Harmony » Blog » 

Membuat Riset Pemasaran Yang Mudah Diterapkan

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 30, 2020

Dalam era persaingan pasar yang ketat seperti sekarang ini maka riset pemasaran sudah menjadi suatu kewajiban untuk perusahaan agar bisnis atau produknya bisa terus eksis bahkan unggul dalam kompetisi yang ada, akan tetapi banyak pebisnis merasa sulit membuat riset pemasaran. Sebelum kami menjelaskan tentang bagaimana membuat riset pemasaran yang mudah diterapkan, Anda harus tau pengertian, fungsi utama dan obyek dari riset pemasaran.

Apa itu Riset Pemasaran?

Riset pemasaran adalah suatu kegiatan penelitian yang hasilnya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan manajemen perusahaan dalam pemecahan masalah atau sebagai pengambilan keputusan tertentu khususnya dalam menentukan strategi pemasaran yang efektif dimasa mendatang.

Melakukan riset pemasaran seperti mempelajari secara detail tentang masa depan produk Anda

Dengan melakukan ini maka suatu bisnis bisa mengetahui strategi pemasaran yang efektif karena dalam riset ini menghasilkan kesimpulan yang berhubungan dengan hal-hal seperti dimana produk itu sebaiknya dipasarkan, kualitas produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen, seberapa besar potensi permintaan, kapan permintaan tersebut memuncak dan kapan permintaan tersebut akan menurun, bahkan sampai kepada kemasan produk yang diinginkan oleh konsumen.

Fungsi Utama Riset Pemasaran

1. Evaluating

Melalui fungsi evaluating Anda bisa mengevaluasi strategi pemasaran sebelumnya sehingga mengetahui apakah strategi tersebut berjalan secara efektif atau masih dibawah target yang Anda tetapkan. Secar komprehensif fungsi evaluating juga untuk membantu mengukur brand positioning Anda dibanding dengan brand para pesaing.

2. Understanding

 Pada fungsi understanding tujuannya untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen secara lebih tepat. Riset yang berhubungan dengan fungsi ini biasanya mencakup perilaku konsumen, kebiasaan konsumen dan harapan mereka terhadap produk Anda.

3. Predicting

Tujuan fungsi predicting adalah untuk membuat perkiraan kondisi pasar termasuk didalamnya tentang konsumen, pesaing dan daya beli agar bisa mempersiapkan langkah-langkah preventif serta mengeluarkan strategi yang tepat untuk produk Anda.

Obyek Riset Pemasaran

Berbicara mengenai riset pemasaran pasti ada obyek risetnya dan berikut obyek riset dalam pemasaran :

Produk

Produk merupakan hal pertama yang diriset karena dalam pemasaran harus ada produk/jasa yang dipasarkan.

Harga

Harga dari produk merupakan obyek riset yang penting karena biasanya ini merupakan salah satu faktor utama konsumen dalam membeli suatu produk.

Promosi

Selanjutnya obyek yang harus diriset adalah promosi yang mencakupi banyak hal seperti apa media promosinya, berapa biaya promosi, dimana lokasi promosi dan lain sebagainya. Baca lebih detail tentang promosi disini.

Distribusi

Mengapa distribusi perlu dilakukan riset? Karena distribusi adalah salah satu faktor yang berhubungan dengan ketersediaan produk dan penetapan harga produk

Langkah-Langkah Penerapan Riset Pemasaran

Lalu bagaimana caranya kalau Anda mau melakukan riset terhadap produk Anda? Secara umum berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan dibisnis Anda, agar riset ini lebih mudah diterapkan :

a. Identifikasi tujuan dari riset yang Anda lakukan.
Misalnya apakah untuk tujuan Targeting, Branding, Positioning, Market Share atau yang lainnya.

b. Mengumpulkan data dari pasar.
Biasanya bisa dilakukan dengan kuesioner, wawancara langsung atau juga mendapat data dari institusi terpercaya.

c. Mengevaluasi data yang dikumpulkan.
Data yang Anda kumpulkan harus dievaluasi agar akurasi data tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

d. Menganalisa data yang dikumpulkan.
Bersama dengan team internal atau konsultan marketing/bisnis Anda harus mengevaluasi data yang Anda kumpulkan dari pasar (konsumen).

e. Mengambil kesimpulan.
Apabila data sudah dianalisa maka selanjutnya disimpulkan hasil dari riset tersebut yang bertujuan untuk membuat keputusan.

f. Membuat keputusan.
Langkah terakhir adalah membuat keputusan terhadap kesimpulan yang dihasilkan dari riset pemasaran tersebut yang tujuannya adalah untuk membuat strategi pemasaran yang efektif untuk produk Anda.

Demikianlah artikel tentang riset pemasaran ini dan semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam bisnis Anda sehingga bisnis Anda bisa mengalami kesuksesan. Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis tentu saja  riset pemasaran bukan satu-satunya yang harus dilakukan, riset (evaluasi) manajemen keuangan bisnis Anda juga wajib dilakukan. Evaluasi itu mencakup hal-hal seperti apakah keuangan bisnis Anda sehat, apakah pembukuan bisnis Anda rapi dan selalu tercatat, bagaimana arus kas bisnis Anda, berapa keuntungan bisnis Anda bulan ini atau 3 bulan lalu, apakah pembukuan bisnis Anda bisa diakses (dilihat) dimanapun dan kapanpun.

Jika Anda masih ragu atas jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut kami menyarankan Anda untuk menggunakan software akuntansi seperti Harmony untuk bisnis Anda agar segala kendala Anda dalam mencatatkan pembukuan dan laporan keuangan bisa teratasi.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemiliki bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram