Harmony Blog

Ketahui Pengertian Subsidi dan Jenisnya Secara Lengkap

Diposting Apr 21st, 2021
4

SHARES

PEMBACA

Pengertian SubsidiPin

Beberapa tahun terakhir, mungkin banyak orang yang bertanya mengenai pengertian subsidi. Pemerintah menggunakan fungsi APBN secara maksimal untuk membantu masyarakat kelas menengah ke bawah sekaligus mendorong perekonomian dengan memberikan subsidi secara berkala.

Jadi, pengertian subsidi adalah pemberian bantuan berupa uang atau barang kepada masyarakat, baik yayasan maupun komunitas dari pemerintah sebagai salah satu bentuk tanggung jawab ekonomi.

Secara umum, pengertian subsidi adalah membantu masyarakat dalam hal ekonomi dan mendorong daya beli masyarakat.Click to Tweet

Di Indonesia, menurut pengertian subsidi adalah bantuan uang sebesar mulai dari Rp 300 ribu, yang sistem pembayarannya dilakukan kepada masyarakat pemegang kartu Keluarga Sejahtera.

Tidak hanya berupa uang atau barang kebutuhan pokok, sesuai dengan namanya pengertian subsidi juga diberikan oleh pemerintah dalam bentuk token listrik gratis maupun subsidi lainnya bagi masyarakat. Diutamakan, bagi masyarakat yang memiliki analisis pekerjaan tidak tetap atau bekerja serabutan dan tidak mampu memenuhi keperluan ekonomi sehari-hari.

Tujuan Subsidi

Secara umum, manfaat dari pengertian subsidi adalah membantu masyarakat dalam hal ekonomi dan mendorong daya beli masyarakat. Namun, sebenarnya tujuan subsidi adalah dapat meringankan harga atau memotong harga, sehingga masyarakat bisa membeli produk/ jasa di pasaran.

Tujuan subsidiPin

Lalu, apa saja contoh dari tujuan subsidi yang bisa ditemui di Indonesia saat ini. Contoh subsidi adalah sebagai berikut:

  • Subsidi berupa uang tunai langsung. Berupa uang tunai hingga pinjaman dana.
  • Subsidi berupa potongan pajak atau keringanan pajak.
  • Subsidi berupa bahan sembako atau jasa tertentu.
  • Subsidi yang dilakukan pemerintah dalam suatu sistem pembayaran agar meringankan harga produk/ jasa yang akan digunakan masyarakat.

Selanjutnya, tak hanya memberikan subsidi bagi masyarakat pra sejahtera, contoh subsidi adalah ketika pemerintah memberi bantuan dana kepada eksportir atau importir yang melakukan perdagangan internasional. Hal ini dilakukan agar aktivitas impor dan ekspor semakin maju dan berkembang.

Manfaat Subsidi

Berikut adalah beberapa manfaat subsidi yang perlu dipahami masyarakat. Adapun manfaat dari contoh subsidi adalah:

  • Menurunkan harga barang atau jasa di pasaran agar berada di posisi normal atau di bawah harga standar.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama ekonomi ke bawah agar dapat mencukupi keperluan sehari-hari.
  • Mempertahankan daya beli masyarakat.
  • Menambah tingkat produktivitas usaha.
  • Menjaga kestabilan produksi barang dan jasa di dalam negeri.
  • Menghindari kebangkrutan di tengah krisis ekonomi.
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Peranan Subsidi Bagi Ekonomi Negara

Masih terdapat kontroversi terhadap peran subsidi ekonomi yang dilakukan pemerintah kepada ekonomi bangsa. Di satu sisi, pakar ekonomi mengatakan pemerintah harus membantu, sedangkan ada juga pakar yang menyebutkan sebaiknya pemerintah tidak perlu ikut campur.

Namun, perlu diingat bahwa terkadang kondisi pasar di saat-saat tertentu sangat tidak stabil dan terjadi tingkat kompetisi yang tidak adil. Di sini, subsidi yang dilakukan pemerintah dapat menjadi solusi agar kompetisi pasar berjalan stabil dan daya beli ekonomi masyarakat meningkat.

Demikianlah pengertian subsidi yang sekarang umum terdengar di masyarakat. Dalam kondisi tertentu, subsidi memang dibutuhkan agar tidak sampai terjadi kegagalan pasar atau bahkan kebangkrutan usaha akibat masyarakat yang tidak mampu membeli produk barang atau jasa.

Pengertian subsidi yang dimaknai sebagai bantuan pemerintah, pada dasarnya bertujuan sangat positif. Yaitu, agar mampu meningkatkan kesejahteraan sosial dan membantu masyarakat miskin agar mampu memenuhi keperluan hidupnya.

Bisa dibilang, pengertian subsidi adalah salah satu upaya pemerintah dalam menjaga kelancaran ekonomi negara dan kestabilan kompetisi pasar. Sama halnya dengan bisnis, dibutuhkan solusi agar tetap menjaga kelancaran sistem pembukuan yang modern, rapi, dan cepat.

Di sinilah, Software Akuntansi Harmony berperan untuk menyederhanakan tugas-tugas akuntansi agar bebas ribet dan tidak terlalu banyak membuang waktu sia-sia. Hanya dalam beberapa klik, sistem pembukuan bisnis bisa berjalan lebih praktis, sistematis, dan otomatis. Pengelolaan keuangan bisa dilakukan lebih mudah secara instan. Dengan cara buktikan keunggulan Software Akuntansi Harmony, GRATIS pemakaian selama 30 Hari daftar di sini.

Info lebih lanjut, silakan follow dan like akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony untuk info menarik lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony