serta hal-hal yang tidak boleh dimasukan dalam konten seperti politik dan isu sara. Sesuaikan gaya penulisan konten dengan tone suara di semua social media.
Terakhir lakukan evaluasi dan assessment secara berkala untuk memperbaiki konten. Mungkinkah gaya bahasa penulisan kurang selaras dengan tone suara, atau desain yang terlalu monoton. Bahan evaluasi ini nantinya dapat dikembangkan supaya branding perusahaan tepat sasaran.
Selain mengevaluasi konten brand voice, jangan lupa evaluasi laporan pembukuan perusahaan tiap periode. Untuk membantu Anda memperbaiki pembukuan, pakai Software Akuntansi Harmony.
Software Akuntansi Harmony didukung modul akuntansi modern yang membantu tim keuangan Anda membuat laporan keuangan secara cepat, akurat, dan otomatis. Mudah digunakan dengan tampilan yang simpel namun fungsional agar dapat membuat laporan keuangan lebih rapi meski tanpa background accounting sekalipun.
Yuk, dapatkan Software Akuntansi Harmony sekarang juga dengan daftar akun di sini. Anda juga bisa menguji coba pakai GRATIS Software Akuntansi Harmony selama 30 Hari untuk membuktikan keunggulan fitur dan modul akuntansinya.
Info lebih lengkap dan penawaran menarik lainnya, jangan lupa follow akun media sosial kami, ya. Kunjungi akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info terupdate lainnya.