HPP Perusahaan Jasa : Berikut Pengertian dan Cara Menghitungnya
Harmony Blog
Accounting
HPP Perusahaan Jasa : Berikut Pengertian dan Cara Menghitungnya
May 26, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Sebelum Anda mempelajari menentukan HPP perusahaan jasa, Anda harus memahami siklus akuntansi perusahaan jasa terlebih dahulu. Dengan begitu akan memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. Seperti yang Anda ketahui bahwa perusahaan jasa tidak memiliki persedian  barang atau stock barang dan dalam menyusun laporan keuangan tidak tercantum HPP atau harga pokok penjualan, sehingga istilah HPP perusahaan jasa dikenal dengan istilah Cost Of Revenue. Kali ini akan dibahas mengenai pengertian HPP perusahaan jasa dan cara menghitungnya? Simak terus artikelnya.

Jika Anda perusahaan jasa maka hitunglah cost of revenue atau hpp perusahaan jasa, maka Anda akan mengetahui berapa total laba perusahaan Anda.

Baca Juga Artikel : Tahapan Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP) Perusahaan Manufaktur

Pengertian Harga Pokok Penjualan

Istilah HPP atau harga pokok penjualan mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, pengertian HPP atau harga pokok penjualan atau cost of good sold (COGS) adalah keseluruhan biaya yang harus dikeluarkan oleh suatu perusahaan untuk memperoleh barang dan jasa yang dijual kepada konsumen. Penggunaan istilah HPP biasanya sering kita temui pada akuntansi perusahaan dagang sedangkan dalam akuntansi perusahaan jasa tidak akan menemui istilah HPP tetapi diganti dengan istilah Cost of Revenue (COR). Hal tersebut menjadikan perbedaaan akuntansi perusahaan dagang dan jasa. Dalam tahapan menghitung HPP pada perusahan dagang, perusahaan jasa memiliki perbedaan istilah akan tetapi kesamaan makna antara Hpp dan cost of revenue, adapun pengertian cost of revenue (COR) dalam perusahaan jasa adalah total biaya yang harus dikeluarkan agar produk jasa dapat dipakai oleh konsumen.

Cara Menghitung Cost Of Revenue (COR)

Penggunaan cost of revenue dalam perusahaan jasa sudah merupakan hal yang lumrah digunakan, pasalnya dalam perusahaan jasa tidak ada persedian barang atau stock barang dagangan. Adapun beberapa komponen yang dapat digolongkan termasuk cost of revenue atau hpp perusahaan jasa seperti biaya tenaga kerja langsung, biaya transportasi, biaya penginapan, biaya ticket pesawat, biaya marketing/pemasaran, biaya-biaya lain penunjang produk jasa dipakai oleh konsumen.

custom-form-newsletter

Berikut contoh perhitungan hpp perusahaan jasa atau cost of revenue, diantaranya:

Saat ini Anda sedang menjalankan bisnis jasa pengiriman paket ekspedisi express antar kota, dengan omset bisa mencapai Rp. 3.000.000 per hari dalam pelaksanaanya Anda memiliki 4 orang karyawan dengan bayaran langsung Rp. 80.000 per hari dengan jam kerja + 8 jam dalam sehari. Selain itu Anda memiliki 2 orang kurir untuk mengantarkan paket pada tujuan, biasanya biaya transport sehari bisa menghabiskan + Rp. 15.000 per hari untuk per 1 kurir. Dalam mempromosikan bisnis ekspedisi Anda Anda harus membayar harian 4 orang marketing dengan bayaran Rp. 125.000 per hari. Hitunglah Hpp perusahaan jasa bisnis ekspedisi Anda?

Omset Ekspedisi (8 jam kerja dalam 1 hari) = Rp. 3.000.000/8= Rp. 375.000/jam.

BTKL (Rp. 80.000 x 6 pegawai) = Rp. 480.000/8 = Rp. 60.000/jam

Transport (Rp. 15.000 x 2 pegawai) = Rp. 30.000/8 = Rp. 3.750/jam

Biaya Marketing (Rp. 125.000 x 4 pegawai) = Rp. 500.000/8 = Rp. 62.500/jam

Total HPP/COR = Rp. 60.000 + Rp. 3.750 + Rp. 62.500 = Rp. 126.250/jam.

Total Laba Kotor = Rp. 375.000 – Rp. 126.250 = Rp. 248.750/jam = Rp. 1.990.000/Hari

Seperti itulah penjelesan mengenai cara menghitung menetapkan HPP perusahaan jasa dan cara menghitungnya. Penerapan istilah cost of revenue dalam perusahaan jasa itu sangat membantu Anda untuk memperoleh berapa harga jual produk yang Anda miliki dan yang paling penting Anda akan mengetahui laba kotor setelah Anda memperoleh cost of revenue atau Hpp perusahaan jasa.

Dalam mempermudah menghitung laba kotor pastinya Anda memerlukan pembuatan laporan keuangan yang valid dan akurat, namun di era teknologi cloud saat ini Anda sudah bisa menikmati satu sistem pembukuan keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/