Harmony Blog

Ingin Menjadi Telemarketing Sukses? Ikuti Cara Ini

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Ingin Menjadi Telemarketing Sukses? Ikuti Cara IniPin

Ada banyak cara yang bisa ditempuh perusahaan untuk bisa memasarkan produknya dengan baik. Salah satunya adalah melalui telemarketing, yaitu memasarkan atau mensosialisasikan produk melalui telepon. Orang yang melakukan telemarketing ini biasa disebut dengan telemarketer. Meski sudah memasuki era digital, tapi tidak sedikit perusahaan yang masih menggunakan telemarketing sebagai salah sau strategi pemasaran.

Beberapa ahli pemasaran menyatakan bahwa penawaran yang dilakukan melalui telemarketing cenderung lebih mudah diterima karena calon konsumen diajak berkomunikasi secara personal. Meski terbilang cukup efektif, nyatanya tidak sedikit yang gagal dengan strategi ini. Penyebab kegagalan ini biasanya karena calon konsumen yang dihubungi bukan pembeli potensial terhadap produk ataupun staff telemarketingnya tidak memiliki kemampuan yang cukup.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang harus ditempuh agar telemarketing sukses dilakukan:

1. Pengetahuan Tentang Produk yang Ditawarkan

Agar sukses melakukan telemarketing, jelas telemarketer harus menguasai segala hal yang terkait produknya. Pengetahuan tentang produk (product knowledge) ini akan membuat konsumen lebih mudah diyakinkan.

2. Riset Tentang Calon Konsumen

Tidak semua orang suka dihubungi melalui telepon, apalagi jika konteksknya adalah penawaran barang atau jasa. Ketidaksukaan ini bisa terjadi karena calon konsumen sibuk, merasa terganggu, tidak menginginkan produk dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal ini, mungkin perusahaan bisa melakukan riset dulu. Riset ini bisa dilakukan melalui kuisioner via email atau saat pengunjung mengunjungi website perusahaan. Dengan riset yang memadai, maka telemarketing bisa dilakukan dengan tepat sasaran.

3. Attitude yang Baik

Inti dari telemarketing adalah komunikasi langsung antara telemarketer dan calon konsumen. Sebisa mungkin hindari menggunakan nada tinggi ataupun kata negatif. Pembicaraan melalui telepon seringkali membuat orang salah paham. Jadi pastikan telemarketer memiliki attitude yang baik , luwes dan ramah. Dengan begini, calon konsumen akan merasa lebih nyaman.

4. Komunikasi yang Efektif dan Efisien

Karena kita tidak pernah tahu apakah calon konsumen sedang sibuk atau tidak, maka pastikan mengemas semua pertanyaan yang diinginkan dalam komunikasi yang efektif dan efisien. Penggunaan 5W bisa dilakukan untuk mendapatkan informasi dari calon konsumen.

5. Beri Kesan Lebih Personal

Apakah kegiatan telemarketing selalu berkaitan dengan penawaran produk? Jawabannya memang iya. Tapi bukan berarti seorang telemarketer tidak boleh menghubungi calon konsumen hanya untuk memberikan ucapan yang lebih personal. Komunikasi yang lebih personal dengan ucapan selamat ulang tahun, hari raya ataupun bertanya kabar bisa dilakukan sesekali. Ini akan menciptakan kesan lebih bersahabat dan personal. Konsumen akan merasa diperhatikan oleh perusahaan.

Selain telemarketing, perusahaan juga harus fokus pada pengelolaan keuangan yang baik. Anda bisa memaksimalkan pengelolaan keuangan perusahaan dengan software akuntansi. Harmony merupakan salah satu software akuntansi dengan sistem canggih dan fitur yang lengkap. Salah satu keuntungan menggunakan Harmony adalah Anda bisa mencobanya secara Gratis 30 Hari di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK