Pemasaran merupakan ujung tombak dalam sebuah perusahaan. Strategi pemasaran sendiri memiliki banyak jenis, salah satunya adalah konsep pemasaran holistik. Sebagai seorang pebisnis, Anda seharusnya memahami tentang konsep pemasaran holistik yang mungkin bisa diterapkan untuk pengembangan bisnis Anda. Simak pembahasan tentang konsep pemasaran holistik berikut ini.
Pemasaran holistik bisa memberikan hasil maksimal dan komprehensif untuk perusahaan.
Table of Contents
Konsep pemasaran adalah filosofi, ide dan cara yang digunakan oleh sebuah bisnis untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggannya, yang menguntungkan pelanggan dan perusahaan penjual. Secara sederhana, konsep pemasaran adalah sesuatu yang diciptakan atau disusun sebelum melakukan kegiatan penjualan. Konsep pemasaran adalah sesuatu yang sangat vital dalam menentukan keberhasilan penjualan sebuah produk atau jasa.
Sedangkan konsep pemasaran holistik adalah cara pemasaran yang menyatukan pengembangan, desain, implementasi, dan kegiatan proses pemasaran pada umumnya. Definisi lainnya, konsep pemasaran holistik adalah suatu konsep pemasaran yang mempertimbangkan bisnis secara keseluruhan, bukan sebagai entitas dengan berbagai bagian yang berbeda.
Jadi, bisa disimpulkan bahwa pemasaran holistik adalah suatu strategi pemasaran yang disusun atau dibuat dengan menggunakan keseluruhan unsur bisnis dalam sebuah perusahaan. Yang membedakan konsep pemasaran holistik dengan konsep pemasaran lain adalah dari sisi pendekatannya. Dalam konsep pemasaran holistik, pendekatan berdasarkan pada bagaimana mengatasi permasalahan pemasaran yang sangat rumit.
Secara prinsip, kegiatan pemasaran dan penjualan sebuah perusahaan pasti saling berhubungan. Semua strategi pemasaran (termasuk konsep pemasaran holistik) bertujuan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.
Baca juga : Strategi Pemasaran 4P Beserta Contohnya
Contoh pemasaran holistik misalnya susu Anlene yang mengajak masyarakat untuk berjalan 10.000 langkah sambil mempromosikan produknya. Contoh pemasaran holistik lainnya yaitu Aqua yang mendonasikan Rp 10 untuk setiap 1 liter produk mereka yang terjual, di mana dana donasi diberikan kepada desa yang kesulitan mendapatkan air bersih. Taksi Blue Bird yang memberikan penghargaan kepada driver yang sudah bekerja di atas 5 tahun juga merupakan contoh pemasaran holistik yang mungkin pernah Anda saksikan.
Ada 4 pilar yang merupakan komponen pemasaran holistik yaitu :
Adapun tujuan utama dalam konsep pemasaran holistik adalah mengembangkan hubungan jangka panjang dan mendalam yang saling memuaskan dengan konstituen utama, dengan tujuan mendapatkan dan mempertahankan bisnis.
Integrasi terjadi ketika perusahaan merancang kegiatan dan menyusun program pemasaran untuk menciptakan, berkomunikasi, dan memberikan nilai bagi konsumen. Karena menggabungkan keseluruhan unsur pemasaran maka nilai yang diberi ke konsumen lebih besar dan menarik.
Komponen internal yaitu tugas untuk merekrut, melatih, dan memotivasi karyawan agar bisa melayani konsumen dengan baik. Perusahaan berfokus ke dalam perusahaan karena sumber daya yang kompeten merupakan aset perusahaan yang sangat berharga.
Kinerja pemasaran sebuah perusahaan tidak hanya diukur dari pendapatan, tetapi juga dengan memeriksa scorecard pemasaran dan menyimpulkan apa yang terjadi. Adapun kinerja yang dinilai meliputi pangsa pasar, kepuasan pelanggan,kualitas produk bahkan dampak hukum etika, sosial, dan lingkungan dari suatu kegiatan pemasaran yang dilakukan.
Baca juga : Manajemen Pemasaran Internasional dan Target Pasarnya
Konsep pemasaran holistik menjadi salah satu yang sering digunakan perusahaan karena memiliki beberapa kelebihan, antara lain :
Pemasaran holistik juga berguna dalam membuat produk dan pasar berjalan selaras. Produk yang dipasarkan tentunya harus sesuai dengan kebutuhan pasar (masyarakat) agar tingkat kesuksesan penjualannya lebih tinggi. Baik menggunakan pemasaran langsung atau tidak langsung, produk yang selaras dengan pasar akan lebih mudah diterima kehadirannya oleh konsumen.
Maksudnya adalah pemasaran holistik bisa mengeksplorasi nilai produk secara menyeluruh. Kegiatan eksplorasi itu mencakup periklanan, sistem online, hubungan masyarakat, dan lain sebagainya. Tujuan eksplorasi nilai produk adalah untuk membangun pola pikir yang sama terhadap profile atau karakter produk yang akan dipasarkan.
Konsep pemasaran holistik juga memiliki durasi waktu yang ideal, Maksudnya adalah waktu yang dibutuhkan dalam proses pemasaran ini tergolong cukup atau sesuai sehingga bisa memaksimalkan kegiatan pemasaran yang dilakukan.
Karena pemasaran holistik bertujuan menciptakan produk yang sesuai untuk memenuhi konsumen tetapi tetap memperhatikan aspek sosial dan lingkungan. Hal ini akan membawa dampak positif kepada manajemen perusahaan. Masyarakat akan menilai bahwa manajemen memberikan kontribusi yang baik secara sosial sehingga perusahaan akan mendapatkan positioning yang bagus.
Konsep pemasaran holistik merupakan investasi jangka panjang. Selain proses yang dilakukan membutuhkan waktu yang tidak sedikit, hasil yang didapat juga bersifat jangka panjang. Karena pemasaran ini melibatkan keseluruhan unsur dalam perusahaan, maka manfaat di masa depan juga akan diterima oleh perusahaan sebagai suatu entitas, bukan secara parsial atau sebagian.
Berikut beberapa langkah dalam menerapkan pemasaran holistik.
Anda bisa membentuk tim pemasaran yang beranggotakan beberapa orang. Tim pemasaran ini harus diisi oleh orang-orang yang memiliki communication skill yang baik karena merupakan ujung tombak. Orang-orang yang dipilih juga harus mendapat dukungan dari divisi lain karena dalam pelaksanaannya mereka akan saling berhubungan.
Langkah berikutnya adalah menyusun kegiatan atau program pemasaran yang mau dikerjakan. Program harus dibuat secara terperinci agar jelas dan tidak salah tafsir untuk menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi.
Setelah Anda selesai menentukan program, maka lakukan pengkajian kembali apa saja yang dibutuhkan. Pengkajian juga harus secara detail seperti menampilkan satuan, harga, sumber barang dan lain sebagainya. Tujuannya agar saat pelaksanaan tidak bingung. Pengkajian juga meliputi kondisi internal seperti pelatihan dan penghargaan kepada karyawan yang berprestasi. Jadi pengkajian harus dilakukan secara menyeluruh.
[elementor-template id="26379"]
Berikutnya Anda harus mengidentifikasi keterlibatan lingkungan dalam program pemasaran yang dibuat. Dengan melakukan hal ini maka kegiatan pemasaran akan memberikan hasil yang efektif. Anda bisa mengadakan kegiatan sosial, menyumbang peralatan, melakukan kunjungan terhadap masyarakat sekitar dan lain sebagainya.
Langkah terakhir yaitu melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap jalannya pemasaran tersebut. Cari tahu apa yang kurang dan perlu diperbaiki dari kegiatan pemasaran yang dilakukan. Gunakan evaluasi ini untuk membuat program pemasaran holistik yang lebih baik di kemudian hari.
Sebagai pebisnis, sebaiknya Anda memahami konsep pemasaran holistik yang mungkin bisa diterapkan dalam bisnis Anda. Selain pemasaran, agar bisnis bisa berkembang maka keuangan usaha juga harus dikelola dengan baik. Agar laporan keuangan bisa dibuat dengan cepat dan mudah sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.
Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.
Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi
Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.