Harmony Blog

Manajemen Modal Kerja yang Efektif untuk Bisnis Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

manajemen modal kerjaPin

Dalam sebuah bisnis, manajemen modal kerja merupakan faktor penting yang harus diperhatikan. Selain manajemen operasi, penting memahami pengertian manajemen modal kerja. Manajemen modal kerja adalah pengaturan modal dalam sebuah usaha dengan beberapa macam cara sehingga menghasilkan pengelolaan modal yang efektif serta efisien. Tentu saja ada beragam manfaat pengelolaan modal kerja.

Modal kerja adalah investasi perusahaan dalam jangka pendek. Misalnya saja seperti sekuritas, kas, piutang, hingga persediaan.

Mulai dari kemungkinan dapat menghitung aktiva lancar, hutang lancar, modal bersih, dan lain sebagainya. Bagi yang masih awal berkecimpung di dunia usaha, tentu saja perlu sekali untuk mempelajari manajemen modal kerja. Berikut ini ulasan selengkapnya yang bisa Anda ketahui.

Menilai efektivitas modal kerja dalam bisnis tentu saja tidak lepas dari beberapa hal. Mulai dari mengetahui pengertian dari modal kerja itu sendiri, manfaat manajemen modal kerja, pengelolaan modal kerja, hingga jenis-jenisnya. Ini dia ulasan selengkapnya.

Pengertian Manajemen Modal Kerja

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai working capital management yang efektif untuk bisnis Anda, perlu sekali mengetahui apa pengertian dari modal untuk usaha ini sendiri. Modal kerja adalah investasi perusahaan dalam jangka pendek. Misalnya saja seperti sekuritas, kas, piutang, hingga persediaan.

Perkembangan revolusi industri saat ini, menuntut pelaku usaha lebih kreatif dalam mengelola modal usaha. Modal ini nantinya akan digunakan untuk pembiayaan kegiatan serta rencana usaha. Tujuan dari adanya working capital managementini adalah untuk mengelola aktiva lancar serta utang lancar. Selain itu, tingkat likuiditas serta kekuatan perusahaan juga terjamin.

Pengelolaan Modal Kerja

Manajemen modal kerja perusahaanPin

Pengelolaan modal kerja dilakukan dengan menjalankan beberapa konsep. Mulai dari konsep kuantitatif, kualitatif, hingga fungsional. Ini dia masing-masing ulasannya.

Konsep Kuantitatif

Menurut konsep kuantitatif, pengelolaan modal kerja meliputi jumlah keseluruhan dari aktiva lancar. Unsur-unsur yang ada pada konsep ini berupa sekuritas, kas, piutang, hingga persediaan.

Konsep Fungsional

Konsep fungsional sendiri merupakan pengelolaan working capital yang terdiri atas kerja nyata serta working capital yang potensial. Modal dalam hal ini akan digunakan untuk current income.

Konsep Kualitatif

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, manajemen modal kerja adalah sebuah peranan yang berguna untuk mengelola berbagai aktiva. Termasuk aktiva lancar di atas utang lancar. Hal ini termasuk ke dalam konsep kualitatif yang ada dalam pengelolaan working capital.

Manfaat Manajemen Modal Kerja

Manajemen modal kerja adalah pengaturan sebuah modal dari usaha yang terdiri atas unsur-unsur aktiva lancar serta utang lancar. Dari definisi tersebut saja sudah dapat diketahui manfaat manajemen modal kerja. Manfaat manajemen modal kerja antara lain adalah:

Untuk Menghitung Aktiva Lancar

Aktiva lancar sendiri tidak hanya berupa uang tunai, tetapi juga bisa menjadi piutang dagang, persediaan, hingga biaya dibayar di muka. Dengan manajemen working capital yang baik, tentu saja perhitungan aktiva lancar dapat terkendali.

Untuk Menghitung Utang Lancar

Dalam laporan neraca harus tertera utang lancar. Akun tersebut masuk ke dalam golongan utang dagang, wesel bayar, atau utang yang perlu dibayar.

Untuk Menghitung Modal Bersih

Bagi para pebisnis, menghitung working capital sangat penting. Rumus umumnya adalah mengurangkan aktiva lancar dan hutang lancar.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Jenis-Jenis Modal Kerja

Jenis-jenis modal kerja dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam. Secara garis besar, Anda dapat mengelompokkannya menjadi dua macam. Berikut ulasan jenis-jenis modal kerja selengkapnya.

Permanent Working Capital

Permanent working capital merupakan modal yang sifatnya terus-menerus dan digunakan untuk kelancaran usaha perusahaan ketika mengelola proyek-proyek yang sedang berjalan. Bisa diartikan lain bahwa jenis working capital ini merupakan hal yang harus dimiliki oleh tiap pelaku usaha.

Variable Working Capital

Berbeda dengan permanent working capital, variable working capital sifatnya selalu berubah-ubah, sesuai dengan kegiatan produksi yang berlangsung. Jenisnya sendiri ada tiga macam.Yakni seasonal working capital, cyclical working capital, serta emergency working capital.

Bagaimana, sudah memiliki gambaran tentang manajemen modal kerja yang efektif untuk bisnis Anda? Pencatatan keuangan memang begitu vital dalam sebuah bisnis. Pastikan Anda mengelola working capital sebaik mungkin dengan laporan keuangan yang akurat, modern, dan sistematis.

Software Akuntansi Harmony menghadirkan teknologi modern dalam membuat laporan keuangan serta menyederhanakan tugas akuntansi perusahaan Anda. Mulai dari pencatatan laporan modal, penjualan, dan persediaan barang, semua bisa diintegrasikan secara mudah dan praktis.

Daftarkan akun Anda di sini dan dapatkan Software Akuntansi Harmony GRATIS (trial 30 Hari). Harmony dapat digunakan kapan pun dan dimana pun Anda inginkan. Laporan keuangan yang disajikan pun beragam dan dapat Anda terima secara realtime tanpa perlu repot. Untuk info lebih lanjut, cek juga akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. 

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK