Memanfaatkan Iklan Advertorial Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Anda
Harmony Blog
Marketing
Memanfaatkan Iklan Advertorial Sebagai Strategi Pemasaran Bisnis Anda
June 15, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Apakah anda pernah melihat atau mendengar sebuah iklan namun dibawa dengan gaya bahasa jurnalistik atau seperti berita? Teknik soft skill tersebut dewasa ini cukup ampuh bisa menarik perhatian para konsumen agar terkesan tidak terlalu mengiklankan sebuah produk.

Hal itu biasa disebut dengan iklan advertorial. Namun apakah sebenarnya iklan advertorial tersebut? Apakah iklan advertorial merupakan strategi ampuh mendatangkan penjualan? Lalu bagaimana cara menggunakan iklan advertorial tersebut? Semua tentang iklan advertorial tersebut akan dibahas lengkap dalam artikel ini.

Iklan advertorial menjadi salah satu strategi dan teknik penjualan yang ampuh digunakan, meskipun terlihat tidak terlalu mengiklankan suatu produk.

Apa sih Advertorial?

Secara umum iklan adalah berbagai bentuk promosi atau pengenalan produk, jasa, atau layanan yang disampaikan melalui media tertentu. Iklan sebagai salah satu konsep pemasaran efektif yang bertujuan untuk membujuk khalayak ramai sehingga menggunakan pemilihan kata dan bahasa yang persuasif.

Untuk meningkatkan penjualan sebuah produk, iklan menjadi salah satu sarana yang sangat tepat untuk dilakukan. Namun seiring perkembangan waktu, iklan sendiri sudah mengusung konsep advertorial untuk menawarkan sebuah produk dengan cara yang sangat halus.

Iklan advertorial merupakan suatu iklan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik dan menjadi salah satu media digital marketing yang dapat meningkatkan omzet.

Jika dilihat dari asal katanya, advertorial berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris advertising dan editorial. Advertising (periklanan) adalah penyajian materi secara persuasif atau mempengaruhi publik melalui media masa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa.

Sedangkan editorial adalah pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi. Iklan advertorial dapat pula diartikan sebagai tulisan yang dibuat untuk kepentingan-kepentingan tertentu.

Jenis Advertorial

Jenis advertorial dibedakan berdasarkan materi pesan yang disampaikan dalam penulisannya. Berikut adalah beberapa jenis advertorial:

1. Advertorial Produk

Jenis advertorial pertama adalah advertorial produk yang membahas tentang produk-produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat. Khususnya bagi produk makanan, jenis advertorial ini bisa menjadi sebuah strategi pemasaran produk makanan yang cocok digunakan

2. Advertorial Jasa

Advertorial jasa merupakan jenis advertorial yang kedua. Menurut penulisannya tersebut Anda belajar tentang menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak.

3. Advertorial Korporat (Perusahaan)

Jenis advertorial yang selanjutnya adalah advertorial korporat yang didalam isinya adalah membahas mengenai keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

4. Advertorial Pemerintahan

Jenis advertorial yang terakhir adalah advertorial pemerintahan yang berdasarkan penulisannya tersebut mempelajari tentang kegiatan di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah.

Tujuan dan Fungsi Advertorial

Setiap iklan pada dasarnya memiliki tujuan untuk memperkenalkan sebuah produk kepada khalayak ramai agar mereka dapat membeli produk tersebut.

Apalagi bagi Anda yang memiliki produk kerajinan, fungsi advertorial ini juga merupakan sebagai salah satu strategi pemasaran produk kerajinan.

Namun tujuan utama dari advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan kegiatan, produk, atau jasa dari suatu perusahaan kepada khalayaknya.

Sedangkan fungsi utama dari advertorial adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa. Selain itu iklan advertorial ini juga bertujuan dalam meningkatkan dan memanfaatkan budget management dalam promosi.

custom-form-newsletter


Anatomi Advertorial

Untuk menggunakan iklan advertorial disarankan Anda untuk melihat struktur anatomi iklan advertorial tersebut. Karena penulisan advertorial sama dengan penulisan jurnalistik, dengan menggunakan sistem 5W+1H yang strukturnya terdiri dari:

a. Pembuka (Intro)

Pada bagian pembuka, advertorial mempunyai fungsi untuk menarik perhatian pembaca terhadap artikel tersebut. Penulisan intro dapat menggunakan gaya bahas naratif, deskriptif, pertanyaan, epigram,kutipan, atau sapaan.

b. Tubuh karangan

Merupakan bagian isi dari advertorial itu. Tubuh karangan menceritakan secara mendetail informasi yang ingin disampaikan dalam advertorial tersebut.

c. Penutup karangan

Berupa kllimaks dari isi advertorial tersebut. Klimaks dapat berupa kejutan, pertanyaan, pernyataan, ataukesimpulan.

d. Struktur penulisan

Untuk struktur penulisan dapat menggunakan piramida terbalik (dengan titik utamanya terletak pada bagian pembuka), struktur piramida biasa (titik utamanya terletak di akhir), dan struktur kronologis (menceritakan berdasarkan urutan waktu).

e. Jembatan penulisan

Dengan adanya ini diharapkan bisa menjaga kesinambungan informasi yang diberikan mulai dari bagian pembuka sampai bagian penutup.

Tips Khusus Menggunakan Iklan Advertorial

Setelah Anda mengetahui tentang bagian-bagian pokok dari iklan advertorial diatas tadi, Anda sudah bisa memulai untuk menggunakannya. Namun sebelum menggunakan iklan advertorial tersebut, Anda dapat menentukan segmen pasar yang tepat pada bisnis Anda terlebih dahulu.

Lalu selanjutnya barulah Anda bisa menentukan hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam membuat dan menggunakan iklan advertorial seperti yang terangkum dalam tips khusus dalam menggunakan iklan advertorial sebagai berikut :

1. Gunakan Dengan Format Artikel Ringan

Pada dasarnya artikel tentang iklan advertorial dibuat sebagai salah satu informasi ringan dalam sebuah blog atau artikel, surat kabar, atau majalah.

Sehingga format yang digunakan haruslah ringan, tidak berbelit-belit, dan terlalu padat. Jika penulisannya terlalu berat, maka kecenderungan pembaca tidak akan menangkap dan sulit diterima oleh pembacanya.

2. Pakai Bahasa Editorial

Untuk membuat iklan advertorial sedikit membutuhkan skill marketing communication yang tepat karena disarankan untuk menggunakan bahasa format seperti berita atau artikel.

Informasikan juga tentang keunggulan produk dan sehebat apa perusahaan Anda dalam kegiatan sosial, agar pembaca dapat menerima dan pesan tersampaikan dengan jelas.

3. Jauhkan dari Penggunaan Bahasa Pemasaran

Agar iklan advertorial terkesan tidak terlalu iklan, disarankan untuk tidak menggunakan bahasa pemasaran seperti, “ambil sekarang”, “jangan lewatkan kesempatan ini”, dan masih banyak lainnya.

Untuk dapat menarik perhatian pembaca, Anda bisa menggunakan judul yang membuat mereka berpikir bahwa banyak informasi yang disampaikan pada artikel tersebut.

4. Hindari Juga Gaya Bahasa Superlatif dan Hiperbola

Selain menghindari gaya bahasa yang bersifat pemasaran, menggunakan gaya bahasa superlative dan hiperbola atau melebih-lebihkan juga patut untuk dihindari. Hal ini juga menyebabkan para pembaca sudah tidak ingin melanjutkan membaca artikel iklan advertorial anda tersebut.

Anda juga disarankan untuk menghindari gaya bahasa yang sifatnya memuji-muji diri sendiri atau produk sendiri, dan menggunakan ekspresi yang terkesan terhebat seperti ,”produk ini menjadi satu-satunya di dunia”, dan lain-lain.

Dengan penjelasan tadi apakah Anda sudah ada bayangkan bagaimana menggunakan iklan advertorial untuk mempromosikan produk Anda? Iklan advertorial sendiri memang cukup menarik untuk dibahas dan digunakan sebagai suatu strategi promosi tepat guna.

Karena strategi promosi tersebut sangat penting untuk menunjang profitabilitas dan kemajuan perusahaan Anda. Namun selain strategi promosi yang tepat, pengelolaan keuangan yang baik juga penting untuk diterapkan dalam sebuah perusahaan.

Untuk dapat mengelola keuangan yang baik, Harmony Smart Accounting Solution menjadi satu-satunya software akuntansi yang memberikan solusi sebagai teman setia dalam pembuatan laporan keuangan bisnis Anda. Tidak ada alasan lagi saat ini untuk tidak menggunakan software akuntansi berbasis cloud technology.

Gunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai solusi praktis dalam menangani masalah laporan keuangan yang ribet. Dan Anda bisa menyaksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis dan profesi akuntansi lainnya untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami di FinTax Fair.

Daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang, dan jadilah salah satu pebisnis yang revolusioner dalam kemajuan teknologi pembukuan keuangan masa kini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/