Laporan Keuangan Nirlaba atau Non Profit yang Perlu Anda Ketahui
Harmony Blog
Accounting
Laporan Keuangan Nirlaba atau Non Profit yang Perlu Anda Ketahui
February 23, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Membuat sebuah laporan keuangan nirlaba tentu sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab perusahaan nirlaba dengan kegiatan dalam perusahaan bisnis keduanya sama-sama tidak bisa terlepas dari pertanggungjawaban dana yang digunakan. Organisasi nirlaba juga perlu membuat buku besar.

Dengan adanya laporan keuangan nirlaba dapat memberikan Anda informasi mengenai kesehatan keuangan Anda selama periode waktu tertentu.

Maka untuk itu, perusahaan nirlaba juga membutuhkan laporan keungan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan bisnis nirlaba. Namun perusahaan nirlaba ini tentu berbeda dengan bisnis lainnya.

Di mana organisasi laba ini mendapatkan perolehan sebuah dana dari sumbangan para donatur dan organisasi ini juga tidak mengharapkan sebuah keuntungan yang besar dalam melakukan kegiatannya.

Pendapatan sebuah organisasi nirlaba biasanya didapat dari jasa yang mereka berikan, seperti halnya memberikan training kepada target yang perusahaan Anda tuju.

Baca Juga: 4 Karakteristik Laporan Keuangan yang Harus Anda Tahu

Apa Tujuan Laporan Keungan Perusahaan Nirlaba?

Tentu setiap laporan keuangan sangat memiliki manfaat yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Bukan saja manfaat, tujuan dari sebuah laporan keuangan juga sangatlah banyak, lalu apa saja tujuan dari sebuah contoh aporan keuangan organisasi nirlaba, perhatikan penjelasannya dibawah ini?

1. Dapat Menilai Kemampuan Perusahaan

Laporan keuangan organisasi nirlaba bertujuan untuk menyediakan informasi yang relevan serta memenuhi kepentingan para donatur, anggota organisasi, kreditur, dan pihak lain yang ingin mneyediakan sumber daya bagi organisasi nirlaba.

Namun laporan keuangan nirlaba memiliki kepentingan bersama dalam rangka menilai beberapa hal seperti berikut:

•Cara yang dilakukan oleh manajer dalam melaksanakan tanggung jawabnya dan aspek lalin dari kinerja mereka.

• Kemampuan perusahaan nirlaba dalam memberikan jasa

2. Menyajikan Informasi

Laporan keuangan nirlaba dibuat untuk menyajikan beberapa informasi. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan nirlaba sebagai berikut:

• Peristiwa, pengaruh transaksi, dan situasi lainnya yang dapat mengubah nilai dan sifat aktiva bersih.

• Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan nirlaba yaitu jenis dan jumlah arus kas masuk dan arus keluar sumber daya satu periode dan hubungan antara keduanya.

• Jumlah dan sifat aktiva kewajiban, serta aktiva bersih suatu organisasi.

• Cara organisasi dalam mendapatkan atau memperoleh pinjaman dan melunasi pinjaman, membelanjakan kas, serta faktor lainnya yang berpengaruh pada likuiditasnya.

• Usaha jasa suatu organisasi.

Memiliki sebuah laporan keuangan nirlaba yang rapih tentu juga sangat diingini setiap organisasi. Untuk menghasilkan laporan keuangan nirlaba yang cepat dan benar dalam perusahaan Anda tentu sangat mudah.

Anda tidak perlu harus menghitung laporan keuangan nirlaba Anda secara manual, kini dengan menggunakan software akuntansi Anda dapat membereskan setiap laporan keuangan perusahaan Anda.

Namun bagaimana jika Anda sibuk dan belum sempat untuk membereskan setiap pembukuan Anda? Namun Anda tidak perlu khawatir, sekarang Anda bisa memanfaatkan layanan profesional pembukuan yang menggunakan Harmony sebagai alat bantu pembukuannya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati layanan perpajakan seperti menghitung dan melapor pajak bisnis Anda.

Apa Saja Jenis-Jenis dari Laporan Keuangan Nirlaba?

Menurut PSAK 45 (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan), laporan keuangan entitas nirlaba meliputi laporan posisi keuangan (neraca) di setiap akhir periode, laporan aktivitas dan laporan arus kas, serta catatan atas laporan keuangan.

1. Laporan Posisi Keuangan

Menurut PSAK 45 laporan keuangan bisnis bertujuan untuk menyediakan informasi laporan keuangan nirlaba mengenai aktiva, kewajiban dan aktiva bersih, serta informasi mengenai hubungan di antara unsur-unsur tersebut pada waktu tertentu.

Informasi ini tentu dapat membantu para penyumbang , anggota organisasi, kreditur dan pihak-pihak lain dalam menilai:

• Sebuah kemampuan organisasi dalam memberikan jasa secara berkelanjutan, dan

• likuiditas, fleksibilitas keuangan, kemampuan organisasi dalam memenuhi kewajibannya, serta kebutuhan pendanaan ekstral.

Menurut PSAK 45, sebagai laporan keuangan, organisasi ini biasanya melaporkan masing-masing unsur aktiva dalam kelompok yang homogen, seperti:

• Kas dan setara kas

• Piutang (seperti, piutang pasien, pelajar, anggota, dan penerima jasa yang lain).

• Persediaan.

• Sewa, asuransi, dan jasa lainnya yang dibayar di muka.

• Surat berharga atau edek dari investasi jangka panjang.

• Gedung, peralatan, tanah,serta aktiva lainnya yang digunakan untuk menghasilkan barang dan jasa.

Berikut di bawah ini terdapat contoh laporan keuangan organisasi nirlaba

Organisasi Nirlaba
Laporan Keungan Posisi Keuangan
15 Januari
                             

2. Laporan Aktivitas

Dalam sebuah laporan aktivitas nirlaba difokuskan untuk menyajikan perubahaan jumlah aktiva bersih selama suatu periode. Perubahaan pada aktiva bersih dalam laporan aktivitas tercemin pada aktivia bersih atau ekuitas dalam laporan posisi keuangan.

Selain itu Informasi yang terdapat dalam laporan keuangan aktivitas nirlaba ini digunakana secara bersamaan dengan pengungkapan informasi laporan keuangan lainnya yang bertujuan untuk membantu donatur, kreditur, organisasi, dan pihak lainnya.

custom-form-newsletter

Hal ini dilakukan juga untuk mengevaluasi kinerja dalam suatu periode, menilai upaya, kemampuan, dan kesinambungan organisasi dalam memberikan jasa, dan menilai pelaksanaan tanggung jawab dan kinerja manajer.

Berikut dibawah ini terdapat contoh laporan keuangan organisasi nirlaba

Organisasi Nirlaba
Laporan Aktivitas
Untuk Tahun Berakhir Pada Tanggal 20 Januari

3. Laporan Arus Kas

Fungsi laporan arus kas adalah sebagai penyedia informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dalam suatu periode. Namun laporan arus kas ini disajikan sesuai PSAK 2 dengan tambahan sebagai berikut:

• Aktivitas Pendanaan

Yang dimaksud dengan aktivitas pendanaan adalah seperti penerimaan kas dari donatur yang penggunannya dibatasi untuk jangka panjang, penghasilan investasi dan penerimaan kas yang dibatasi untuk memperoleh, pemeliharaan aktiva tetap, atau peningkatan dana abadi.

• Pengungkapan Informasi

Dengan adanya laporan arus kas, Anda akan mendapatkan informasi mengenai aktivitas investasi dan pendanaan non kas seperti sumbangan berupa aktiva investasi atau bangunan.

Itulah beberapa laporan keuangan nirlaba yang dibutuhkan untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan Anda. Dengan Anda mengetahui kondisi keuangan, perusahaan nirlaba dapat lebih mudah menilai kemampuannya dalam memberikan jasa.

Dalam proses pembuatan laporan keuangan, setiap perusahaan bisa menggunakan bantuan software akuntansi. Dengan software akuntansi, Anda dapat memiliki laporan keuangan secara cepat dan tepat.

Gunakan software akuntansi seperti Harmony.  Melalui Harmony Anda bisa menggunakan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi, membuat invoice dengan template yang mudah, melakukan rekonsiliasi bank otomatis dan mendapatkan laporan keuangan secara realtime di mana saja dan kapanpun Anda inginkan. Mudah, cukup daftarkan akun Anda di sini dan dapatkan Gratis 30 Hari.

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang Harmony dan insight bisnis, kunjungi sosial media seperti Facebook, Instagram dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/