Harmony Blog

Pahami Klasifikasi Biaya Agar Tak Salah Catat Dalam Pembukuan

Diupdate Agu 27th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Klasifikasi BiayaPin

Sedang mencatat akuntansi biaya? Dalam pembukuan, klasifikasi biaya perlu diperhatikan secara detail agar tak keliru mencatat transaksi dan kategori biaya. Dengan adanya klasifikasi biaya, semakin mudah bagi tim finance atau accounting mencatat biaya berdasarkan kelompok nominalnya.

Klasifikasi biaya adalah suatu pengelompokkan atau pemisahan besaran nominal biaya berdasarkan kategori atau jenis tertentu.Click to Tweet

Tujuan utama klasifikasi biaya tentunya selain mempermudah dalam pencatatan akuntansi biaya, juga membedakan kebutuhan operasional usaha. Sehingga nantinya, investor atau pemilik usaha bisa lebih memahami ketika membaca laporan keuangan atau pembukuan usaha.

Pengertian Klasifikasi Biaya Adalah

Sesuai namanya, klasifikasi biaya adalah suatu pengelompokkan atau pemisahan besaran nominal biaya berdasarkan kategori atau jenis tertentu. Akuntansi biaya dapat disusun dan dicatat secara sistematis, rapi, dan kategori tertentu yang mudah dibaca dan dipahami.

Pengertian klasifikasi biayaPin

Contoh klasifikasi biaya dapat dilihat langsung pada laporan pembukuan keuangan atau akuntansi biaya. Terdapat berbagai kategori atau kelompok yang mencirikan contoh penggolongan biaya.

Antara lain: contoh penggolongan biaya berdasarkan fungsi manajemen, contoh penggolongan biaya berdasarkan pengaturan waktu, contoh klasifikasi biaya berdasarkan pelacakan, contoh penggolongan biaya berdasarkan perilaku, dan lainnya.

Contoh Klasifikasi Biaya Berdasarkan Fungsi Manajemen

Adapun contoh klasifikasi biaya yang memiliki fungsi pada manajemen yakni:

  1. Biaya Produksi

    Biaya produksi yaitu sejumlah anggaran yang dikeluarkan perusahaan dalam mengubah bahan baku mentah hingga menjadi suatu produk siap pakai atau produk jadi. Biaya produksi mencakup biaya overhead, biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan baku, dll.

  2. Biaya Non Manufaktur

    Sedangkan, biaya non manufaktur adalah biaya yang tidak dipakai dalam mengubah bahan baku menjadi produk jadi. Biaya non manufaktur mencakup biaya pengiriman gaji, biaya komisi penjual, biaya iklan, biaya administrasi, dll.

Contoh Klasifikasi Biaya Berdasarkan Pelacakan

Berikut ini beberapa contoh klasifikasi sesuai dengan pelacakan pembukuan adalah:

  1. Biaya Langsung

    Biaya langsung adalah biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk operasional yang berkaitan penetapan harga pokok penjualan. Misalnya, biaya bahan baku langsung dan biaya tenaga kerja langsung.

  2. Biaya Tidak Langsung

    Sementara itu, biaya tidak langsung adalah biaya umum atau biaya bersama. Biaya ini meliputi biaya overhead pabrik, biaya operasional, dll.

Contoh Klasifikasi Biaya Berdasarkan Pengaturan Waktu

Berdasarkan contoh klasifikasi sesuai dengan peraturan waktu antara lain:

  1. Biaya Produk

    Biaya produk disebut juga dengan biaya inventori. Yaitu bagian dari biaya inventaris yang dikenakan atas pendapatan. Seperti biaya penjualan saat transaksi penjualan berlangsung.

  2. Biaya Periode

    Biaya periode yaitu biaya yang dibebankan atas pendapatan dan tidak bisa diinventarisasi. Contoh biaya periode seprti biaya administrasi, biaya penjualan, dll.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Klasifikasi Biaya Berdasarkan Perilaku

Inilah contoh berdasarkan perilaku pada biaya yaitu antara lain:

  1. Biaya Variabel

    Biaya yang berbanding lurus dengan perubahan kegiatan. Contoh penggolongan biaya variabel adalah biaya tenaga kerja langsung, biaya bahan langsung, komisi penjualan.

  2. Biaya Tetap

    Biaya tetap adalah biaya yang jumlahnya tetap tanpa terpengaruh tingkat kegiatan. Seperti asuransi, sewa, depresiasi memakai metode garis lurus.

  3. Biaya Campuran

    Biaya yang totalnya bervariasi namun tidak berbanding lurus dengan perubahan tingkat kegiatan. Formula biaya campuran meliputi biaya tetap dan biaya variabel tambahan. Contoh penggolongan biaya campuran adalah biaya tagihan listrik.

Dengan memahami klasifikasi biaya dalam akuntansi biaya, tentunya pelaku usaha bisa lebih mudah membaca laporan keuangan dan pembukuan bisnisnya. Tak perlu lagi mencatat transaksi dalam buku besar berbasis kertas yang terkadang ribet dan rentan kesalahan.

Pakai software akuntansi online dari Harmony untuk mengelola anggaran keuangan dan pembukuan bisnis lebih praktis, modern, dan akurat. Termasuk mengklasifikasi biaya sesuai kategori yang diinginkan bisnis.

Tim finance bisa menyelesaikan tugas pembukuan usaha dalam waktu efisien, tanpa menghabiskan waktu dan tenaga dengan pencatatan manual. Coba gunakan Software Akuntansi Harmony secara GRATIS 30 hari, daftar melalui tautan ini.

Cukup terjangkau per bulannya, para pelaku UMKM dan pebisnis dapat mengelola pembukuan sistematis dan rapi dengan fitur lengkap. Termasuk penagihan otomatis, rekonsiliasi bank, laporan stok, dan otomasi pembuatan laporan keuangan lainnya.

Silakan follow akun InstagramLinkedIn, dan  Facebook untuk update aktivitas dan info menarik dari Harmony setiap hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!