Harmony Blog

Inilah Contoh Target Audience dan Cara Menentukannya

Diposting Jul 15th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Contoh Target AudiencePin

Akan lebih mudah bagi Anda dalam membuat rencana strategis marketing jika sudah memahami siapa saja target audience atau target market. Dengan melihat dan memahami contoh target audience yang ada di berbagai bisnis, pelaku UMKM atau pebisnis handal dapat mengenali target konsumen secara spesifik dan menyesuaikan layanan atau produknya.

Contoh target audience dapat berpusat di sekitar kelompok atau kalangan tertentu. Apakah itu pria, wanita, remaja, atau anak-anak.Click to Tweet

Pengertian target audience adalah kelompok konsumen tertentu yang paling potensial dan menginginkan produk atau jasa Anda. Maka itu, target market atau targeting audience ini harus melihat kampanye iklan Anda.

Contoh target audience ada banyak. Biasanya, strategi pemasaran brand untuk target pasar dapat dibuat berdasarkan usia, penghasilan, lokasi geografis, jenis kelamin, minat, dan faktor lainnya.

Contoh Target Audiens

Setiap perusahaan atau bidang bisnis memiliki contoh target audience yang berbeda. Target market dapat berpusat di sekitar kelompok atau kalangan tertentu. Apakah itu pria, wanita, remaja, atau anak-anak.

Umumnya, target market memiliki minat yang sama. Seperti membaca, sepak bola, berlari, dan sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh target audience yang dapat diperhatikan:

  1. Contoh Target Audience Biro Travel

    Biro travel umumnya menyasar target konsumen kalangan berusia 30-55 tahun yang sebagian besar adalah wanita (70%) dan pria (30%). Khusus untuk biro travel yang menargetkan B2B atau korporasi, maka target konsumennya adalah staf inventaris, staf supplier, staf ekspor-impor, atau eksekutif yang sering bepergian atau dinas ke luar kota/ luar negeri.

    Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

  2. Contoh Target Audience Toko Sepatu Olahraga

    Sedangkan, contoh target audience bagi Anda yang memiliki bisnis toko sepatu adalah pria (60%) dan wanita (40%) yang berumur sekitar 18-29 tahun. Target pasar yang paling tepat untuk ditawarkan produk sepatu adalah mereka yang senang tampil fashionable, tapi tidak terlalu mengikuti trend.

    Contoh target audience toko sepatu olahragaPin

    Biasanya, target konsumen toko sepatu olahraga juga adalah orang yang loyal pada satu atau dua merek sepatu atletik. Mereka juga menyukai tokoh olahraga tertentu.

    Nah, jika memang menurut Anda contoh target audience sepatu olahraga di atas, hampir mirip dengan target pasar Anda. Maka, sebaiknya ajak kolaborasi influencer atau atlet olahraga untuk promosi brand Anda di media sosial.

  3. Contoh Target Audience Perusahaan Software Akuntansi

    Melihat contoh target audience yang pertama, sebuah perusahaan software akuntansi atau Saas (software as a service). Demografi target konsumen adalah laki-laki (65%) dan perempuan (35%). Berada dalam rentang usia antara 35-49 tahun.

    Perusahaan Software Akuntansi menyasar targeting audience yang memiliki jabatan tinggi di kantornya untuk membeli atau berlangganan software akuntansi. Misalnya, manager IT, chief financial officer, akuntan senior, atau pebisnis umumnya.

    Dalam hal ini, contoh target audience di bidang Saas perlu ditawarkan iklan melalui email yang ditindaklanjuti dengan telepon. Bisa juga menghubungi lewat LinkedIn, kemudian menawarkan demo gratis software akuntansi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Menentukan Target Audience Atau Target Market

Untuk menentukan targeting audience atau target market, Anda perlu meluangkan waktu menganalisis engagement, serta trend pembelian. Langkah berikut akan membantu Anda mewujudkan target market.

  • Menganalisis Dan Wawancara Target Konsumen

    Cara terbaik untuk menentukan siapa target konsumen atau targeting audience adalah melihat siapa saja yang sudah membeli produk atau jasa Anda. Berapa umurnya? Di mana mereka tinggal? Apa hobinya? Dll. Cara terbaik untuk memperoleh jawabannya adalah melakukan survey atau polling.

  • Riset Kondisi Pasar

    Coba riset pasar sesuai industri Anda untuk menentukan, di mana ada kendala atau hal yang perlu ditingkatkan dalam layanan. Lihat trend produk serupa untuk menambah nilai unique selling point produk Anda.

  • Menganalisis Pesaing

    Untuk menentukan contoh target konsumen, Anda juga perlu mempelajari pesaing. Siapa saja yang membeli produknya? Atau bagaimana penjualan bisa sukses? Apakah memakai penjualan online atau offline? dan lainnya.

  • Buat Persona

    Cara menentukan contoh target audience selanjutnya adalah dengan membuat persona. Apa itu persona? Persona adalah gambaran tentang citra atau karakteristik target konsumen Anda. Persona dibuat berdasarkan data, survei, keterlibatan digital, dan informasi lainnya tentang pembeli.

  • Pakai Google Analytics

    Google Analytics menawarkan data ekstensif tentang siapa saja target konsumen yang mengunjungi website Anda. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan siapa saja target konsumen Anda.

    Misalnya, data tentang domisili target konsumen, atau jenis konten yang disukai target pasar, dan informasi penting lainnya.

Setelah Anda menentukan siapa saja target konsumen, Anda bisa segera menyusun strategi pemasaran produk yang tepat untuk memaksimalkan penjualan dan meraih profit bisnis.

Agar strategi pemasaran bisnis berjalan lancar, alokasikan juga anggaran keuangan yang tepat. Soal manajemen keuangan dan pembukuan bisnis, Anda bisa percayakan pada Software Akuntansi Online dari Harmony.

Reliable, mudah dipakai, dan online kapan saja karena berbasis teknologi cloud. Software Akuntansi Online Harmony siap mendukung aktivitas pembukuan yang lebih modern, rapi, dan otomatis.

Anda tertarik mencoba Software Akuntansi Online dari Harmony? Silakan klik tautan ini untuk demo Gratis 30 hari.

Tidak perlu khawatir, fitur sederhana namun lengkap dapat membantu Anda mulai dari input transaksi penjualan dan pembelian, stok barang, rekonsiliasi bank otomatis sampai laporan keuangan real time. Nah, selanjutnya jangan lupa follow Instagram,  LinkedIn, dan  Facebook Harmony untuk info terupdate lainnya.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK