Harmony » Blog » 

Inilah Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Maret 30, 2020

Untuk sebagian orang, sales dan marketing akan dianggap dua hal yang sama. Namun pada kenyataannya, sales dan marketing merupakan dua hal sangat berbeda. Dalam dunia bisnis, perbedaan sales dan marketing dapat ditinjau dari beberapa aspek. Sebelum mengulas lebih lanjut mengenai perbedaan sales dan marketing, berikut ini akan dibahas terlebih dahulu definisi dari keduanya.

Pengertian Sales dan Marketing

Sales merupakan kegiatan yang hanya terfokus pada penjualan suatu produk perusahaan serta bertujuan dalam meningkatkan penjualan produk saja. Sedangkan, marketing merupakan keseluruhan dari sistem pada suatu kegiatan perusahaan yang bertujuan untuk merencanakan kemasan yang menarik atas produk, penetapan harga, menentukan cara promosi, dan pendistribusian barang yang bertujuan dalam memuaskan pelanggan.

Sales dan Marketing merupakan 2 hal yang sangat penting dalam bisnis, keduanya memiliki peranan dalam perkembangan perusahaan.

Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa proses marketing memang lebih panjang dan kompleks daripada proses sales. Dalam menerapkan strateginya, marketing menerapkan konsep marketing mix yaitu product, price, place, promotion,dan lain sebagainya.

Dari istilah 7P tersebut, sales hanya menjadi bagian dari salah satu istilah yang ada pada marketing yaitu promotion. Dengan demikian, kegiatan sales tidak memperhatikan faktor lain selain promotion yang bisa menjadi menunjang pemasaran brand atau produk bisnis.

Inilah Perbedaan Sales dan Marketing

Lantas, Sales dan Marketing apakah dua hal yang sama? Ini jawabannya: Perbedaan sales dan marketing secara garis besar dapat diketahui dari definisi kedua proses ini. Sales merupakan bagian dari marketing khusus untuk bidang promosi. Namun, dari segi yang lain, perbedaan sales dan marketing dapat dibedakan dari beberapa aspek.

1. Aspek Strategi Sales dan Marketing

Dalam aspek strategi, sales tidak terlalu mementingkan cara menjaga citra produk, namun lebih pada cara menginformasikan kelebihan produk agar konsumen tertarik untuk membelinya. Sedangkan akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa dengan cepat memutuskan untuk membeli ditawarkan karena telah mengetahui kualitas dari produk tersebut.

2. Aspek Hubungan dengan Pelanggan

Hubungan antara sales dengan pelanggan hanya sebatas dalam proses transaksi jual beli dan sales tidak bertanggung jawab untuk menjaga hubungan yang baik atau jangka panjang. Sedangkan marketing harus tetap menjaga hubungan dengan pelanggan dari awal transaksi sampai dengan setelah melakukan transaksi agar konsumen tetap loyal dengan brand perusahaan.

3. Aspek Proses Kerja

Dari segi proses kerja, sales akan mendekati dan menghadapi langsung konsumen dengan berbagai cara. Sedangkan marketing hanya menyiapkan tools dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan oleh perusahaan. 

4. Aspek dalam Ruang Lingkup Pekerjaan

Dalam aspek ruang lingkup kerja, sales cenderung bersifat short term sementara tim marketing lebih long term karena harus menjaga hubungan dan membina relasi yang harmonis dengan para partner dan vendor yang terkait pemasaran produk.

5. Aspek Segi Prioritas dan Fungsi

Dalam aspek prioritas kerja dan fungsi, sales harus melayani konsumen dan membantu untuk mendapatkan produk yang dicari. Sedangkan marketing harus mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen, dan membangun hubungan yang baik.

6. Aspek Tujuan

Dalam aspek tujuan, sales hanya bertugas agar produk perusahaan laku terjual sesuai target. Sementara marketing, wajib menjaga brand image perusahaan agar keputusan konsumen mengetahui kualitas produk dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

Sedangkan, dalam bidang sales atau penjualan, menjaga brand bukanlah hal yang penting. Tujuan sales adalah produk perusahaan laku terjual dan target penjualan yang telah ditetapkan terpenuhi.

7. Aspek Aktivitas Kerja dan Target

Sales akan langsung berurusan dengan konsumen dalam aktivitas dan target, sedangkan marketing melakukan segala aktivitas pemasaran dari belakang untuk menganalisis keberhasilan target kerja. 

Itulah pengertian yang disertai dengan perbedaan sales dan marketing. Untuk zaman sekarang yang serba digital, bisa dibilang kegiatan sales dan marketing bisa dilakukan sekaligus, khususnya bagi perorangan yang menjalankan bisnis secara online. Sales maupun Marketing juga disarankan mempunyai kemampuan dalam mengelola, merapihkan, dan menganalisa keuangan. Dengan begitu kemampuan sebagai sales maupun marketing akan semakin tajam. Untuk mendapatkan kemampuan tersebut tidak perlu repot Anda dapat menggunakan alat bantu seperti software akuntansi.

Harmony adalah software akuntansi online yang dapat Anda gunakan dengan mudah walaupun Anda tidak memiliki background sebagai seorang akuntan profesional. Dengan software Harmony Anda akan dapat mengelola, merapihkan dan juga dapat menganalisa keuangan Anda. Dengan begitu kemampuan sebagai seorang sales maupun marketing dalam menjalankan bisnis akan semakin berkembang pesat. Tertarik mencoba menggunakan Harmony? Daftar GRATIS 30 Hari dengan klik disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram