Harmony Blog

Manajemen Strategis, Ketahui Tujuan, Proses dan Manfaatnya

Diposting Mar 17th, 2021
35

SHARES

PEMBACA

manajemen strategisPin

Dalam berorganisasi, manajemen strategis cenderung dibutuhkan. Hal ini bertujuan agar apapun jenis perusahaannya, tetap mampu menganalisis dan memantau kinerja. Selain itu, manajemen strategis juga dinilai efektif dalam menjalankan sekaligus mempertahankan suatu bisnis di tengah pesatnya perkembangan revolusi industri saat ini. Langkah ini juga dinilai sebagai pendorong untuk bersaing dengan kompetitor.

Simplenya, manajemen strategis digambarkan sebagai panduan perusahaan agar mencapai suatu sasaran. Tentunya, akan melibatkan tanggung jawab dalam manajemen proyek, kapabilitas manajerial hingga sistem administrasi perusahaan. Manajemen strategis juga berkaitan dengan pengambilan keputusan pada tingkat hirarki

Manajemen strategis membantu perusahaan dalam memaksimalkan kinerja serta mengevaluasi perusahaan.Click to Tweet

Dengan manajemen strategis, perusahaan bisa menilai bisnis dan kompetitor untuk mengungguli persaingan dan membantu mengevaluasi, bahkan mengambil keputusan dengan mempertimbangkan kebijakan perusahaan.

Tujuan Manajemen Strategis

Seperti yang telah disinggung pada paragraf di atas, manajemen ini membantu perusahaan dalam memaksimalkan kinerja, mengevaluasi perusahaan, hingga menganalisis permasalahan perusahaan. Karena itu, manajemen ini dipercaya bisa memberikan arahan dan membantu kinerja perusahaan agar tetap efektif.

Hal ini juga membantu perusahaan dalam menjaga kepentingan setiap individu, mengantisipasi perubahan yang mendadak, berinovasi pada produk dan layanan agar disukai oleh konsumen. Oleh karenanya, manajemen ini membantu perusahaan untuk memaksimalkan kinerja agar lebih efektif.

Lantas, Seperti Apa Proses Manajemen Strategis?

Pada dasarnya, proses manajemen strategis terdiri dari langkah untuk mencapai suatu kinerja maupun tujuan. Proses ini mengacu pada pemahaman yang signifikan terhadap lingkungan eksternal, pasar bahkan kompetisi. Dalam menerapkan proses manajemen ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Mengenali Lingkungan

    Pada tahap ini, perusahaan diharuskan untuk mengumpulkan, meneliti dan menyediakan informasi sebagai tujuan strategis. Secara tidak langsung, pengenalan lingkungan membantu untuk menganalisis tim internal dan eksternal dalam mempengaruhi perusahaan.

  2. Merumuskan Strategi

    Perumusan strategi bertujuan untuk menentukan suatu tindakan dalam mencapai target dan tujuan organisasi. Dalam realisasinya, perumusan strategi meliputi kegiatan pengembangan visi misi perusahaan, serta merumuskan strategi agar digunakan oleh perusahaan. Perusahaan juga diharuskan mampu mengambil keputusan yang dinilai strategis bagi kemajuan bisnis.

  3. Menerapkan Strategi

    Dalam hal ini, perusahaan akan melibatkan strategi yang sudah dirumuskan agar dapat berfungsi secara optimal. Penerapan strategis sekaligus merancang struktur organisasi, mendistribusikan sumber daya, serta mengelola sumber daya manusia. Perusahaan harus mengelola kebijakan dan sumber daya manusia, serta mendorong pegawai untuk termotivasi dalam melakukan pekerjaan. Namun yang menjadi catatan penting adalah, perusahaan harus mampu menciptakan struktur organisasi yang efektif untuk menciptakan lingkungan yang nyaman.

  4. Evaluasi Strategi

    Langkah ini merupakan langkah terakhir, perusahaan maupun organisasi harus mengevaluasi dan menilai lingkungan internal maupun eksternal. Tujuannya untuk mengetahui penerapan kinerja perusahaan. Perusahaan harus mampu menilai perubahan yang terjadi di internal juga eksternal. Tahap evaluasi sekaligus membantu perusahaan untuk menilai berhasil atau tidaknya strategi yang sudah dirumuskan oleh perusahaan.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Manfaat Manajemen Strategis

Bagi perusahaan maupun organisasi, ada banyak manfaat manajemen strategis. Sebab, manajemen ini sebagai pendongkrak untuk mencapai tujuan agar tetap optimal. Apa saja manfaatnya? Kita ambil contoh manajemen strategis, jika perusahaan tengah menghadapi perubahan mendadak, manajemen ini akan membantu pihak terkait untuk mengambil keputusan terbaik.

Manfaat manajemen strategisPin

Contoh manajemen strategis yang mudah dipahami misalnya dari brand Rolex. Produsen jam tangan mewah ini menerapkan contoh manajemen strategis dalam hal diferensiasi. Tak seperti jam tangan lain, Rolex mempunyai kualitas unggul. Bisa tahan air, terbuat dari emas, serta dibuat handmade oleh pengrajin profesional.

Terlepas dari hal itu, manfaat manajemen strategis lainnya dapat dilihat ketika menghadapi kendala manajemen operasi. Manajemen ini turut membantu perusahaan dalam mencegah masalah baru, meningkatkan interaksi di seluruh level, sekaligus membantu kinerja perusahaan lebih efektif.

Adapun manfaat lainnya ialah meningkatkan kompetitif yang sehat dan unggul, serta memaksimalkan sumber daya. Setidaknya, penerapan ini mencegah terjadinya masalah baru baik di lingkup perusahaan maupun eksternal. Manajemen krisis juga dipercaya bisa meningkatkan kemampuan perusahaan dalam menganalisis suatu masalah.

Sudah jelas kan, definisi dan juga manfaatnya. Untuk membantu perusahaan menjalankannya dalam segi keuangan, gunakan Software Akuntansi Harmony agar laporan keuangan dan pembukuan bisa dilakukan secara cepat, mudah, dan akurat.

Software Akuntansi Harmony menyediakan fitur dan modul akuntansi untuk pencatatan invoice, pengaturan stok, analisa laporan keuangan bahkan rekonsiliasi bank secara otomatis. Pembukuan jadi lebih lancar, cepat, dan modern.

Apalagi yang ditunggu, langsung gunakan Software Akuntansi Harmony secara GRATIS (trial 30 hari) dan terjangkau untuk pelaku UMKM.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk dan belum sempat untuk melakukan pembukuan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan jasa pembukuan yang membantu pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau dan dikerjakan oleh profesional di bidang akuntansi. Cek dan follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk menambah insight Anda di bidang finansial setiap hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK