Harmony » Blog » 

Jenis Bahan Baku yang Digunakan dalam Industri, Pelajari Selengkapnya

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 30, 2021

Semua industri dari skala kecil hingga sebesar perusahaan manufaktur pasti membutuhkan bahan baku. Namun sudahkah Anda mengetahui jenis bahan baku yang sering digunakan pebisnis lainnya.

Jenis bahan baku adalah jenis bahan yang akan digunakan untuk proses produksi kecuali bahan gabungan dengan produk lain dalam perusahaan manufaktur.Click to Tweet

Nyatanya bisa dipastikan biaya komponen produksi menjadi salah satu poin anggaran yang dipersiapkan perusahaan agar bisa menghasilkan barang produksi.

Tapi, apa sih pengertian bahan baku? Dan, apakah semua jenis bahan baku dapat digunakan untuk proses produksi? Mari simak ulasan selengkapnya, berikut ya

Apa itu Bahan Baku?

Nah, kini pahami dahulu pengertiannya, bahan baku adalah semua bahan yang akan digunakan untuk proses produksi kecuali bahan yang akan digabungkan dengan produk lain dalam satu perusahaan manufaktur.

Dapat disimpulkan bahan baku adalah bahan untuk membuat sebuah produk jadi atau bagian dari bentuk produk.

Dalam prosesnya perusahaan mengeluarkan biaya bahan baku seperti ongkos kirim, biaya penyimpanan, harga bahan, dan lainnya.

Karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit, maka perusahaan harus berhati-hati dalam memilih jenis bahan baku yang tepat.

Baca Juga : Perusahaan Manufaktur: Pengertian, Sistem, dan Contohnya

Selain menentukan jenis bahan baku yang sesuai, Anda juga harus memperhatikan kestabilan harga bahan baku.

Cara ini merupakan salah satu strategi penjualan perusahaan untuk mematok harga jual. Jangan sampai harga jual tidak stabil karena mahalnya biaya produksi.

Jenis Bahan Baku Industri

Pentingnya mengetahui jenis bahan baku industri yang tepat tentu dibutuhkan oleh industri menengah ke bawah.

Jenis Bahan Baku Industri

Mayoritas industri skala mikro, kecil, dan menengah sangat bergantung pada harga bahan baku sebagai patokan harga jual produk. Selain itu harga bahan baku juga dipengaruhi oleh jenis industri yang membutuhkannya.

  • Bahan Baku Industri Ekstraktif

    Perusahaan manufaktur yang bergantung pada bahan baku hasil alam dikelompokkan sebagai industri dengan bahan baku ekstraktif. Jenis bahan baku ekstraktif diambil langsung dari sumber daya alam setempat. Contoh bahan baku yang digunakan antara lain peternakan, pertanian, kehutanan dan hasil tambang.

  • Bahan Baku Industri Non-Ekstraktif

    Jenis bahan baku industri non-ekstraktif umumnya digunakan pada produk kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, furniture, kendaraan dan lainnya. Industri pengolahan bahan baku non-ekstraktif disebut industri non-ekstraktif. Contoh bahan baku yang diolah antara lain kayu lapis, kapas, hingga teh seduh.

  • Bahan Baku Industri Fasilitatif

    Industri dengan jenis bahan baku fasilitatif lebih dikenal dengan industri layanan jasa. Jenis industri ini menjual jasa atau layanan kepada konsumen, seperti jasa pengiriman, pendampingan hukum, jasa keuangan, dan lainnya.

Jenis Persediaan Bahan Baku

Pada proses produksi, terdapat tiga jenis bahan baku yang digunakan yaitu bahan baku utama yang masih mentah, setengah jadi, dan produk jadi.

  • Bahan Baku Utama

    Bahan baku utama dalam industri manufaktur disebut juga bahan mentah. Jenis bahan baku ini umumnya berasal dari alam dan akan diolah menjadi produk utama. Apabila harga bahan baku utama tinggi, maka harga jual produk juga dinaikkan.

    [elementor-template id="26379"]

  • Bahan Setengah Jadi Atau Dalam Proses

    Bahan baku setengah jadi umumnya belum mempunyai nilai jual. Selanjutnya jenis bahan baku ini diproses kembali hingga menghasilkan nilai lebih. Makin rumit prosesnya, makin tinggi harga jual produknya.

  • Produk Jadi

    Produk jadi merupakan stok barang yang sudah selesai diproduksi dan siap dipasarkan. Apabila perusahaan terlalu lama menyimpan produk beresiko menurunkan kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan memetakan alur distribusi yang tepat supaya produk tidak terlalu lama berada di gudang.

  • Bahan Pembantu atau Penolong

    Jenis bahan baku ini digunakan untuk meningkatkan efektivitas proses produksi. Umumnya bahan pembantu tidak terlihat dampaknya secara langsung pada produk jadi dan hanya sedikit mempengaruhi harga jual produk.

Tak bisa dipungkiri, bahan baku adalah salah satu unsur utama untuk menghasilkan produk di berbagai bidang industri.

Maka itu, perusahaan perlu mempersiapkan anggaran dan tata kelola keuangan yang tepat untuk menyediakan bahan baku industri.

Manfaatkan Software Akuntansi Harmony untuk mengelola pembukuan bisnis dan laporan keuangan yang lebih modern. Aplikasi Harmony hadir dalam berbagai fitur akunting yang mudah dipakai, antarmuka atau tampilan yang sederhana, serta menyederhanakan tugas tim finance.

Selesaikan tugas-tugas administratif dan akuntansi secara cepat, akurat, dan otomatis, dengan Software Akuntansi Harmony. Daftar sekarang di tautan ini untuk coba GRATIS 30 hari.

Ingin mempelajari tentang aplikasi selengkapnya? Yuk, langsung daftar sekarang juga. Anda juga bisa follow InstagramLinkedIn, dan  Facebook Harmony agar tak ketinggalan info terupdate lainnya.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram