Harmony » Blog » 

LIFO Adalah: Pengertian, Kelebihan, dan Contoh Implementasinya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Oktober 9, 2023

Pendahuluan: LIFO adalah singkatan dari Last In First Out, yang merupakan metode penghitungan persediaan yang umum digunakan oleh perusahaan. Metode ini digunakan untuk menentukan nilai persediaan akhir dengan mengasumsikan bahwa barang yang terakhir masuk ke dalam persediaan akan menjadi barang yang pertama keluar. Metode LIFO biasanya digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dengan cepat dan memiliki persediaan yang terus berubah.

Definisi LIFO: Metode LIFO digunakan untuk menghitung nilai persediaan akhir dengan mengasumsikan bahwa barang yang terakhir masuk ke dalam persediaan akan menjadi barang yang pertama keluar. Dalam metode ini, biaya barang yang terakhir dibeli digunakan untuk menghitung harga pokok penjualan, sedangkan biaya barang yang lebih lama digunakan untuk menghitung nilai persediaan akhir. Metode LIFO umumnya digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dengan cepat dan memiliki persediaan yang terus berubah.

Penerapan Metode LIFO: Metode LIFO umumnya digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dengan cepat dan memiliki persediaan yang terus berubah. Metode ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang beroperasi di sektor ritel dan grosir, serta perusahaan manufaktur. Perusahaan-perusahaan ini menggunakan metode LIFO untuk menghitung nilai persediaan akhir dan harga pokok penjualan. Metode ini juga dapat membantu perusahaan dalam mengelola aspek pajak, karena dapat mengurangi jumlah pajak yang harus dibayarkan.

Key Takeaways

  • LIFO adalah singkatan dari Last In First Out, yang merupakan metode penghitungan persediaan yang umum digunakan oleh perusahaan.
  • Metode LIFO digunakan untuk menghitung nilai persediaan akhir dengan mengasumsikan bahwa barang yang terakhir masuk ke dalam persediaan akan menjadi barang yang pertama keluar.
  • Metode LIFO umumnya digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dengan cepat dan memiliki persediaan yang terus berubah.

Baca juga: Biaya Produksi Adalah: Konsep, Jenis, dan Pentingnya dalam Bisnis

Definisi Lifo

Lifo atau Last In First Out adalah metode akuntansi yang digunakan untuk menghitung harga persediaan. Metode ini menyatakan bahwa barang yang terakhir masuk ke dalam persediaan akan menjadi barang yang pertama keluar dari persediaan. Dalam metode Lifo, harga pembelian barang yang terakhir masuk dianggap sebagai harga barang yang dijual terlebih dahulu.

Metode ini sering digunakan oleh perusahaan yang menjual barang dengan cepat dan memiliki persediaan yang selalu berubah-ubah. Dalam metode Lifo, harga persediaan cenderung lebih tinggi karena harga pembelian terakhir dianggap sebagai harga barang yang dijual terlebih dahulu.

Meskipun demikian, metode Lifo seringkali dianggap kurang akurat karena harga persediaan yang dihitung tidak mencerminkan nilai aktual dari persediaan. Oleh karena itu, beberapa perusahaan lebih memilih menggunakan metode FIFO (First In First Out) atau metode rata-rata tertimbang untuk menghitung harga persediaan.

Namun, untuk perusahaan yang menjual barang dengan cepat dan memiliki persediaan yang selalu berubah-ubah, metode Lifo dapat memberikan keuntungan pajak karena harga persediaan yang dihitung lebih tinggi.

Penerapan Metode Lifo

LIFO adalah 2

Metode Lifo (Last-In-First-Out) adalah salah satu metode pengelolaan persediaan barang yang digunakan oleh perusahaan. Metode ini menyatakan bahwa barang yang terakhir masuk ke dalam persediaan adalah barang yang pertama kali keluar dari persediaan.

Manajemen Persediaan Menggunakan Lifo

Metode Lifo sering digunakan dalam manajemen persediaan untuk menghindari kerugian akibat tanggal kadaluarsa. Dengan menggunakan metode Lifo, perusahaan dapat memastikan bahwa barang yang lebih baru selalu tersedia untuk dijual, sementara barang yang lebih lama tetap berada di persediaan.

Penggunaan Lifo dalam Bisnis Farmasi

Metode Lifo sangat umum digunakan dalam bisnis farmasi, di mana tanggal kadaluarsa sangat penting. Dengan menggunakan metode Lifo, perusahaan farmasi dapat memastikan bahwa persediaan produk yang lebih baru selalu tersedia untuk dijual, sementara produk yang lebih lama tetap berada di persediaan.

Lifo dalam Akuntansi dan Laporan Keuangan

Metode Lifo juga digunakan dalam akuntansi dan laporan keuangan. Dalam akuntansi, metode Lifo digunakan untuk menentukan nilai persediaan barang. Dalam laporan keuangan, metode Lifo dapat mempengaruhi laba bersih perusahaan.

Dalam pengelolaan persediaan barang, metode Lifo dapat membantu perusahaan menghindari kerugian akibat tanggal kadaluarsa dan memastikan bahwa barang yang lebih baru selalu tersedia untuk dijual. Namun, perusahaan harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari penggunaan metode Lifo dalam akuntansi dan laporan keuangannya.

Perbandingan Lifo dengan Metode Lain

Lifo vs Fifo

Metode Lifo dan Fifo adalah dua metode akuntansi yang paling umum digunakan dalam perusahaan. Metode Lifo (Last In First Out) adalah metode penghitungan harga pokok barang yang mengasumsikan bahwa barang terakhir yang diterima adalah barang pertama yang dijual. Sedangkan metode Fifo (First In First Out) adalah metode penghitungan harga pokok barang yang mengasumsikan bahwa barang pertama yang diterima adalah barang pertama yang dijual.

Perbedaan utama antara metode Lifo dan Fifo adalah pada urutan penjualan barang. Dalam metode Lifo, barang terakhir yang diterima dijual terlebih dahulu, sementara dalam metode Fifo, barang pertama yang diterima dijual terlebih dahulu.

Meskipun metode Lifo dapat memberikan keuntungan pajak yang lebih besar, metode ini dapat menyebabkan nilai persediaan yang lebih rendah dan biaya penjualan yang lebih tinggi. Sementara itu, metode Fifo dapat memberikan nilai persediaan yang lebih tinggi dan biaya penjualan yang lebih rendah.

Lifo vs Average

Selain metode Fifo, metode lain yang sering digunakan adalah metode Biaya Rata-Rata atau Average. Metode ini menghitung harga pokok barang dengan cara membagi total biaya persediaan dengan jumlah unit persediaan yang ada.

Perbedaan utama antara metode Lifo dan Average adalah pada cara penghitungan harga pokok barang. Metode Lifo mengasumsikan bahwa barang terakhir yang diterima adalah barang pertama yang dijual, sementara metode Average menghitung harga pokok barang berdasarkan rata-rata biaya persediaan.

Meskipun metode Average dapat memberikan nilai persediaan yang stabil dan biaya penjualan yang lebih rendah, metode Lifo dapat memberikan keuntungan pajak yang lebih besar pada saat harga barang meningkat.

Dalam memilih metode penghitungan harga pokok barang, perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti keuntungan pajak, nilai persediaan, dan biaya penjualan. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan perusahaan harus memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka.

Keuntungan dan Kekurangan Lifo

Kelebihan Metode Lifo

Metode LIFO (Last In First Out) adalah metode akuntansi yang memperlakukan barang yang terakhir diterima sebagai barang yang pertama dijual. Kelebihan metode LIFO adalah bahwa metode ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi penghasilan kena pajak dengan menunjukkan biaya persediaan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena biaya persediaan yang lebih tinggi akan mengurangi laba kotor dan, oleh karena itu, mengurangi penghasilan kena pajak.

Selain itu, metode LIFO juga dapat membantu perusahaan dalam mengurangi pengaruh inflasi. Karena harga barang cenderung naik seiring waktu, metode LIFO memungkinkan perusahaan untuk menunjukkan biaya persediaan yang lebih tinggi, sehingga mengurangi pengaruh inflasi pada laporan keuangan.

Kekurangan Metode Lifo

Namun, metode LIFO juga memiliki kekurangan. Salah satu kelemahan utama dari metode LIFO adalah bahwa metode ini dapat menyebabkan risiko kerugian yang lebih besar jika harga barang meningkat. Hal ini terjadi karena persediaan yang lebih lama akan dijual terlebih dahulu, sehingga biaya persediaan yang lebih rendah akan ditunjukkan pada laporan keuangan. Jika harga barang meningkat, perusahaan akan terpaksa membeli barang dengan harga yang lebih tinggi untuk mengganti persediaan yang telah dijual, sehingga meningkatkan biaya persediaan dan mengurangi laba kotor.

Selain itu, metode LIFO juga dapat menyebabkan kesulitan dalam menilai nilai persediaan. Karena metode LIFO memperlakukan barang yang terakhir diterima sebagai barang yang pertama dijual, perusahaan dapat menghadapi kesulitan dalam menilai nilai persediaan jika harga barang terus meningkat atau turun.

Dalam kesimpulannya, meskipun metode LIFO memiliki kelebihan dan kekurangan, perusahaan harus memilih metode akuntansi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis mereka.

Baca Juga: Rumus Harga Jual: Cara Mudah Menentukan Harga Jual Produk

Lifo dan Aspek Pajak

LIFO (Last In First Out) adalah metode akuntansi persediaan yang memungkinkan perusahaan untuk mengeluarkan biaya barang yang dibeli terakhir lebih dulu. Pada dasarnya, LIFO mengasumsikan bahwa barang yang dibeli terakhir pertama kali dijual.

Namun, LIFO dapat mempengaruhi aspek pajak perusahaan. Di Amerika Serikat, perusahaan yang menggunakan LIFO untuk persediaan mereka harus menggunakan metode LIFO untuk tujuan perpajakan. Hal ini dapat mengurangi laba yang dilaporkan perusahaan dan mengurangi pajak yang harus dibayarkan.

Namun, LIFO tidak diizinkan dalam standar akuntansi internasional seperti IFRS (International Financial Reporting Standards) dan GAAP (Generally Accepted Accounting Principles). Oleh karena itu, perusahaan yang beroperasi di luar Amerika Serikat harus menggunakan metode FIFO (First In First Out) atau metode akuntansi persediaan lainnya yang diizinkan oleh standar akuntansi internasional.

Perusahaan juga harus memperhatikan undang-undang dan praktik kecurangan pajak yang berlaku di negara mereka. Penggunaan LIFO dapat menimbulkan kecurigaan dari otoritas pajak dan dapat menyebabkan masalah hukum.

Secara keseluruhan, LIFO dapat menjadi pilihan yang menguntungkan dalam hal pengurangan pajak di Amerika Serikat, namun perlu dipertimbangkan dengan hati-hati dan memperhatikan aspek pajak, standar akuntansi internasional, undang-undang, dan praktik kecurangan pajak yang berlaku di negara perusahaan tersebut.

Mengoptimalkan Persediaan dengan Harmony untuk Keberhasilan Bisnis Anda

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan konsep dan penerapan dari LIFO, yaitu metode penilaian persediaan Last In, First Out. Memahami LIFO adalah kunci untuk mengelola persediaan dengan efisien, meminimalkan risiko kerugian nilai, dan meningkatkan keuntungan bisnis Anda.

Namun, mengelola persediaan dengan metode LIFO juga memerlukan pemantauan yang cermat dan akurat. Di sinilah Harmony, aplikasi akuntansi online terkemuka, hadir sebagai solusi sempurna. Harmony memberikan alat yang diperlukan untuk mengelola persediaan Anda dengan efisien, memberikan prediksi akurat, dan memastikan bahwa persediaan Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Dengan Harmony, Anda tidak hanya memahami konsep LIFO, tetapi juga mengoptimalkan penerapannya dalam bisnis Anda. Dapatkan kendali penuh atas persediaan Anda, kurangi pemborosan, dan tingkatkan efisiensi operasional dengan Harmony. Jadikan persediaan Anda menjadi aset yang bernilai dan dorong keberhasilan bisnis Anda ke level yang baru. Temukan potensi penuh bisnis Anda dengan Harmony, mitra terpercaya untuk kesuksesan finansial Anda.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram