Ekspansi Bisnis? Ini 5 Tips Melakukannya dan Berbagai Jenis Ekspansi
Harmony Blog
Business
Ekspansi Bisnis? Ini 5 Tips Melakukannya dan Berbagai Jenis Ekspansi
February 17, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Ekspansi bisnis? Ini yang sering terpikirkan oleh pengusaha yang perusahaan atau bisnisnya sudah berjalan dengan cukup stabil.

Peran ekspansi bisnis sangatlah penting bagi pengembangan suatu perusahaan, khususnya dalam hal peningkatan daya saing demi meraih pasar yang lebih potensial.

Ekspansi bisnis adalah suatu aktivitas dalam memperbesar atau memperluas bisnis dengan menciptakan pasar baru, memperluas fasilitas, menambah sumber daya manusia dan lainnya

Sukses dalam berbisnis merupakan impian setiap para pengusaha lainnya, ketika Anda berhasil mengapai kesuksesan tersebut, tentu bisnis Anda akan semakin berkembang dan keuntungan yang Anda dapat juga akan semakin besar.

Selain itu, contoh ekspansi bisnis juga bisa dilakukan sebagai peningkatan aktivitas ekonomi dalam bisnis Anda, yang nantinya akan berpengaruh pada peningkatan kekuatan bisnis, peningkatan keuntungan, serta munculnya pelanggan baru.

Dengan mendapatkan berbagai keuntungan, ekspansi bisnis adalah menjadi tujuan yang diharapkan oleh setiap pelaku bisnis, baik itu perusahaan besar maupun kecil. Namun untuk mencapai titik tersebut bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan.

Ada beberapa upaya dan perjuangan yang harus Anda lakukan agar proses perluasan tersebut tidak berhenti di tengah jalan. Seperti contoh Anda perlu melihat apakah bisnis atau perusahaan sudah mencapai titik impas (BEP) selama ini? Jika sudah dan dirasa stabil, bahkan ada peningkatan maka Anda perlu memiliki strategi yang tepat untuk melakukan ekspansi.

Jenis-Jenis Ekspansi Dalam Bisnis

Sebelum mengetahui strategi ekspansi bisnis, terlebih dahulu Anda harus mengetahui apa saja jenis ekspansi yang terdapat dalam bisnis, berikut di bawah ini beberapa jenis ekspansi yang perlu Anda tahu yaitu:

• Ekspansi Bisnis Dengan Merger

Jenis ekspansi bisnis merger merupakan suatu kegiatan yang menggabungkan dua atau lebih perusahaan menjadi sebuah satu perusahaan. Ini merupakan salah satu upaya di dalam ekspansi bisnis, yang mana perusahaan yang dominan akan tetap mempertahankan identitasnya, sedangkan untuk perusahaan yang lemah itu akan semakin menghilang identitasnya.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Minimarket dengan Modal Terjangkau

• Akuisisi

Akuisisi merupakan pembelian suatu perusahaan oleh perusahaan lain dengan tujuan tertentu seperti upaya pengembangan bisnis di sektor baru. Akuisisi menjadi salah satu strategi bisnis yang seringkali digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk meningkatkan serta mempertahankan reputasi mereka. 

• Hostile Takeover

Jenis ekspansi bisnis ini juga disebut sebagai pengambilalihan secara paksa terhadap suatu tindakan akuisisi oleh perusahaan tertentu. Hal ini dilakukan dengan membuka penawaran harga saham yang ingin dimiliki di pasar modal dengan harga yang melebihi harga pasar.

• Leveraged Buyout

Jenis ekspansi bisnis yang terakhir adalah leveraged buyout. Jenis ini merupakan pembelian suatu perusahaan tertentu dengan metode pinjaman utang.

5 Tips Melakukan Ekspansi Bisnis

Jika perusahaan Anda ingin sukses dalam melakukan ekspansi bisnis. Berikut 5 tips yang Anda harus lakukan dalam melakukan ekspansi bisnis yaitu:

1. Siapkan Perencanaan yang Matang



Sebuah bisnis dapat dikatakan sudah siap untuk berkembang jika sudah memiliki perencanaan yang baik, dan hal ini pun mendukung adanya proses ekspansi.

Melakukan perencanaan yang matang juga dapat mempermudah Anda dalam mengarahkan ke mana bisnis Anda akan di bawa nantinya. Namun untuk melakukan perencanaan ini ada banyak hal yang harus Anda perhatikan.

Hal utama yang harus Anda perhatikan adalah harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi bisnis Anda saat ini. Sebab bisnis yang ingin melakukan ekspansi bisnis adalah bisnis yang memiliki penjualan yang lancar, konsumen yang signifikan dan juga memiliki pasar yang luas.

Maka dari itu perkuatlah bisnis utama terlebih dahulu, agar dapat menjadi tumpuan untuk rencana berikutnya. Setelah itu Anda bisa belajar hal-hal baru yang bermanfaat untuk mengomptimalkan bisnis Anda nantinya.

2. Lakukan Promosi Aktif Ketika Ekspansi

Dengan adanya ekspansi bisnis ini bisa saja produk yang dikeluarkan bisa sama baiknya atau mungkin semakin lebih baik dibandingkan dengan produk di bisnis sebelumnya.

Namun hal tersebut tidak akan ada yang mengetahuinya jika Anda tidak menunjukkannya kepada konsumen. Sebab Anda harus dapat menjelaskan mengapa produk tersebut menjadi yang terbaik, serta ajaklah konsumen untuk menggunakannya.

Hal tersebut bisa diwujudkan dengan melakukan promosi. Melakukan promosi dapat dipercaya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk atau perusahaan Anda secara keseluruhan.

Tidak masalah apabila Anda melakukan promosi sebelum bisnis Anda benar-benar berbentuk secara fisik. Yang perlu Anda perhatikan dalam strategi bisnis ini adalah melakukan promosi secara aktif dan terus menerus agar konsumen dapat mengenal produk apa saja yang Anda pasarkan.

3. Menambah Inovasi Produk dan Layanan

Mungkin bisnis Anda sudah mempunyai produk dan layanan andalan yang sudah memiliki konsumen dengan jumlah yang signifikan atau sudah banyak peminatnya. Namun tidak ada salahnya untuk Anda menambahkan produk dan layanan baru yang berbeda dari sebelumnya. Tentu hal ini merupakan salah satu cara yang dapat Anda ditempuh untuk ekspansi bisnis.

Namun dalam melakukan strategi bisnis ini tidaklah mudah. Anda harus melakukan analisis dari riset pasar secara menyeluruh untuk mengetahui setiap produk dan layanan apa yang sedang diminati oleh konsumen.

Apabila strategi Anda merupakan hal yang baru dalam pemasaran, maka yang harus Anda lakukan adalah membuat perhitungan dan memikirkan strategi untuk mnegetahui apakah bisnis Anda mampu untuk memasarkannya dan berapa keuntungan yang di dapat ketika melakukan strategi bisnis ini. Selain itu tetapkan harga penjualan yang tepat untuk bisnis Anda, agar mengetahui besarnya biaya yang dikeluarkan dalam produksi barang ataupun jasa yang ingin Anda lakukan.

4. Terapkan Sistem Penjualan Yang Baru



Pada era digital yang semakin canggih ini, sudah beragam cara pebisnis dalam melakukan penjualannya. Selain mengandalkan toko fisik, pebisnis juga sudah merubah metode penjualannya dengan berbelanja melalui toko-toko online. Tentu melakukan kegiatan membeli secara online merupakan hal yang sangat sederhana untuk dilakukan oleh konsumen.

Hanya dengan bermodalkan paket internet, konsumen dapat melihat produk dari satu toko ke toko lainnya untuk mendapatkan produk dan layanan yang diinginkan. Selain itu, harga yang ditawarkan dalam toko online juga bervariasi dan bahkan lebih murah. Maka sudah tidak heran jika konsumen lebih memilih berbelanja secara online.

custom-form-newsletter

Maka dari itu, untuk memperluas bisnis Anda dan agar semakin tidak tertinggal, maka terapkan sistem penjualan baru untuk produk dan layanan Anda. Anda bisa memanfaatkan media sosial atau membuka toko online di berbagai market place yang tersedia.

Selain membuka toko online, penggunaan pembukuan online juga dapat membantu Anda dalam menjalankan ekspansi bisnis Anda. Memiliki pembukuan yang rapi dan tepat tentu sudah menjadi keinginan bagi setiap pebisnis.

Sekarang dengan bantuan akuntan serta teknologi yang telah berkembang pesat, bahkan dapat melakukan pembukuan yang rapi bisa Anda manfaatkan dengan layanan profesional seperti jasa pembukuan. Dapat membantu Anda mendapatkan laporan keuangan secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

5. Melakukan Kerja Sama Ekspansi Bisnis



Strategi bisnis lain yang bisa Anda gunakan untuk memperluas bisnis adalah dengan melakukan kerja sama dengan berbagai mitra, atau bahkan pesaing Anda. Tentu melakukan kerjasama ini haruslah saling menguntungkan.

Namun dalam melakukan kerja sama ini, etika dalam berbisnis juga sangat penting Anda lakukan, agar dapat membangun hubungan yang adil, sehat dan baik di antara sesama rekan kerja. Gabungkan setiap ide untuk memperluas pasar dengan produk terbaru baik untuk pasar yang sama, pasar yang berbeda atau ahkan pasar yang lebih luas.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, contoh ekspansi bisnis akan membuat perubahan dan pertumbuhan pada bisnis Anda. Pertumbuhan berarti bahwa pangsa pasar akan berkembang, adanya strategi baru untuk berurusan dengan pesaing yang lebih besar.

Pertumbuhan juga berarti bahwa modal tambahan akan diperlukan, menciptakan tanggung jawab baru kepada pemegang saham, investor, dan pemberi pinjaman institusional. 

Dengan keadaan ini, pembukuan pada perusahaan Anda akan lebih rumit karena akan ada lebih banyak transaksi dan perusahaan Anda akan dituntut membuat laporan keuangan sesuai standar yang ada, karena hal ini berhubungan dengan para pemangku kepentingan dan investor.

Untuk membantu pembukuan Anda agar terlihat rapi dan tepat, Anda dapat menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang dapat membantu pembukuan Anda adalah Harmony.

Harmony merupakan sistem atau software akuntansi berbasis online yang bisa membantu Anda membereskan pembukuan lebih cepat dan rapi. Harmony juga mudah melakukan pemantauan stok, pembuatan invoice otomatis, rekonsiliasi bank transaksi secara otomatis, penghitungan aset, dan keuangan usaha yang mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Agar lebih optimal cobalah gunakan Harmony software secara gratis selama 30 hari di sini.

Kunjungi halaman sosial media Harmony agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/