Mengenal Fungsi dan Karakteristik Manajemen Pemasaran Untuk Bisnis Anda
Harmony Blog
Marketing
Mengenal Fungsi dan Karakteristik Manajemen Pemasaran Untuk Bisnis Anda
October 15, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam dunia usaha salah satu kegiatan yang harus dilakukan yaitu pemasaran. Ketika membahas pemasaran pasti membutuhkan manajemen yang baik agar kegiatan pemasaran bisa berjalan dengan lancar dan tepat sasaran. Manajemen pemasaran termasuk upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan karena berhubungan langsung dengan konsumen sebagai pemakai produk.

Dalam era persaingan yang semakin ketat pelaku usaha harus pandai dalam memilih strategi pemasaran yang digunakan. Dengan cara menawarkan produk yang dibutuhkan konsumen akan menjadi poin penting dalam meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk.

Maka manajemen pemasaran dapat diartikan sebagai kegiatan perusahaan yang sangat erat kaitannya dengan situasi pasar. Sehingga konsumen mau dan rela kembali menikmati apa yang ditawarkan oleh perusahaan dan menjadi pelanggan setia bagi perusahaan. Untuk itu sebagai manajer pemasaran harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar produk bisa diterima konsumen sesuai dengan masanya.

Baca Juga : Perbedaan Jenis Bisnis B2B dan B2C Yang Harus Anda Tahu

Philip Kotler mendefinisikan manajemen pemasaran adalah proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan.

Jadi bisa dikatakan bahwa manajemen pemasaran merupakan salah satu rangkaian proses pelaksanaan dalam mengendalikan kegiatan pemasaran yang mana bertujuan untuk mencapai sebuah target perusahaan dengan cara efektif dan efisien.

Namun Anda juga harus memiliki perencanaan atas pelaksanaan, kontrol, dan koordinasi dalam sebuah pemasaran.  Sebab hal ini berkaitan dengan fungsi pemasaran seperti melakukan riset pemasaran, perencanaan dan pengembangan produk, iklan, penetapan harga, dan distribusi. Dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan konsumen, bisnis dan masyarakat.

Banyaknya jumlah pesaing di dalam dunia usaha dapat dijadikan salah satu penghambat dalam menawarkan produk kepada konsumen, maka dari itu jika salah dalam memilih strategi dan tidak dijalankan sesuai perencanaan maka keinginan untuk memperoleh keuntungan yang maksimal akan sulit didapatkan. Keberlangsungan hidup perusahaan pun akan terancam akibat dari salah memilih strategi pemasaran yang digunakan.

Maka dari itu perlu adanya sistem informasi dalam sistem informasi manajemen seperti membuat pedoman yang jelas kepada pekerja. Sistem ini menjadi komponen yang penting bagi suatu perusahaan untuk dapat mengembangkan perusahaannya dengan optimal secara lebih efektif dan efisien. Hal ini akan membuat sebuah batas agar pekerja bisa melakukan pekerjaannya sesuai dengan rencana.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Terdapat beberapa fungsi yang harus Anda tahu dalam manajemen pemasaran, yaitu :

1. Fungsi Pertukaran Pembelian dan Penjualan

Fungsi manajemen pemasaran dalam pertukaran terbagi menjadi dua, yaitu fungsi pembelian dan fungsi penjualan. Di mana fungsi pembelian berperan sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan yang memerlukan strategi khusus terutama dalam menarik konsumen untuk membeli.

Sedangkan fungsi penjualan merupakan sebuah aktivitas untuk mempertemukan penjual dan pembeli yang bisa dilakukan secara langsung maupun melalui perantara.

2. Fungsi Fisis

Fungsi fisis dalam manajemen pemasaran adalah berfokus pada kegunaan waktu, lokasi, dan bentuk yang perlu diperhatikan dalam suatu produk ketika produk akan diangkut, diproses dan hingga sampai pada tangan konsumen. Sebab apabila tidak dipertimbangkan dan diperhatikan dengan benar, maka perusahaan akan dapat mnegalami kerugian besar karena menangani produk-produk yang tidak memiliki standar.

3. Berfungsi Menyediakan Sarana atau Fasilitas

Manajemen pemasaran juga memiliki fungsi sebagai penyediaan fasilitas karena akan terkait dengan semua kegiatan yang mampu melancarkan setiap kegiatan operasi pemasaran. Fungsi menyediakan fasilitas mencakup semua proses pengumpulan, komunikasi, penyortiran sesuai dengan standar dan pembiayaan.

Karakteristik Manajemen Pemasaran

Berikut beberapa karakteristik yang dapat Anda lihat dalam sebuah manajemen pemasaran :

• Tertuju pada Pelanggan

Tujuan dari sebuah manajemen pasar tentunya mengarahkan bisnis dalam menciptakan dan memuaskan pelanggan. Sebab adanya penekanan pada keinginan dan kebutuhan konsumen membuat produk Anda semakin di cari para konsumen. Setiap keputusan pemasaran harus tertuju dan memiliki dampak yang sangat baik terhadap pelanggan, sebab konsumen merupakan sasaran inti dalam sebuah manajemen pemasaran.

• Riset Pasar

Selain mengarahkan bisnis kepada pelanggan, dalam melakukan anajemen pemasaran juga harus memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai kebutuhan dan keinginan para pelanggan.

Namun selain itu sebuah inovasi dan kreativitas yang berkembang pada saat ini sangat diperlukan dalam mengembangkan produk sesuai dengan ekspetasi para pelanggan. Maka dari itu, program riset pasar yang teratur dan sistematis sangat diperlukan untuk mengikuti berbagai macam perkembangan pasar saat ini.

• Melakukan Perencanaan

Konsep pemasaran sangat membutuhkan rencana pemasaran yang berorientasi pada sebuah tujuan yang ingin dilakukan. Namun tujuan pemasaran yang dilakukan tersebut haruslah menghasilkan laba melalui kepuasan pelanggan. Sebab strategi pemasaran yang baik adalah dasar dari rencana yang sudah disusun dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dilakukan.

Namun apabila Anda membuat rencana pemasaran yang berisi daftar tindakan tanpa landasan strategis yang sehat, maka itu tidak banyak berguna untuk bisnis dan tidak memberikan hasil yang maksimal. Tujuan dilakukannya pemasaran ini agar dapat berfungsi sebagai panduan untuk melakukan manajemen pemasaran yang lebih baik.

• Mengutamakan Kepuasan Pelanggan

Sebuah kepuasan pelanggan merupakan istilah yang sangat sering digunakan dalam pemasaran. Kepuasan pelanggan inilah yang menjadi tolak ukur bagi setiap produk dan layanan yang di pasok oleh perusahaan dalam memenuhi harapan pelanggannya. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang bagi perusahaan melalui kepuasan yang diinginkan oleh pelanggan.

custom-form-newsletter

Dapat disimpulkan secara garis besar, pelaku bisnis harus memiliki ide yang jelas dan lengkap mengenai konsep dasar apa jasa yang ingin dilakukan dan diterapkan dalam manajemen pemasaran untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Perusahaan tidak hanya berfokus pada manajemen persediaan, proses produksi, dan hasil produk, melainkan juga harus memiliki strategi dan tanggung jawab yang besar bagi pemasaran usahanya.

Sebab sebuah keuntungan jangka panjang bisa dinikmati oleh perusahaan yang mampu memenuhi kebutuhan pelanggan, harga produk bersahabat, produk bermanfaat dan memiliki nilai.

Hal yang perlu Anda perhatikan untuk membangun manajemen pemasaran yang baik adalah dimulai dari analisa, perencanaan, penerapan, dan melakukan kontrol pada semua rencana Anda. Jika semua sudah Anda lakukan dengan benar, maka bisnis Anda akan berkembang lebih baik daripada yang Anda harapkan sebelumnya.

Jangan lupakan juga tentang proses pembukuan bisnis yang baik. Tanpa pembukuan yang benar Anda tidak akan mengetahui dimana kemajuan keseluruhan bisnis Anda. Lakukan proses pembukuan yang efisien, cepat, dan tepat menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur dan keamanan yang terbaik seperti software akuntansi Harmony.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan dan juga dilengkapi fitur simple manufacturing yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda. Laporan keuangan akan rapi, cepat tersedia dan bisa dilihat dimanapun dan kapanpun sesuai kemauan Anda. Jadi tunggu apalagi? Yuk coba Harmony GRATIS 30 hari disini.

Harmony juga memiliki layanan untuk Anda yang tidak ingin repot mengurus pembukuan laporan keuangan sendiri. Gunakan Harmony Accounting Service, merupakan jasa pembukuan, akuntansi online, perhitungan rasio keuangan, sampai kepada perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu Anda yang sibuk setiap harinya.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/