Harmony Blog

Konsep Dasar Manajemen Keuangan, Penting Diketahui Pebisnis

Diupdate Apr 21st, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Konsep Dasar Manajemen KeuanganPin

Dalam mengendalikan sebuah keuangan perusahaan, diperlukan sebuah konsep dasar manajemen keuangan dan informasi akuntansi bisnis dalam mengalokasikan dana, serta mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Konsep dasar manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk Anda pahami ketika Anda memiliki kegiatan yang berhubungan dengan keuangan perusahaan.Click to Tweet

Sebab jika perusahaan tidak memiliki konsep dasar manajemen keuangan yang baik tentu perusahaan akan kesulitan dalam menjalankan bisnisnya. Seperti yang Anda ketahui juga, bahwa uang merupakan sebuah alat penting yang harus dimiliki ketika dalam melakukan sebuah transaksi.

Maka oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui sebuah konsep dasar manajemen keuangan. Lantas, apa saja yang terdapat dalam sebuah konsep dasar manajemen keuangan? Berikut akan kami jelaskan mengenai konsep dasar manajeman keuangan di bawah ini.

Mengenal Manjemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah salah satu bagian dari konsep dasar akuntansi ataupun teori akuntansi. Meskipun demikian, ilmu manajemen keuangan sangatlah luas.

Mengenal manajemen keuanganPin

Namun adapun sebagian orang mengartikan bahwa konsep dasar manajemen keuangan hanya merupakan suatu kegiatan catat mencatat dalam sebuah laporan keuangan dan menjadi tanggung jawab bidang keuangan saja dan faktanya lebih luas dari itu.

Manajemen keuangan meliputi seluruh aktivitas organisasi dalam rangka mendapatkan, mengalokasikan serta menggunakan dana secara efektif dan efisien. Manajemen keuangan juga tidak hanya mendapatkan dana saja, melainkan mempelajari bagaimana cara menggunakan serta mengolah dana tersebut.

Prinsip Manajemen Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa prinsip manajemen keuangan yang perlu Anda ketahui yaitu:

  • Prinsip Akuntabilitas

    Dalam teori akuntansi prinsip ini merupakan suatu kewajiban hukum serta moral ketika dalam memberikan penjelasan tentang sebuah opini audit untuk setiap penggunaan dana serta tanggung jawab yang sudah diberikan.

    Maka dari itu untuk setiap masing-masing individu maupun perusahaan harus bisa menjelaskan secara rinci mengenai tentang penggunaan dan hal-hal yang berkaitan dengan dana tersebut.

  • Prinsip Kelangsungan Hidup

    Maksud dari prinsip ini ialah, salah satu cara dalam menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup keuangan perusahaan Anda adalah dengan melakukan penyesuaian antara sistem pembayaran biaya operasi dengan dana yang tersedia.

  • Prinsip Konsisten

    Ketika dalam mengelola keuangan perusahaan hendaknya dilakukan secara bijak, konsisten, serta tidak berubah-ubah. Apabila terjadi sebuah perubahaan, itu juga harus disertai alasan yang jelas dan tepat.

  • Prinsip Transparansi

    Arti dari prinsip ini ialah, adanya keterbukaan dari pihak manajemen kepada pemakai informasi akuntansi dalam memberikan informasi mengenai aktivitas yang berhubungan dengan keuangan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya sebuah kesalahpahaman atau manipulasi di masa depan.

  • Prinsip Standar Akuntansi

    Konsep dasar akuntansi yang ingin diterapkan dalam sebuah organisasi atau perusahaan harus sesuai dengan prinsip serta standar akuntansi yang berlaku secara umum.

  • Prinsip Integritas

    Bagi setiap individu maupun organisasi harus memiliki integritas yang tinggi ketika ingin menjalankan sebuah operasional perusahaannya. Hal ini terbukti ketika perusahaan mampu membuat laporan keuangan dengan lengkap dan akurat.

Konsep dasar keuanganPin

Konsep Dasar Manajemen Keuangan

Berikut ini terdapat beberapa dasar keuangan yang perlu untuk Anda ketahui juga. Mari simak beberapa poin yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Net Income

    Konsep dasar manajemen keuangan yang perlu pertama adalah pendapatan bersih. Artinya pendapatan suatu organisasi yang dikurangi harga pokok penjualan, pengeluaran, depresiasi, amortisasi, bunga, dan pajak.

    Pendapatan bersih sangat berguna bagi investor untuk menilai seberapa banyak pendapatan yang melebihi pengeluaran organisasi. Biasanya nilai yang muncul pada laporan laba rugi perusahaan dan juga menjadi indikator profitabilitas perusahaan. Apabila pendapatan bersih menunjukkan angka yang tinggi dibanding dengan perusahaan pesaing, maka dikatakan kondisi perusahaan Anda semakin baik.

  • Tingkat Likuiditas

    Konsep dasar manajemen keuangan selanjutnya ialah likuiditas. Pengertian likuiditas (liquidity) adalah kemampuan untuk memenuhi seluruh kewajiban yang harus dilunasi segera dalam waktu yang singkat.

    Secara umum likuiditas adalah daya atau kemampuan suatu perusahaan membayar kewajiban jangka pendek dan utang yang dimiliki. Salah satu contoh hutang jangka pendek yang dimiliki perusahaan seperti pajak, utang usaha, dividen dan beberapa jenis lainnya.

    Bagi setiap perusahaan memiliki level likuiditas yang berbeda yang bisa digambarkan dengan angka. Yang mana digunakan untuk mengambarkan level likuiditas yang dimiliki sebuah perusahaan adalah sebuah rasio.

    Namun apabila tingginya likuiditas merupakan pertanda bahwa sebuah perusahaan memiliki kinerja yang baik dalam melakukan kegiatan operasional.

    Adapun manfaat konsep dasar keuangan likuiditas bagi perusahaan adalah:

    • Sebagai alat mengantisipasi adanya kebutuhan dana mendesak yang harus dipenuhi oleh perusahaan
    • Akan memudahkan nasabah yang hendak melakukan peminjaman dan penarikan dana.
    • Bisa menjadi tolak ukur tingkat fleksibilitas perusahaan dalam mendapatkan investor atau usaha lain yang menguntungkan bagi perusahaan.
  • Alokasi Aset dan Diversifikasi

    Keduanya memiliki aspek pengelolaan risiko yang saling berkaitan. Yaitu dalam alokasi aset biasanya terjadi risiko kesalahan, nah risiko ini bisa berkurang dengan melakukan diversifikasi jenis investasi. Misalnya dengan membaginya di beberapa jenis kelas aset yang berbeda.

    Kegiatan alokasi aset bisa diartikan sebagai tempat di mana Anda akan menyimpan uang, tergantung pada kebutuhan individu maupun perusahaan yang Anda miliki. Bisa dengan membeli rumah, tanah, atau apapun.

    Berlangganan newsletter kami
    Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
  • Konsep Bear Market

    Konsep bear market ini biasanya digunakan untuk memberikan info periode penurunan harga surat berharga misalnya ketika harga sebesar 20% atau lebih.  Adanya bear market pada saham disebabkan ketika investor menjual saham dan biasanya digunakan untuk mengantisipasi memburuknya kondisi ekonomi dan penurunan keuntungan.

  • Melakukan Toleransi Atas Risiko

    Setiap perusahaan yang ingin berinvestasi pasti memiliki rentang toleransi dalam risiko yang harus dihadapinya. Pengertian toleransi risiko yang dimaksud adalah suatu ukuran dari tingkat ketidakpastian yang diterima oleh seorang investor atau pengusaha berkaitan perubahan negatif terhadap bisnis atau aset.

    Namun ada beberapa penilaian tentang toleransi risiko bagi seorang pebisnis, seperti survei atau kuesioner terkait risiko investasi. Ada baiknya Anda mungkin harus melakukan peninjauan kembali imbal hasil berbagai kelas aset. Sebab hal ini dilakukan agar mendapatkan masukan / ide tentang seberapa besar uang yang rela Anda korbankan (berpotensi untuk rugi), apabila investasi Anda mengalami tahun-tahun buruk.

Semua informasi di atas, perlu Anda ketahui sebagai pebisnis. Bahkan bukan hanya mengetahui secara umum namun menerapkannya dalam bisnis Anda.

Tentunya jika perusahaan Anda melakukan konsep dasar manajemen keuangan yang baik, maka perusahaan pun akan menikmati keuntungan yang maksimal. Hal ini dilakukan sebagai jawaban untuk menghadapi tantangan bisnis di luar sana.

Era digital sekarang pastinya memudahkan Anda berbisnis. Nah, kini ada software akuntansi yang akan membantu Anda membuat laporan keuangan dengan mudah, tepat, dan cepat.

Harmony merupakan software akuntansi online yang dilengkapi dengan fitur akuntansi yang mudah untuk segala bentuk laporan keuangan bisnis Anda. Cara menggunakan dan mendapatkannya juga mudah, Anda hanya perlu melakukan pendaftaran di sini, maka selanjutnya akan langsung bisa menggunakan software akuntansi Harmony secara gratis selama 30 hari.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan tips dan berita terbaru seputar keuangan, bisnis, pajak dan lainnya yuk, kunjungi dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK